4 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

By | May 2016
Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi - Benteng Vredeburg

Tak butuh waktu lama bagi Yogyakarta menarik perhatian publik dunia dengan potensi wisata yang ada. Pengembangan beberapa aspek seperti kesenian, sejarah, budaya dan sumber daya alam yang melimpah, menjadi trik jitu untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dengan memanfaatkan potensi wisata dari beberapa aspek tersebut. Jogja memang indah. Terdapat ratusan tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, dan ini seolah menjadi aktivitas wajib bagi mereka yang datang ke kota Gudeg sekaligus kota pelajar ini.

Ketika kita bicara tentang tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, ada alasan khusus mengapa harus ada kata “wajib” didalamnya. Alasannya sudah jelas, di tempat-tempat tersebut tentu terdapat hal-hal spesial yang tidak dimiliki tempat wisata di daerah lain. Seperti 4 tempat wisata yang akan kita bahas berikut ini.

  1. Benteng Vredeburg

Dari namanya bisa dipastikan ini adalah tempat wisata di Jogja yang erat kaitannya dengan sejarah. Destinasi wisata yang terletak di ujung Jalan Malioboro ini memuat lengkap sejarah perjuangan bangsa Indonesia zaman penjajahan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya patung diaroma dimana para pengunjung bebas berfoto disini.

Benteng Vredeburg sendiri dibangun pada abad ke -17 tepatnya tahun 1760-1765. Kala itu bangunannya masih sangat sederhana dengan tembok terbuat dari tanah dan pilar-pilar penyangga terbuat dari kayu. Sementara atapnya terbuat dari anyaman ilalang. Baru pada tahun 1767 Benteng Vredeburg dibangun secara permanen dengan melibatkan arsitek dari Belanda. Bagi pengunjung yang menyukai sejarah, benteng Vredeburg ini adalah tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi untuk menambah wawasan sejarah dan pengetahuan.

  1. Citra Grand Mutiara Waterpark

Citra Grand Mutiara Waterpark bertempat di Kawasan Elit perumahan Citra Grand Mutiara, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Tempat ini merupakan tempat wisata keluarga yang menawarkan sensasi petualangan air yang seru. Ya, dengan tema Treasure Adventure tempat ini menjadi favorit keluarga karena mengemas sajian petualangan dalam bentuk rekreasi yang menyenangkan.

Selain beragam wahana permainan air, Citra Grand Mutiara Park sekaligus berfungsi sebagai kawasan eduwisata. Jadi tak hanya waterpark atau area mini outbond namun disini juga dilengkapi fasilitas untuk kegiatan akademis. Misalnya pelajaran olahraga Qquatic untuk lembaga akademis di Yogyakarta secara menyeluruh.

  1. Green Village Gedangsari

Dari namanya bisa ditebak bahwa Green Village Gedangsari adalah tempat wisata yang mengeksploitasi pemandangan alam. Ya, salah satu tempat wisata alam di Gunungkidul ini memang menyajikan panorama alam hijau dari ketinggian. Bahkan tempat wisata yang baru dibuka tahun 2015 lalu ini disebut-sebut sangat mirip dengan perbukitan di Selandia Baru sehingga populer sebagai New Zealand-nya Indonesia.

Bagi pecinta fotografi Green village Gedangsari merupakan spot yang tepat untuk mengembangkan hobi atau berfoto selfie. Konon sunset di tempat ini begitu indah sehingga menjadi buruan para fotografer untuk koleksi pribadi atau untuk foto pre-wedding. Berada di dataran yang cukup tinggi dan diapit oleh 2 pegunungan, Green Village Gedangsari menawarkan kesejukan udara yang cocok untuk mereka yang sedang mencari inspirasi atau menenangkan diri.

  1. Desa Wisata Nglinggo

Jika pernah mengunjungi Desa Wisata Kalibiru dengan sensasi flying fox-nya yang memacu adrenalin, sempatkan juga berkunjung ke Desa Wisata Nglinggo Kulonprogo. Masih tetap menawarkan panorama alam natural, desa wisata yang berada di ketinggian 800 Mdpl ini siap memanjakan pengunjung dengan segarnya udara di perkebunan teh.

Masih di kawasan Desa Wisata Nglinggo kita juga bisa sekalian mengunjungi Curug Watu Jonggol, yaitu sebuah air terjun yang terkenal dengan medannya yang cukup ekstrim. Tak hanya itu, di desa wisata ini wisatawan juga dapat mencicipi Geblek, Nasi Rempah, Teh Sangit, Keripik Singkong, dan aneka sajian kuliner lainnya. Untuk akomodasi sudah tersedia lebih dari 20 homestay disekitar lokasi.

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *