7 Tempat Wisata Kuliner Menarik Di Jogjakarta 

By | September 2015
Wisata kuliner Bukit Bintang Jogjakarta

Berkunjung ke Jogjakarta dan puas bermain ke berbagai tempat menarik yang ada di sana, namun belum sempat menikmati makanan enak yang khas dari Jogjakarta maka belum bisa dibilang lengkap rasanya.

Sama seperti kota besar lainnya di Indonesia, kota ini juga memiliki banyak sekali makanan khas Jogjakarta yang enak dan harus kita cicipi. Dari mulai makanan yang dijual murah hingga makanan yang dijual dengan harga mahal di restoran terkenal.

Jadi jangan pulang dulu ke rumah sebelum melakukan wisata kuliner makanan khas Jogjakarta selama Anda berada di Jogjakarta. Dan inilah beberapa tempat wisata kuliner menarik yang ada di Jogjakarta:

Food street, Jalan Kaliurang/Jalan Palagan Tentara Pelajar

Ada banyak makanan enak yang ada di sepanjang jalan ini, buka sepanjang hari dan akan semakin ramai bila menjelang malam.

Untuk food street yang terletak di Jalan Kaliurang, biasanya ramai dikunjungi oleh mahasiswa dengan berbagai pilihan makanan lezat, seperti Iga Bakar Jakal, Serba Sambal (SS) dan masih banyak lagi.

Sedangkan food street yang ada di Jalan Palagan Tentara Pelajar, berderet resto yang cukup elit yang ditujukkan untuk keluarga dengan harga yang cukup mahal, Anda bisa menemukan Pelem Golek yang terletak di pinggir sungai.

Jadi jika ingin makan murah meriah bersama teman-teman, Anda bisa pergi ke food street Kaliurang sedangkan untuk makan bersama keluarga, datanglah ke food street di Jalan Palagan Tentara Pelajar.

Wisata kuliner Bukit Bintang Jogjakarta

Pemandangan di malam hari dari ketinggian tempat Wisata kuliner Bukit Bintang Jogjakarta | img : wisatanature.com

Wisata Kuliner Bukit Bintang

Wisata kuliner makanan khas Jogjakarta yang Anda lakukan tidak hanya mempertimbangkan rasa makanannya saja, Anda pun harus mempertimbangkan suasana lingkungan resto atau tempat makan.

Anda yang ingin makan dengan suasana menarik dan cantik bisa pergi ke tempat ini. Makanan yang dijual memang tidaklah istimewa namun lokasinya sangat indah dan romantis, apalagi jika sudah malam. Anda bisa menikmati kerlap kerlip lampu kota Jogja dari ketinggian.

Lokasi yang dikenal sebagai tempat wisata kuliner Bukit Bintang Jogja terletak pada ketinggian sekitar 150 meter di sebelah timur kota Jogjakarta. Tepatnya berada di Jalan Raya Jogjakarta – Wonosari km 16, Bukit Pathuk Gunung Kidul.

 

Rumah Makan Sate Klatak Pak Pong

Anda yang suka makan sate kambing, sangat direkomendasikan untuk pergi ke rumah makan ini yang terletak tepat di Jalan Imogiri Timur, Km. 10. Anda bisa menemukan sate kambing biasa, tongseng, gulai, tengkleng dan sate klatak.

Harga seporsi sate klatak, yang terdiri dari 2 tusuk, Rp 13ribu. Sate klatak merupakan sate daging kambing yang dibakar setengah matang saja dan disajikan dengan kuah. Tusuk sate yang dipakai adalah jeruji sepeda, rasanya nagih. Namun jangan terlalu berlebihan ya, jika Anda memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

wisata kuliner di Restoran Bungong Jeumpa Jogjakarta

Restoran Bungong Jeumpa yang menyediakan masakan khas Aceh | img : bungongjeumpa.com

Restoran Bungong Jeumpa

Bila dimaknai Bungong Jeumpa artinya adalah bunga jumpa, yakni sejenis bunga cempaka yang asalnya dari bahasa Aceh. Anda yang ingin makan makanan khas Aceh yang kuat citarasa bumbu rempahnya, bisa pergi ke tempat ini. Di restoran ini tersedia mie aceh, kopi aceh serta nasi rendang sapi dengan sambal kuah kari dan beberapa makanan khas Aceh lainnya.

Restoran yang berdiri sejak tahun 2002 ini berlokasi di timur Borobudur Plaza dan mempunyai beberapa cabang di Demangan dan Senturan.

 

Beukenhof European Restaurant

Jika ingin makan makanan khas barat, pergilah ke tempat ini yang masih berada di satu kawasan dari kompleks Museum Ullen Sentalu, suasana restoran ini sangat nyaman dengan interior gaya Eropa klasik.

Suasananya yang tenang dengan udara yang sejuk karena berada didaerah ketinggian Kaliurang, membuat restoran ini cocok untuk bersantai.

 

Restoran Kedai Kebun

Anda bisa bersantai sejenak di restoran ini yang masih menyatu dengan galeri seni Kedai Kebun Forum, sangat unik dan menarik, tempatnya sangat nyaman dan rindang. Kedai Kebun Forum itu sendiri adalah ruang seni alternatif yang dikelola secara independen oleh beberapa seniman Jogjakarta

Masakan yang ditawarkan disini tidak dimasak dengan penyedap rasa MSG, namun menggunakan bumbu dengan komposisi yang tepat sehingga tetap menghasilkan masakan yang lezat.

 

Gado-gado/Lotek Bu Bagyo Calombo

Wisata kuliner makanan khas Jogjakarta yang cukup terkenal dan banyak diburu oleh pecinta makanan berbahan dasar sayuran dengan bumbu kacang adalah gado-gado atau loteknya Bu Bagyo Calombo.

Bila ingin kebagian, datang lebih awal, karena setiap hari, tempat ini selalu penuh pengunjung yang antri untuk membeli.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *