Hutan Pinus Mangunan : Tempat Wisata di Jogja Terbaru untuk Hunting Foto

By | February 2016
Tempat wisata alam di jogja - hutan pinus mangunan

Menginjakkan kaki di Hutan Pinus Mangunan mungkin kita tidak akan percaya ada tempat selengang ini di Yogyakarta. Deretan pohon Pinus Merkusi nampak kokoh menjulang tinggi seolah ingin mengukuhkan diri bahwa tempat wisata di Jogja terbaru ini tak kalah menarik bahkan jauh lebih menarik dibanding hutan-hutan yang dijadikan lokasi syuting film Hollywood.

Hutan Pinus Mangunan sejatinya adalah bagian hutan yang masuk kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Akses lokasi yang searah dengan situs Makam Raja-Raja Imogiri membuat orang sering menyebut Hutan Pinus Mangunan dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri. Meskipun secara administratif kawasan ini masuk wilayah Mangunan, bukan Imogiri.

Hutan Pinus Mangunan Tempat Wisata di Jogja Terbaru untuk Hunting Foto

Tempat Wisata di Jogja Terbaru : Hutan Pinus Mangunan

Hutan Lindung Sekaligus Destinasi Wisata

Sebelum menjelma menjadi tempat wisata populer, Hutan Pinus Mangunan dulunya tanah tandus. Setelah melalui reboisasi dengan menanam pohon pinus, akasia, kemiri, dan mahoni diatas area 500 hektar, kini kawasan Hutan Pinus Mangunan berubah menjadi lokasi wisata selain fungsi utamanya sebagai hutan lindung.

Yang menjadi pusat perhatian bukan hanya suasana hutan pinus yang asri namun juga sebuah sumber air bernama Bengkung, yang dipercaya menjadi tempat pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Maka selain pengunjung yang ingin mengambil foto di hutan pinus banyak pula yang datang di sumber mata air Bengkung untuk berziarah.

Tempat wisata alam di jogja - hutan pinus mangunan

Img : Facebook gozonx damaz

Untuk mencapai sumber mata air Bengkung bisa berangkat dari tempat parkir hutan pinus menggunakan trekking. Perjalanan menembus hutan mengikuti jalur outbond Watu Abang atau bisa juga melalui jalur melingkar menggunakan sepeda atau sepeda motor (tidak  bisa mengggunakan mobil), namun jarak tempuhnya lebih jauh.

Hunting Foto, Selfie, dan Foto Pre-wedding

Begitu masuk kawasan Hutan Pinus Mangunan, setelah sebelumnya memarkir kendaraan dan menyeberang jalan, kita akan disambut suara gesekan daun pinus diterpa semilir angin. Namun itu tak lama karena suara pucuk-pucuk pinus harus kalah dengan tawa riang pengunjung yang asyik berfoto. Ada yang berpose sementara temannya sibuk mengambil gambar, ada juga yang berfoto selfie diatas batang-batang pinus yang sudah dipasang bangku-bangku sederhana.

Dari keindahan pohon-pohon pinus yang menawarkan kesejukan sepanjang hari, Hutan Pinus Mangunan ini hampir setiap hari digunakan untuk background foto pr-wedding. Memang, bagi yang mengerti dunia fotografi kawasan wisata ini tak jauh beda dengan huttan di Foks di Evergreen State dalam sebuah film Hollywood.

Deretan pohon pinus yag menjulang tinggi tidak hanya menjadi view cantik pada background foto. Namun ada sebuah filosofi yang cukup menarik tentang keberadaan hutan pinus yang konon merupakan lambang cinta orang-orang Korea. Pohon pinus yang tegak lurus dan tidak bercabang adalah simbol cinta yang lurus, setia, dan tidak bercabang. Sedangkan daun pinus yang senantiasa hijau segar melambangkan cinta yang tak pernah berakhir.

Hutan Pinus Mangunan Tempat Wisata di Jogja Terbaru untuk Hunting Foto 1

Tempat Wisata di Jogja Terbaru : Hutan Pinus Mangunan untuk Hunting Foto (img : www.backpackerindonesia.com)

 

Hutan Pinus Mangunan memang tepat untuk mengekspresikan diri bagi mereka yang hobi fotografi. Namun jangan lupa satu hal, kawasan ini sangat tepat untuk mencari inspirasi atau memenangkan diri. Bagi yang malas jalan-jalan, menikmati suasana hutan pinus dalam ayunan hammock di bawah daun-daun pinus adalah hal paling menyenangkan. Gesekan daun dan ranting yang tertiup angin semilir seolah simfoni alam yang mampu menyihir seseorang tenggelam dalam lelap.

Hutan Pinus Mangunan Bantul adalah tempat wisata di Jogja terbaru dimana disini kita bisa mendapatkan ketenangan, kedamaian, dan sejenak melupakan hiruk-pikuk kota Jogja dengan segala aktivitasnya. Disini pula kita bisa melepaskan penat ditengah masalah dan kerumitan hidup.

 

Peta Lokasi Hutan Pinus Mangunan

 

 

(rif)

Incoming search terms:

4 thoughts on “Hutan Pinus Mangunan : Tempat Wisata di Jogja Terbaru untuk Hunting Foto

  1. Pingback: Tempat Wisata ALam di Jogja: Kebun Buah Mangunan - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  2. Pingback: Tempat Wisata Alam di Jogja - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  3. Pingback: Tempat Wisata Alam di Jogja: Embung Tambakboyo Sleman - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  4. Pingback: Galaxy Waterpark : Tempat Wisata di Jogja Terbaru untuk Keluarga - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *