Alternatif Tempat Wisata Malam di Taman Budaya Yogyakarta

By | July 2016
Tempat Wisata Malam di Jogja - pementasan Seni di Taman Budaya Yogyakarta

Bisa jadi Taman Budaya Yogyakarta masuk dalam daftar tempat wisata malam di Jogja karena fasilitas publik yang satu ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Bagi pengunjung yang cenderung suka dengan wisata budaya, tempat ini sepertinya pilihan yang tepat karena terdapat tempat pameran kesenian seperti seni lukis, patung, kriya, dan berbagai macam kerajinan dalam 2 buah gedung berbeda konsep.

Tak hanya terdapat ruangan untuk pameran seni rupa namun di Taman Budaya Yogyakarta ini disediakan fasilitas khusus untuk pelatihan seni, pembacaan puisi, hingga ruang diskusi sastra. Bahkan disalah satu gedung terdapat ruangan khusus untuk pertunjukan musik maupun kesenian tradisional.

Tempat Wisata Malam di Jogja - Menelusuri Jejak Seni Budaya di Taman Budaya Yogyakarta

Sejarah Taman Budaya Yogyakarta

Berada di Jalan Sriwedari Yogyakarta, Taman Budaya Yogyakarta ini masih berada satu kawasan dengan beberapa tempat wisata populer di Jogja lainnya seperti Taman Pintar disisi Selatan, Museum Benteng Vredeburg disebelah Barat dan Pasar Beringharjo disisi Selatan. Di tempat ini kebudayaan Yogyakarta dan sekitarnya dipelihara dan dikembangkan agar kelestariannya tetap terjaga ditengah serbuan budaya manca.

Taman Budaya Yogyakarta awalnya berada di kompleks Universitas Gadjah Mada, tepatnya dibangun pada tahun 1977 yang berfungsi sebagai Pusat Pengembangan Kebudayaan DI Yogyakarta. Sebelumnya populer dengan Taman Budaya Yogyakarta, tempat wisata malam di Jogja ini bernama Purna Budaya.

Kala itu Purna Budaya dibangun dengan 2 konsep bangunan berbeda. Yang pertama Pundi Wurya yaitu bangunan sebagai pusat kesenian yang dilengkapi panggung kesenian, perpustakaan, ruang admistrasi, studio tari, dan ruang diskusi. Konsep kedua yaitu Lengembara dimana didalamnya terdapat ruang pameran, ruang workshop, penginapan serta kantin.

Seiring perjalanannya Purna Budaya mengalami beberapa peristiwa penting. Salah satu diantaranya yaitu pada tahun 1978 Purna Budaya dikembangkannya menjadi unit pelaksana teknis bidang kebudayaan dibawah naungan Dirjen Kebudayaan. Tahun 1991 dilakukan pembaruan organisasi dan tata kerja Purna Budaya.

Selanjutnya tahun 1998 Purna Budaya berubah menjadi sarana kegiatan kemahasiswaan UGM. Pada akhirnya atas kesepakatan antara Sri Sultan Hamengku Buwono X, Dirjen Kebudayaan DIY, DPRD Provinsi DIY, Walikota Yogyakarta dan Bappeda Provinsi DIY dibangunlah gedung pengganti Purna Budaya yang diberi nama Taman Budaya Yogyakarta.

Fasilitas di Taman Budaya Yogyakarta

Tak jauh beda dengan gedung Purna Budaya yang menggunakan 2 konsep bangunan gedung berbeda, Taman Budaya Yogyakarta ini juga terdiri dari 2 buah gedung. Gedung-gedung ini memiliki peran dan fungsi.

Gedung yang pertama bernama Concert Hall Taman Budaya. Gedung ini memiliki ruangan utama yang berfungsi sebagai ruangan resmi untuk penyelenggaraan pameran seni rupa seperti seni lukis, seni patung, seni kriya, dan aneka kerajinan. Gedung ini juga berfungsi sebagai ruang pelatihan seni, diskusi sastra, dan ruang baca puisi.

Gedung yang kedua bernama Societet Militair. Gedung ini khusus untuk menggelar pertunjukan live musik, teater, dan berbagai kesenian tradisional seperti pertunjukan Tari, Wayang, dan Kethoprak. Gedung ini berkapasitas 500 orang penonton serta fasilitas pendukung semacam alat tata cahaya serta ruangan outdoor sebagai ruang publikasi.

Taman Budaya Yogyakarta memiliki jadwal aktivitas sangat padat namun sudah diatur sedemikian rupa sehingga seluruh acara terjadwal dengan baik. Untuk jadwalnya sendiri bisa kita lihat di papan pengumuman. Agenda tahunan yang diselenggarakan disini adalah Festival Kesenian Yogyakarta. Festival ini termasuk event yang paling ditunggu pengunjung.

Tempat Wisata Malam di Jogja - pementasan Seni di Taman Budaya Yogyakarta

Img : visitingjogja.com

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk di Taman Budaya Yogyakarta tidak dipungut biaya apapun kecuali bertepatan diselenggarakannya pementasan seni. Meski begitu tak jarang pihak penyelenggara menggratiskan tiket masuk menonton pertunjukan seni. Tempat wisata malam di Jogja ini buka setiap hari (Senin sampai Minggu) jam 09.00 – 21.00 Wib.

Lokasi Taman Budaya Yogyakarta

Jalan Sriwedari No. 1 Yogyakarta, DI Yogyakarta

Peta Lokasi Taman Budaya Yogyakarta

(rif)

Incoming search terms:

One thought on “Alternatif Tempat Wisata Malam di Taman Budaya Yogyakarta

  1. Pingback: 4 Tempat Wisata Malam di Jogja Terfavorit - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *