Candi Prambanan Tempat Wisata Sejarah Jogja Yang Populer

By | January 2017
Tempat wisata sejarah di Jogja - candi prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia dan menjadi tempat wisata sejarah Jogja yang terkenal oleh seluruh penduduk negeri ini dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

Tempat wisata sejarah di Jogja - candi prambanan

Source : wikimedia.org

Sebagai salah satu kekayaan sejarah bangsa Indonesia, anak-anak semenjak usia sekolah dasar sudah mulai dikenalkan dengan Candi Prambanan yaitu munculnya Candi Prambanan dalam pelajaran sekolah mereka. Jika anda bertapak kaki di Jogja, maka Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata wajib di Jogja yang harus anda kunjungi.

Berdasarkan Informasi dari Humas PT Taman Wisata Unit Candi Prambanan Dewi Krisna pada saat high season 3 Juli – 7 Juli 2016, jumlah wisatawan nusantara yang datang dan menikmati keagungan sejarah Prambanan berjumlah 37.257 orang dan wisatawan mancanegara berjumlah 1.468 orang.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini tak perlu bersusah payah karena lokasinya yang tidak tepaut jauh dengan kota Yogyakarta, yaitu sekitar 17 km sisi timur dari pusat kota dan berada di sisi jalan utama Jogja-Solo. Jadi, jika anda sedang berkendara motor atau mobil dari arah Solo menuju Jogja ataupun sebaliknya dapat dipastikan akan melihat langsung ke elokan Candi Prambanan warisan bumi pertiwi ini.

Candi Prambanan memilki 3 candi utama didalamnya yang terdiri dari Wisnu, Brahma dan Shiwa, sesuai dengan ajaran Trimurti dalam kepercayaan agama Hindu yaitu menciptakan, memelihara dan melebur alam beserta isinya. Brahma (Pencipta) bersimbol A, Wisnu (Pemelihara) bersimbol U dan Shiwa (Pelebur) bersimbol M, ketika simbol ketiga dewa tersebut digabungkan maka akan menjadi AUM yang dibaca “OM” yang merupakan simbol suci agama Hindu.

Sejarah Candi Prambanan Yogyakarta

Candi Prambanan atau yang dikenal dengan nama Candi loro Jonggrang adalah candi umat Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.

Berdasarkan prasasti Siwagrha yang ada di candi Prambanan, nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa sansekerta) yang memiliki arti Rumah Siwa. Dan terbukti di ruang utama candi ini terdapat arca Shiwa sang Mahadewa setinggi 3 meter yang berarti bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Candi hindu Prambanan ini dibangun oleh Rakai Pikatan guna menjadi tandingan Candi Budha Borobudur dan juga candi Sewu yang terletak tak jauh dari Prambanan, dan terbukti berhasil menjadi Candi hindu terbesar dan termegah yang pernah dibangun pada masanya.

Beberapa ilmuan menjelaskan bahwa pembangunan candi ini merupakan simbol atas kembalinya kejayaan keluarga Sanjaya atas tanah Jawa, hal ini terkait teori wangsa kembar berbeda keyakinan yang saling bersaing; yaitu wangsa Sanjaya penganut agama Hindu dan wangsa Sailendra penganut ajaran Buddha.

Pada tahun 930, Ibu kota kerajaan di Yogyakarta berpindah ke Jawa Timur Oleh Mpu Sendok yang ditengarai oleh letusan hebat Gunung Merapi atau juga ditengarai terjadinya peperangan perebutan kekuasaan.

Tidak dapat dipastikan penyebab kepindahan kerjaan tersebut ke Jawa Timur namun diperkirakan karena salah satu 2 hal tersebut. Karenan perpindahan inilah Candi Prambanan mulai terlantar dan tidak terawat dan secara perlahan candi ini hancur termakan usia kemudian runtuh.

Pada abda ke 16, terjadi gempa bumi hebat di Jogja yang kemudian memper parah kondisi Candi Prambanan. Meskipun tak lagi menjadi pusat keagamaan dan ibadah umat Hindu, candi Prambanan masih dikenali dan diketahui keberadaan oleh warga setempat.

Jalan dan Alamat Menuju Candi Prambanan

Alamat Candi Prambanan adalah Jalan Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan, Sleman Yogyakarta 55571.

Untuk dapat mengunjungi wisata ini tidaklah sulit, jika anda datang ke Jogja menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Adi Sucipto maka Anda bisa langsung naik taksi konvensional ataupun taksi online ke arah timur menjauh dari pusat kota Jogja. Karena dari bandara menuju Prambanan justru lebih dekat dari pada dari pusat kota Jogja menuju candi tersebut, dengan kendaraan bermotor kecapatan sedang sekitar 15 menit anda akan tiba di Candi prambanan.

Jika Anda kebetulan menggunakan bis jurusan Jogja-Solo atau bis yang Anda tumpangi melewati jalan Jogja-Solo, maka Anda dapat langsung turun di depan loket masuk Candi prambanan.

Namun jika Anda membawa kendaraan pribadi bersama keluarga dari arah barat, selatan ataupun utara Jogja, maka gunakanlah jalan ringroad dan melajulah menuju arah Timur Jogja.

Setelah anda menemukan jalan Solo, yups tinggal lurus saja ke arah timur sampai anda menjumpai bangunan Agung nan indah Candi prambanan.

Informasi Umum dan Fasilitas Candi Prambanan

Jam Buka
Candi Prambanan buka setiap hari, Senin-Minggu, Weekdays ataupun Weekend dan tidak mengenal hari libur nasional. Loket masuk candi dibuka pada pukul 06.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Wisatawan lokal : Rp. 30.000 untuk dewasa dan Rp. 12.500 untuk anak usia 3-6 tahun.
Wisatawan mancanegara : USD $ 18 atau sekitar Rp. 240.000
Paket Prambanan dan Candi Ratu Boko Rp. 45.000
Dan jika anda membawa kamera akan dikenakan karcis Rp. 1.000,-/kamera

Tempat Parkir

Jika Anda datang membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir karena pengelola menyediakan lahan parkir yang luas dan aman untuk pelanggan apapun kendaraan anda; motor, mobil atau  bis.

Tempat Ibadah

Jika anda seorang muslim yang datang berkunjung ke Candi Prambanan Hindu, maka anda tak perlu khawatir dan takut tidak ada lokasi untuk menghamba dan mengingat Tuhan Allah. Candi prambanan memiliki Masjid yang cukup besar untuk menampung wisatawan muslim yang datang berkunjung ke candi ini.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya, kurang lebih begitulah kata Founding Father negri ini. Jadi marilah kita ingat dan hargai peninggalan leluhur kita Candi Prambanan dan bersama-sama menjaga kelangsungan Candi Prambanan untuk dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya muda-mudi Indonesia.

(IB)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *