Embung Sriten : Tempat Wisata di Jogja Terbaru Nan Eksotis

By | February 2016
Embung Sriten Tempat Wisata di Jogja Terbaru

Embung Sriten, ini bukan kisah tentang Batara Srinten satu diantara nama dewa-dewi dalam cerita pewayangan Jawa. Embung Srinten yang ini adalah tempat wisata di Jogja terbaru berupa telaga buatan di sebuah puncak tertinggi di Gunungkidul Yogyakarta. Meski hanya telaga buatan, namun tempat ini menawarkan keindahan eksotis yang mampu menghipnotis pengunjung karena pesonanya.

Jalan yang harus dilalui ke Embung Srinten bisa dibilang cukup ekstrim. Jalanan yang menanjak dan berliku-liku menuju pegunungan Baturagung Utara tempat Embung Srinten berada, membuat kita sedikit menahan nafas diliputi ketegangan. Namun itu tak lama, setelah melewati jalan cor serta jalanan berbatu kapur sekitar 5 kilometer kita sudah sampai di kawasan Embung Srinten.

Embung Srinten merupakan tempat wisata di Jogja terbaru yang berada diketinggian 800 Mdpl, di dataran tinggi Gunungkidul. Tempat wisata ini tidak terlalu luas, hanya menampung sekitar 10.000 meter kubik air dengan dikelilingi pagar besi yang tidak terlalu tinggi, serta jalan terbuat dari conblock dibagian tepinya.

Embung Sriten Tempat Wisata di Jogja Terbaru

Tempat Wisata di Jogja Terbaru : Embung Sriten

Menikmati Panorama Indah Embung Srinten Bawah Pohon Ikonik

Sama seperti kawasan Gunungkidul lainnya, Pegunungan Baturagung Utara juga berupa pegunungan karst yang tandus dan sering mengalami kekeringan. Maka pembangunan Embung Srinten sebagai retention basin adalah solusi paling tepat untuk mengatasi kelangkaan air di musim kemarau. Di kawasan ini juga digunakan sebagai kawasan agrowisata buah, tentunya dengan memanfaatkan air hujan yang ditampung saat musim hujan.

Di tepian Embung Srinten angin berhembus tanpa henti. Hawa dingin alami khas pegunungan yang tetap terasa sejuk meski cuaca terik. Menikmati panorama indah di Embung Srinten bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Kita bisa menikmati suasana indah dibawah teduhnya pohon-pohon ikonik dalam ayunan Hammock.

Pilihan lainnya kita bisa duduk-duduk di sejumlah gazebo yang disediakan, atau di pendopo sekitar Embung Srinten sambil meresapi sejuknya hembus angin. Akan lebih sempurna jika dalam cuaca panas kita nikmati suasana yang ada sambil minum es kelapa muda. Saat pagi atau menjelang malam, kita bisa bersantai disini sambil menikmati secangkir kopi tubruk atau teh yang dijual di warung-warung kecil tak jauh dari lokasi.

Puncak Tugu Magir

Masih di kawasan Embung Srinten, Puncak Tugu Magir terletak di puncak sisi Timur di Pegunungan Baturagung Utara. Puncak Tugu Magir ini berada lebih tinggi dibanding Embung Srinten yaitu diketinggian 859 Mdpl. Di puncak inilah para penjelajah dirgantara sering mengembangkan parasut paralayang. Di lokasi yang sama terdapat Makam Tiban yang konon dipercaya sebagai petilasan kerabat Sultan Jogja bernama Syeh Wali Jati.

Puncak Tugu Magir Tempat Wisata di Jogja Terbaru

Tempat Wisata di Jogja Terbaru : Puncak Tugu Magir

Pemandangan alam dari Puncak Tugu Magir tak kalah eksotis dari Embung Batara Srinten. Dari puncak ini kita bisa menikmati panorama di wilayah sekitarnya yang lebih rendah. Dari kejauhan nampak lanscape kota Klaten dengan Rawa Jombor-nya yang luas, serta kota Jogja yang terlindung keperkasaan Gunung Merapi. Belum lagi beberapa pegunungan lain di Gunungkidul, serta samar-samar terlihat wilayah Wonogiri yang diselimuti kabut tipis.

Satu momen yang tidak bisa dilupakan dari tempat wisata ini adalah sunrise dan sunset. Puncak Tugu Magir merupakan tempat yang paling tepat untuk menyaksikan cahaya pertama matahari mengawali hari untuk kemudian mengakhiri ‘tugasnya’ di ufuk Barat.

Bagi wisatawan yang ingin berpetualang di Embung Srinten dan Puncak Tugu Magir sebaiknya berhati-hati dalam perjalanan pulang. Jalan menurun dari tempat wisata di Jogja terbaru ini memang tergolong sulit. Pastikan rem kendaraan dalam kondisi optimal karena banyak turunan curam.

 

Peta Lokasi Embung Sriten

 

(rif)

Incoming search terms:

3 thoughts on “Embung Sriten : Tempat Wisata di Jogja Terbaru Nan Eksotis

  1. Pingback: Galaxy Waterpark: Tempat Wisata di Jogja Terbaru untuk Keluarga - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  2. Pingback: Tempat Wisata Alam di Jogja: Gua Pindul Gunungkidul - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  3. Pingback: Tempat Wisata Alam di Jogja: Embung Tambakboyo Sleman - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *