4 Tempat Wisata di Jogja

By | April 2016
pantai Tempat Wisata di Jogja

Jika tempat wisata setiap daerah di Indonesia bisa dirangkum dalam satu kemasan, maka tempat wisata di Jogja memiliki kemasan paling lengkap. Ya, Yogyakarta memang kaya tempat wisata. Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata belanja, wisata religi hingga wisata bahari dengan pantai-pantainya yang elok. Semua tersaji indah berpadu dengan masyarakat lokal yang terkenal ramah tamah.

Begitu banyak tempat wisata di Jogja hingga tidak pernah ada waktu cukup untuk menikmatinya satu-persatu, kecuali kita memiliki waktu libur yang panjang.

Mau berlibur ke Jogja dalam waktu dekat? Berikut 4 tempat wisata yang kami rekomendasikan saat Anda berlibur ke Kota Gudeg Yogyakarta.

Pantai Parangtritis adalah icon Jogja setelah Malioboro dan Keraton Yogyakarta.

Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Sebagai icon wisata pantai di Jogja,

Pantai Parangtritis menawarkan keindahan laut yang mempesona. Di pantai yang didominasi wisatawan dari luar daerah dan luar negeri ini pengunjung bisa menikmati sunset yang eksotis. Sebuah momen mengagumkan yang cocok untuk mereka yang punya hobi fotografi.

Di Pantai Parangtritis tersedia fasilitas dan wahana lengkap. Pengunjung dapat menikmati ATV dengan harga sewa murah. Tersedia juga persewaan bendi untuk berkeliling menikmati keindahan pasir pantai yang membentang dari Barat ke Timur.

Jika berkunjung ke Jogja jangan lupa singgah di kawasan Kotagede. Kotagede adalah pusat kerajinan perak paling terkenal di Yogyakarta bahkan di Indonesia.

Konon kerajinan perak Kotagede terkenal karena model-modelnya yang unik, karena diukir dengan tingkat kesulitan cukup tinggi. Hal ini sangat beralasan sebab menurut cerita ukiran perak Kotagede adalah perpaduan ukiran budaya Jawa dan ukiran khas masyarakat Hindu.

Kerajinan perak Kotagede menawarkan berbagai jenis aksesoris dan perhiasan seperti gelang, kalung, cincin, anting-anting, dan lain-lain.  Tersedia juga berbagai jenis perabot rumah tangga seperti tea set, asbak, dan beberapa peralatan dapur.

Harga kerajinan perak yang ditawarkan di sejumlah kios dan ruko di Kotagede cukup bervariasi, mulai Rp. 75 ribu hingga Rp. 1 juta.

  • Pantai Baron

Bagai wisatawan yang kerap berlibur ke Jogja, mungkin sudah terlalu sering berkunjung ke Pantai Parangtritis. Untuk menikmati suasana pantai yang tak kalah eksotis kita bisa meluangkan waktu sejenak ke Pantai Baron.

Pantai indah ini terletak di kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Seperti layaknya pantai di deretan Pantai Selatan lainnya, Pantai Baron menawarkan pemandangan khas pantai yang alami dan aneka biota laut. Seperti ciri khas Pantai Selatan pada umumnya, beberapa bagian Pantai Baron juga terkenal dengan ombaknya yang besar. Jadi bagi pengunjung yang hobi olahraga air sebaiknya mencari titik-titik yang jauh dari ombak ganas sehingga lebih aman.

 

  • Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta terletak di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya didepan Gedung Bank Indonesia sekitar 200 meter ke arah Timur dari Jalan Malioboro.

Tempat wisata di Jogja ini diprioritaskan untuk anak-anak usia sekolah, pra-sekolah, dan generasi muda untuk memperluas pengetahuan dan wawasan tentang dunia sains dan pendidikan.

Di Taman Pintar Jogja terdapat puluhan wahana dan permainan yang dikemas dalam suasana yang menyenangkan. Disini ada 3 gedung utama yaitu gedung berbentuk kotak, oval, dan gedung memorabilia. Masing-masing gedung terdapat sejumlah wahana yang bisa dinikmati pengunjung terutama anak-anak.

 

(rif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *