4 Tempat Wisata Kuliner di Jogja

By | March 2016
Tempat Wisata Kuliner di Jogja Angkringan lik man

Jangan tanggung-tanggung ketika berlibur di Jogja. Mengunjungi Jalan Malioboro, Pantai Parangtritis, Keraton Jogja, Candi Prambanan dan seabreg tempat wisata lain di Jogja adalah wajib. Namun semua tidak lengkap jika belum menjajal beberapa tempat wisata kuliner di Jogja yang kental dengan budaya Jawa ini. Yogyakarta memang penuh warna. Apapun tersedia di kota ini, termasuk sajian kuliner yang akan terus terasa nikmat di lidah setiap pengunjung.

Sulit dibayangkan begitu sempurnanya liburan di kota Jogja jika kita menyempatkan diri mengunjungi tempat wisata, sekaligus menikmati kuliner ditengah keramahan Jogja di malam hari. Banyak sekali tempat wisata kuliner di Jogja yang siap memanjakan kita dengan makanan khas Jogja bercita rasa tinggi.

Gudeg Pawon

Gudeg, kuliner icon Yogyakarta ini tetap menjadi ‘target’ utama yang diburu pengunjung di Jogja. Makanan dari bahan dasar nangka muda ini mudah ditemui diseluruh pelosok Jogja. Satu diantaranya yang kini populer di mata pecinta kuliner adalah Gudeg Pawon.

Menurut cerita, Gudeg Pawon sudah ada sejak tahun 1958. Uniknya Gudeg  yang disajikan pada pelanggan diambil langsung dari Pawon (dapur). Oleh karena itu tempat ini kemudian populer dengan sebutan Gudeg Pawon. Jika kita melongok ke dapur kita dapat melihat tungku sederhana untuk memasak Gudeg. Karena diproses secara alami maka rasa Gudeg Pawon jelas lebih lezat dibanding tempat lain.

Lokasi: Jalan Janturan – Umbulharjo – Yogyakarta. Jam Buka: 22.00 Wib

Tempat Wisata Kuliner di Jogja Angkringan lik man

img : sunrisehoteljogja.com

Angkringan Lik Man

Angkringan adalah kata yang sudah terlalu familiar bagi mereka yang akrab dengan Jogja. Angkringan lebih identik sebagai tempat nongkrong, makan, ngopi dan menghabiskan waktu santai. Angkringan sendiri sudah membudaya sebagai kuliner rakyat  yang murah meriah. Sebagai tempat pilihan rakyat, wajar jika angkringan sangat mudah ditemukan di sudut-sudut kota Jogja, seperti Angkringan Lik Man.

Bisa dibilang Angkringan Lik Man adalah nenek moyangnya angkringan Jogja. Konon angkringan ini sudah ada sejak tahun 1969 silam sekaligus angkringan pertama di Jogja. Menu andalan yang disajikan diantaranya Sego Kucing, gorengan, dan sate telur puyuh.

Sajian yang membuat Angkringan Lik man sangat populer adalah Kopi Joss. Kopi Joss sebenarnya tak jauh beda dengan kopi kebanyakan hanya saja penyajiannya dicampur dengan bara dari arang.

Lokasi: Kawasan Stasiun Tugu – Yogyakarta. Jam Buka: 18.00 Wib

Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng bisa kita temukan dimanapun, makanan ini begitu populer disemua daerah di indonesia termasuk Yogyakarta. Namun ada satu tempat yang menyajikan nasi goreng istimewa, namanya Nasi Goreng Beringharjo. Sejak berdiri tahun 1960 silam, citarasa Nasi Goreng Beringharjo tidak mengalami perubahan sampai sekarang.

Sajian utama tempat kuliner ini adalah nasi goreng ayam. Selain itu ada beberapa sajian kuliner lain yang tak kalah lezat seperti Bakmi Goreng, Bihun Goreng, dan masih banyak lagi. Nasi goreng disini dimasak dalam jumlah banyak sehingga pelanggan tidak perlu terlalu lama mengantri.

Lokasi: Jalan Pabringan 1 – Yogyakarta. Jam Buka: 19.00 Wib

Tempat wisata kuliner Jogja The House of RamintenHouse of Raminten

Meskipun memiliki desain tempat yang modern dan berkelas, House of Raminten tetap masuk kategori tempat wisata kuliner di Jogja yang cukup populer. Didalamnya apapun makanan tradisional khas Jogja semua tersedia. Sebut saja Sate Lilit, Brongkos, Nasi Kucing, Tahu Bola, Cunduk, wedang Sereh, dan lain-lain.

Sentuhan aristektur rumah makan ini sangat mengagumkan dimana kita bisa menjumpai kereta kencana dibagian luar, sementara dibagian dalam terlihat ruangan ber-arsitektur Jawa lengkap dengan wangi dupa. Tak hanya itu, irama gending Jawa yang tak henti-hentinya mengalun menambah suasana kian romantis dibawah naungan lampu yang sedikit temaram.

Lokasi: Jalan FM Noto 7 – Kota Baru – Yogyakarta. Jam Buka: 24 Jam Penuh

 

(rif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *