Candi Prambanan, Tempat Wisata di Jogja Sarat Budaya

By | February 2016
Tempat wisata di Jogja Candi prambanan

Sekedar mengingatkan, candi Prambanan merupakan tempat wisata di Jogja yang diakui dunia sebagai salah satu situs warisan dunia. Beda dengan keberadaan Candi Borobudur yang termasuk candi Buddha, Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu. Meskipun begitu posisi keduanya yang sama-sama berada di Jawa bagian Tengah, membuktikan bahwa dulu umat Buddha dan Hindu hidup berdampingan dengan damai di tanah Jawa.

Selain sebagai tempat wisata, kompleks Candi Prambanan juga sering digunakan untuk tempat ibadah umat Hindu. Sama seperti Candi Borobudur, candi ini memiliki seni arsitektur luar biasa indah. Hal ini membuktikan bahwa peradaban manusia zaman dulu mampu membangun candi dengan desain menawan dan kokoh tanpa melibatkan teknologi modern.

Tempat wisata di Jogja Candi prambanan

Kompleks 1000 Candi

Kompleks Candi Prambanan juga populer disebut kompleks seribu candi. Sebutan ini konon berkaitan dengan legenda rakyat Roro Jonggrang yang melekat di masyarakat Jawa. Namun sebenarnya di kompleks Candi Prambanan ini hanya terdapat 240 candi. Dari arah 4 arah mata angin terdapat masing-masing 1 pintu masuk, dimana gerbang utama candi berada di bagian Timur.

Masih berada di area kompleks Candi Prambanan terdapat bangunan museum berbentuk seperti rumah Joglo khas Jogja. Di museum ini tersimpan koleksi benda-benda purbakala yang dulu pernah ditemukan lingkungan candi seperti batuan dan arca.

Berkeliling sambil Hunting Foto dan Berburu Souvenir

Wisatawan yang punya hobi fotografi, berkeliling di Candi Prambanan sambil hunting foto adalah aktivitas paling menyenangkan. Berbagai sudut candi yang cantik merupakan background paling tepat untuk mengambil foto dokumentasi. Misalnya kita bisa berfoto dengan latar belakang lampu-lampu yang mengarah ke Candi Trimurti, yaitu candi ketiga dewa yang nampak berdiri kokoh dengan sorot cahaya keemasan.

Candi Prambanan termasuk salah satu tempat wisata di Jogja dengan area terluas, yaitu sekitar 39,8 hektar. Jika kita berjalan berkeliling nampak tumbuhan yang terhampar luas layaknya sebuah taman. Ukiran-ukiran disetiap candi tentu menambah kekaguman kita akan mahakarya yang sekilas nampak mustahil dibuat oleh manusia, sebelum zaman berubah modern seperti sekarang ini.

Di kompleks Candi Prambanan kini banyak berdiri kios-kios yang menjual berbagai macam souvenir dengan tema Candi Prambanan. Disini kita bisa membeli miniatur candi, kalung, gelang, dan kaos. Disini juga tersedia kaos dan miniatur Candi Borobudur.

Menikmati Pertunjukan Sendratari Ramayana

Tempat wisata di Jogja memang selalu menyajikan sesuatu yang unik dan kental dengan unsur-unsur budaya, tak terkecuali Candi Prambanan ini. Selain berkeliling kompeks menikmati keindahan candi dan alam sekitarnya, kita juga bisa menikmati keindahan Candi Prambanan dengan cara berbeda.

Setiap malam bulan purnama di kompleks Candi Prambanan kita bisa menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana. Pagelaran ini dimulai jam 8 hingga jam 10 malam disebuah panggung terbuka Trimurti, dengan latar 3 buah candi dewa dibawah sorot lampu yang dramatis. Pertunjukan Sendratari Ramayana di pangggung terbuka ini hanya digelar pada musim kemarau. Pada musim hujan pegelaran di dialihkan ke panggung tertutup.

Candi Prambanan dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 wib – 17.00. Jika ingin menyaksikan pagelaran Sendratari Ramayana kita bisa masuk pada malam hari, tentunya setelah membeli tiket terlebih dulu. Harga tiket masuk untuk WNI Rp. 30.000 (dewasa) dan Rp. 12.500 (anak-anak). Sedangkan untuk WNA Rp. 18 USD (dewasa) dan 9 USD (anak-anak).

Candi Prambanan adalah tempat wisata di Jogja yang mudah diakses dari semua arah. Lokasinya berada di pinggir jalan Raya yang menghubungkan kota Jogja dan Solo.

Jika berangkat dari Jalan Malioboro atau Keraton Yogyakarta kita hanya butuh waktu sekitar 1 jam.

 

(rif)

Incoming search terms:

2 thoughts on “Candi Prambanan, Tempat Wisata di Jogja Sarat Budaya

  1. Pingback: Tempat Wisata Alam di Jogja - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  2. Pingback: Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi : Taman Sari Keraton Yogyakarta - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *