4 Tempat Wisata di Jogja Terpopuler

By | February 2016
Jalan Malioboro Jogjakarta wikipedia

Jogja Istimewa. Nampaknya kalimat ini bukan sekedar slogan atau simbol tanpa makna, namun kota Yogyakarta memang istimewa dalam banyak hal. Bukan hanya populer sebagai kota pelajar namun ratusan tempat wisata di Jogja juga sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Perpaduan tempat-tempat yang indah dengan kepribadian masyarakat lokal yang terkenal ramah menjadikan Jogja menjadi kota istimewa. Bahkan sangat istimewa.

Bicara kota pariwisata di Indonesia, bisa dibilang Yogyakarta adalah pusatnya destinasi wisata. Bukan hanya wisata alam dan budaya, namun tempat wisata atau tempat rekreasi yang melibatkan teknologi canggih juga tersedia lengkap di kota ini. Maka bukan hal yang berlebihan jika Jogja selalu melekat dihati. Selalu terkenang bagi siapa saja yang pernah singgah di kota yang bergelar Daerah Istimewa ini.

Tempat Wisata Populer di Yogyakarta

Mungkin tidak ada yang bisa mengklasifikasikan mana tempat wisata di Jogja yang paling populer dan yang tidak populer, karena semua destinasi wisata di Jogja sangat familiar di mata wisatawan. Sebut saja Jalan Malioboro, Candi Prambanan, Keraton Ngayogyakarta, Monjali, dan lain-lainnya, adalah sedikit dari sekian banyak lokasi wisata di Yogyakarta yang tak pernah sepi dari pengunjung.

Jalan Malioboro tempat wisata di Jogja

  • Jalan Malioboro

Malioboro street, begitu sebutan lain dari Jalan Malioboro Yogyakarta. Bisa dibilang jalan ini icon wisata di Jogja mengingat hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Jogja tidak pernah melewatkan jalan yang selalu ramai oleh pengunjung ini.

Konon Jalan Malioboro ikut andil dalam sejarah perkembangan kota Yogyakarta, dimana jalan ini membentang di garis imajiner antara Keraton Yogyakarta, Pantai Parangtritis, dan Puncak Gunung Merapi. Oleh sebab itu banyak yang bilang Jalan Malioboro adalah detak jantungnya kota Yogyakarta. Semua fasilitas ada di sepanjang jalan ini, mulai dari mall, wisata kuliner, dan penginapan dari yang termurah hingga hotel berbintang.

  • Candi Prambanan

Tempat wisata di Jogja yang tak kalah menarik yaitu Candi Prambanan. Berkunjung ke tempat ini kita tidak hanya bisa menikmati keunikan bangunan bersejarah namun sekaligus juga berwisata religi. Benar, Candi Prambanan sering menjadi tempat ibadah terutama bagi wisatawan yang beragama Hindu.

Setiap sebulan sekali saat bulan purnama di situs bersejarah ini digelar pertunjukan sendratari Ramayana. Pertunjukan tari-tarian yang digelar malam hari ini sangat memukau dengan background bangunan candi yang eksotis. Keunikan ini biasanya menjadi perhatian khusus bagi wisatawan asing yang ingin mengenal budaya lokal lebih dalam.

  • Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta Hadiningrat atau Keraton Jogja, nama ini tak asing lagi di telinga wisatawan apalagi masyarakat Jogja sendiri. Tempat ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Jogja begitu istimewa.

Keraton Yogyakarta merupakan tempat atau keraton peninggalan kerajaan Mataram. Sekedar mengingatkan Yogyakarta adalah Daerah Istimewa dibawah pemerintahan seorang sultan. Keraton Yogyakarta sendiri menjadi tempat tinggal sultan dalam menjalankan roda pemerintahan.

 tempat wisata di Jogja Monumen Jogja Kembali

  • Monjali

Monjali atau sebutan dari Monumen Jogja Kembali adalah bangunan unik saksi perjuangan di masa penjajahan. Ada lebih dari 1000 koleksi diaroma yang menggambarkan sejarah serangan umum 1 Maret 1949, membuat bangunan berbentuk kerucut ini terlihat sangat unik.

Ketika melewati jalan Ring Road Utara kita dapat melihat dengan jelas bangunan Monjali setinggi 32 meter. Di monumen yang berada di Desa Jongkang, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini terdapat 2 buah pesawat yang konon digunakan untuk pembebasan wilayah Yogyakarta dari pendudukan tentara asing.

Selain 4 tempat wisata di Jogja diatas, masih ada ratusan tempat wisata yang tak kalah menarik di Yogyakarta. Sebut saja wisata alam di Jogja seperti Pantai Parangtritis, Pantai, Indarayanti, Goa Pindul, dan obyek wisata alam lainnya yang menakjubkan.

 

 

(rif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *