Tempat Wisata Malam di Jogja : Semalam di Tugu Jogja

By | April 2016
Tempat Wisata Malam di Jogja - Semalam di Tugu Jogja

Setelah Titik Nol Kilometer Jogja, berikutnya tempat wisata malam di Jogja yang sarat unsur sejarah adalah Tugu Jogja. Meskipun hanya sebuah monumen tanpa banyak ornamen namun Tugu Jogja merupakan landmark Kota Yogyakarta sekaligus saksi sejarah kota Jogja pasca berdirinya Keraton Yogyakarta.

Monumen Tugu Jogja berdiri kokoh ditengah-tengah perempatan antara Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan AM. Sangaji, dan Jalan Pangeran Mangkubumi.

Usianya yang hampir mencapai 3 abad menjadi tanda bahwa monumen ini menyimpan rekaman sejarah kota Jogja. Desainnya boleh sederhana namun fakta sejarah tentang Jogja jelas tersirat dari keberadaan tugu ini.

Hunting Foto di Tugu Jogja

Melewatkan malam di Tugu Jogja merupakan aktivitas rutin yang dilakukan anak-anak muda Jogja dan sejumlah wisatawan.

Selain tidak dipungut biaya, banyak hal yang bisa dilakukan disini seperti hunting foto atau menikmati sajian kuliner malam di kawasan sekitar tugu.

Hunting foto atau foto selfie disini hanya bisa dilakukan malam hari karena mulai pagi hingga sore tempat ini dipadati arus lalu-lintas.

Wisatawan atau warga Yogyakarta yang ingin berkunjung ke Tugu Jogja biasanya mulai berdatangan sekitar jam 21.00 atau saat arus lalulintas mulai sepi.

Jangan heran jika tengah malam tempat ini semakin ramai. Banyak remaja dan mahasiswa berfoto bersama dengan latar belakang Tugu Jogja. Sorot lampu diberbagai sudut merupakan angle yang eksotis untuk mendapatkan foto dengan hasil terbaik.

Kuliner di Tugu Jogja

Menghabiskan waktu di Tugu Jogja malam hari kurang lengkap jika tidak mencicipi menu kuliner di kawasan ini. Ada beberapa spot kuliner malam disekitar Tugu Jogja yang terlalu sayang jika dilewatkan. Pasar Kranggan misalnya, pasar ini terkenal sebagai sentra jajanan khas Yogyakarta.

Di pasar yang terletak di sisi Barat Tugu Jogja ini banyak kita jumpai puluhan kios yang menjual aneka jajanan tradisional. Jajanan khas Jogja yang rasanya tidak kalah enak dengan kuliner modern.

Semalam di Tugu Jogja kita tidak perlu khawatir kelaparan. Di sisi Timur Tugu Jogja terdapat stand yang menjual kuliner mie.

Bagi pecinta masakan mie ayam bisa mencoba mencicipinya di depot sederhana ini. Namun yang lebih suka menyantap menu resto tinggal mampir di rumah makan Madam Tan. Disini tersedia menu makanan ala restoran yang cukup banyak pilihannya. Letaknya juga di sisi Timur Tugu Jogja.

Tak jauh dari kawasan tugu terdapat sejumlah angkringan. Disini pengunjung dapat menikmati sajian murah meriah khas angkringan seperti sego kucing, oseng tempe, sate telur puyuh, dan aneka gorengan.

Bagi yang suka makanan olahan dari mie, bisa menikmatinya di Bakmie Jawa Jalan Pangeran Mangkubumi. Jangan lupa mampir juga di warung es krim Tip Top untuk menikmati kelezatan es krim legendaris di Jogja ini.

Akses ke Lokasi Tugu Jogja 

Kawasan Tugu Jogja dapat diakses dengan mudah dari semua arah. Letaknya sangat strategis yaitu diperempatan antara Jalan AM. Sangaji (Utara), Jalan Pangeran Diponegoro (Barat), Jalan Jenderal Sudirman (Timur), dan Jalan Pangeran Mangkubumi (Selatan).

Karena terletak di ruang publik maka tempat wisata malam di Jogja ini tidak dipungut biaya retribusi atau biaya apapun.

Fasilitas Tugu Jogja

Fasilitas umum di Tugu Jogja cukup lengkap untuk mendukung aktivitas wisata malam di kawasan ini. Selain beberapa tempat kuliner, terdapat pertokoan tak jauh dari lokasi.

Di kawasan ini juga ada pos polisi dan deretan becak yang menunggu penumpang di jalur parkir kendaraan. Di jalan Pangeran Mangkubumi terdapat bangku taman untuk duduk-duduk sambil memandang area seputar Tugu Jogja.

 

(rif)

Incoming search terms:

2 thoughts on “Tempat Wisata Malam di Jogja : Semalam di Tugu Jogja

  1. Pingback: Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi : Sensasi Kesegaran Udara Khas Kebun Teh di Desa Wisata Nglinggo - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  2. Pingback: Berburu Kuliner di Resto Banyu Mili Country Club Jogja - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *