4 Tempat Wisata Alam di Jogja Terfavorit

By | April 2016
4 Tempat Wisata Alam di Jogja Terfavorit - Gunung Nglanggeran

Semakin banyak tempat wisata alam di Jogja memberi banyak pilihan bagi kita untuk meghabiskan liburan di Jogja. Kekayaan alam Daerah Istimewa Yogyakarta memang luar biasa.

Hampir setiap Kabupatan di daerah ini memiliki lebih dari satu destinasi wisata alam populer. Efek positifnya sudah jelas, wisatawan lokal maupun asing berlomba-lomba berkunjung ke Jogja, menikmati alam yang asri ditengah adat budaya Jawa yang masih kental.

Jika kita mencintai alam, maka nuansa damai seketika akan tercipta saat alam ‘menyatu’ dengan kita. Dan jika kita benar-benar peduli dan cinta dengan alam, maka ada beberapa tempat wisata alam di Jogja yang wajib kita kunjungi. Disana kita bisa merasakan nikmatnya ketika alam menyentuh dan membuat kita mengucap syukur atas mahakarya-Nya yang mengagumkan.

  1. Gunung Nglanggeran

Berada di atas ketinggian 200-700 Mdpl, Gunung Nglanggeran yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul merupakan tempat wisata alam paling eksotis di kawasan Gunungkidul.

Dikenal dengan sebutan gunung api purba, Gunung ini memiliki keunikan berupa beberapa gugusan gunung batu dan Kaldera yang berada diantara puncak Barat dan puncak Timur.

Menunggu momen sunrise merupakan target utama wisatawan yang melakukan pendakian ke puncak Gunung Nglanggeran. Momen yang begitu indah dimana tidak semua orang bisa menyaksikan keindahan alam dari ketinggian.

Bagi yang benar-benar ingin menyatu dengan alam camping di puncak Nglanggeran tentu hal yang menyenangkan. Senja di ufuk Barat akan menciptakan sunset maha-indah yang sayang dilewatkan.

  1. Goa Jomblang

Goa Jomblang mungkin salah satu tempat wisata alam di Gunungkidul yang paling ekstrim sehingga menjadi destinasi wisata favorit bagi mereka yang hobi memacu adrenalin.

Goa ini memiliki kedalaman berbeda, mulai dari 40-80 meter, yang terbentuk dari amblasnya tanah ribuan tahun lalu. Butuh teknik Tali Tunggal atau Single Rope Technique untuk melakukan caving hingga mencapai dasar goa.

Begitu sampai di dasar Goa Jomblang nampak pemandangan yang begitu indah. Hutan hijau nan luas nampak membentang didepan mata. Terdapat lorong yang menghubungkan Goa Jomblang ke Luweng Grumbung, tempat dimana terdapat air terjun yang dihiasi cahaya indah dari celah di dinding goa.

4 Tempat Wisata Alam di Jogja Terfavorit - Air Terjun Sri Gethuk

Img : www.yogya-backpacker.com

  1. Air Terjun Sri Gethuk

Kembali Gunungkidul unjuk gigi dengan pesona alamnya yang indah. Kali ini giliran Air Terjun Sri Gethuk yang siap memanjakan pengunjung dengan sejuknya guyuran air terjun yang jernih ditengah suasana alam yang asri.

Jika air terjun ditempat lain mengalami kekeringan di musim kemarau, Air Terjun Sri Gethuk tetap mengalir sepanjang waktu sehingga baik musim hujan atau musim kemarau debit air tetap stabil.

Travelling ke Air Terjun Sri Gethuk lebih tepat dilakukan pagi hari menggunakan rakit melintasi Sungai Oya. Nampak semak liar dan tanaman perdu tumbuh liar sepanjang tepian sungai, dinaungi tebing-tebing tinggi yang kokoh diantara perbukitan karst.

4 Tempat Wisata Alam di Jogja Terfavorit - Pantai Nglambor

Img : www.wisata.gunungkidulkab.go.id

  1. Pantai Nglambor

Punya hobi snorkeling? Tidak perlu jauh-jauh travelling ke pantai di Bali atau Lombok. Di Pantai Nglambor Gunungkidul Yogyakarta wisatawan bisa sepuasnya berenang atau snorkeling.

Selain menawarkan panorama pantai yang indah, tempat wisata alam di Jogja ini juga aman untuk olahraga air karena ombaknya tidak begitu besar.

Dari ketinggian bentuk Pantai Nglambor terlihat menyerupai teluk. Pesona pantai ini semakin sempurna karena diapit dua bukit dan terletak diantara dua pantai lainnya yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan.

Sayangnya akses jalan ke lokasi kurang begitu bagus sehingga pengunjung harus memarkir mobil 1 kilometer sebelum sampai di bibir pantai.

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *