Gua Tanding : Tempat Wisata Alam Terbaru Di Jogja Yang Elok

By | August 2016
Gua Tanding - Tempat Wisata Alam Terbaru Di Jogja Yang Elok

Gua Tanding merupakan sebuah tempat wisata alam terbaru di Jogjakarta yang bisa menjadi tempat tujuan wisata menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya gua Pindul yang sudah cukup terkenal dengan keindahan pemandangan bawah tanahnya, goa Tanding ini berada di wilayah Gunungkidul yang memang mempunyai banyak sungai dan gua bawah tanah.

Gua Tanding - Tempat Wisata Alam Terbaru Di Jogja Yang Elok

Img : FP/ goatandingsadamwisata

Penemuan gua Tanding ini bermula dari upaya seorang warga setempat bernama mbah Harto Tanding untuk menggali sebuah sumur, namun justru menemukan sebuah gua bawah tanah atau mungkin lebih tepat disebut sungai bawah tanah.

Gua bawah tanah tersebut kemudian diberi nama gua Tanding yang diambil dari nama mbah Harto Tanding tersebut.

Jarak antara hulu dan hilir Gua Tanding yang awalnya tidak memiliki akses masuk selain melalui sumur mbah Harto Tanding ini cukup panjang, sekitar 450 an meter.

Pemandangan yang indah didalam gua tersebut dinilai layak untuk diperlihatkan untuk umum, sehingga dilakukan upaya lebih lanjut yaitu proses pemetaan. Berdasar hasil pemetaan kemudian dilakukan penggalian untuk membuat ventilasi udara buatan dan pintu keluar masuk, agar mudah serta aman dinikmati oleh pengunjung.

Didaerah sekitar lokasi juga dibangun beberapa fasilitas dan taman yang layak untuk  sebuah tempat wisata.

Gua Tanding - Tempat Wisata Terbaru Di Jogja

Img : FP goatandingsadamwisata

Gua ini lebih luas dibanding gua Pindul. Ketinggiannya bervariasi mulai dari 3 meter hingga 15 meter. Gua yang dindingnya dihiasi berbagai jenis bebatuan stalaktit dan stalagmit berwarna keemasan yang terukir secara alami ini, mempunyai lebar sekitar 4 – 8 meter.Cukup untuk dilalui 2 sampai 3 perahu karet berjejer. Hal ini tentu akan memudahkan pengunjung untuk menikmati keindahan dinding gua dan menikmati sensasi berada di bawah tanah dengan perahu karet.

Mulai awal bulan Juli tepatnya ketika libur lebaran tahun 2016 ini, gua Tanding sudah dibuka untuk umum. Selain bisa menikmati keindahan gua Tanding, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan dan suasana alam yang masih asri di sekitar area Wisata Alam Goa tersebut.

Fasilitas gua Tanding :

Pengelola tempat wisata gua Tanding menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung yaitu :

  • Perahu Karet yang dapat mengangkut 6 orang dewasa
  • Jaket Pelampung
  • Helm pelindung
  • Sepatu Karet
  • Pemandu
  • Makanan dan Minuman
  • Terapi Ikan
  • Parkir
  • Toilet dan Tempat Ganti
  • Asuransi

 

Harga Tiket Masuk Gua Tanding

Harga tiket masuk yang ditetapkan diawal pembukaan tempat wisata alam terbaru di Jogja itu Rp. 250.000,- perorang. Namun mengingat pengelolaan tempat tersebut masih baru, tidak menutup kemungkinan harga tiket akan disesuaikan berdasarkan evaluasi pelaksanaan pelayanan pada pengunjung.

Jam Buka Gua Tanding

Tempat wisata gua Tanding dibuka setiap hari mulai jam 07.00 hingga jan 17.00 wib.

Lokasi Goa Tanding

Lokasi Goa Tanding ini terletak di dusun Gelaran II, desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta.

Peta Lokasi Goa Tanding

Rute Menuju Gua Tanding

Lokasi Gua Tanding yang berjarak 40 km dari kota Jogja, dapat ditempuh sekitar 1 jam, dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute perjalanan dari arah Kota Jogja menuju gua Tanding dengan melewati jalan Wonosari. Terus kearah timur melewati Piyungan. Terus naik ke arah bukit Bintang (Patuk) hingga perempatan Gading.  sebelum sampai lapangan udara (belok ke kiri ikuti jalur menuju goa Pindul). Melewati lokasi gua Pindul ke timur sedikit sudah sampai lokasi gua Tanding.

Video Gua Tanding

Video mengenai Gua Tanding by Rian Ngaphy (sumber : Youtube)

 

Incoming search terms:

One thought on “Gua Tanding : Tempat Wisata Alam Terbaru Di Jogja Yang Elok

  1. Pingback: Menginap di Hotel Terbaik di Jogja Sebelum Piknik ke Gua Pindul - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *