Kebun Binatang Gembira Loka Sebagai Tempat Wisata Edukasi Di Jogjakarta

By | September 2015
Transportasi keliling kebun binatang Gembira Loka Jogja

Gembira Loka atau juga disebut Gembira Loka Zoo merupakan sebuah kebun binatang yang menjadi salah satu tempat wisata di Jogjakarta yang cukup populer baik untuk untuk sekedar rekreasi maupun menambah pengetahuan mengenai satwa dan tumbuhan.

Dengan lebih dari 180 jenis satwa dan 350 jenis tumbuhan, boleh dikatakan kebun binatang ini mempunyai koleksi yang cukup lengkap.  Dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan serta pertunjukan satwa yang menarik, menjadikan kebun binatang ini sebagai tempat rekreasi yang mendidik dan menghibur.

Sejarah Singkat Kebun Binatang Gembira Loka

Pada tahun 1933 Sri Sultan Hamengku Buwono VIII mempunyai keinginan untuk menjadikan “Kebon Rojo” yang merupakan tempat pemeliharaan satwa milik raja, untuk di kembangkan menjadi kebun binatang untuk public sehingga bisa dinikmati juga oleh rakyat.

Keinginan tersebut kemudian mulai direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan untuk mewujudkannya pada tahun 1953, didirikan  Yayasan Gembira Loka Jogjakarta yang diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII.

Transportasi keliling kebun binatang Gembira Loka Jogja

Transportasi keliling kebun binatang Gembira Loka Jogja | img : gembiralokazoo.com

Fasilitas dan wahana permainan yang tersedia di Kebun Binatang Gembira Loka :

Untuk memudahkan pengunjung menyaksikan Koleksi satwa yang cukup banyak, selain menempatkan satwa dikandang-kandang yang sesuai di sepanjang jalur perlintasan, pengelola kebun binatang Gembira Loka juga menempatkan beberapa spesies yang sejenis dalam sebuah wilayah, misalnya taman burung untuk berbagai jenis spesies burung, taman reptil untuk berbagai jenis spesies reptil dan ruang akuarium untuk berbagai macam spesies ikan.

  • Taman Burung

Ratusan koleksi burung yang dimiliki kebun binatang ini dapat disaksikan di taman burung. selain bisa menyaksikan burung yang berada didalam sangkar masing-masing, pengunjung juga bisa masuk dan melihat lebih dekat beberapa koleksi burung yang dilepas bebas didalam sangkar raksasa. Jika menginginkan pengunjung juga bisa bersentuhan secara langsung di Zona interaksi burung.

  • Taman Reptil

Seperti hal taman burung, sesuai dengan namanya di taman reptil ada berbagai spesies reptil yang bisa disaksikan. Pengunjung juga bisa bersentuhan langsung dengan beberapa jenis reptil di tempat yang disebut dengan nama Zona interaksi reptil.

  • Taring (transport keliling)

Untuk bisa menyaksikan semua jenis satwa,  serta menikmati wahana permainan di kebun binatang yang luas lahannya mencapai 20 ha dengan berjalan kaki tentu cukup melelahkan. Pengunjung bisa menggunakan alat transportasi yang tersedia, yaitu sepeda sewa dan Taring.

Taring (transport keliling) merupakan semacam kereta mini yang bisa digunakan pengunjung untuk mengelilingi kebun binatang. Disepanjang rute jalur terdapat beberapa halte untuk naik dan turun penumpang atau hanya untuk turun saja.

  • Kapal Katamaran

Dengan membeli tiket seharga Rp. 10.000 per orang di loket yang berada di lokasi naik/ turun kapal, pengunjung bisa mengelilingi danau buatan yang berada di tengah kebun binatang gembira loka dengan kapal Katamaran yang berkapasitas 40 orang penumpang.

Jika menginginkan harga tiket lebih murah, hanya Rp. 5.000 per orang, pengunjung bisa membeli paket hemat di loket pintu masuk.

  • Perahu speedboat

Naik Speedboat yang melaju dengan kecepatan tinggi di danau buatan, bisa menjadi salah satu wahana pilihan yang perlu di coba.

Hanya Rp. 20.000 per orang, pengunjung bisa menikmati sensasi melaju cepat di atas air di wahana ini.

  • Perahu senggol

Seperti halnya dengan bom-bom car atau mobil senggol, pengunjung bisa naik perahu senggol dikolam khusus tanpa kuatir terjadi kerusakan atau cidera ketika bersenggolan dengan perahu yang di kemudikan pengunjung lain.

  • Kolam sentuh

Untuk mengenal lebih dekat dan merasakan sensasi menyentuh ikan yang masih hidup, terdapat sebuah kolam berisi beberapa jenis ikan, dimana pengunjung diiinkan untuk menyentuh secara langsung ikan yang ada didalamnya.

Namun ikan-ikan yang berukuran cukup besar tersebut hanya boleh disentuh, tidak boleh ditangkap.

  • Kolam tangkap

Berbeda dengan kolam sentuh dimana pengunjung hanya boleh menyentuh ikan yang terdapat didalamnya, di kolam tangkap yang berisi ratusan ikan kecil ini pengunjung, khususnya anak-anak diijinkan untuk masuk kedalam kolam, menangkap dan membawa pulang ikan hasil tangkapannya.

Disediakan jaring serta kantong plastik untuk menangkap ikan, sehingga anak-anak bisa lebih bersemangat untuk menangkapnya.

Jika anak-anak belum berhasil mendapatkan ikan, biasanya petugas yang berjaga akan menawarkan beberapa ekor ikan yang sudah dimasukkan kedalam plastik dan diberi oksigen untuk dibawa pulang.

kolam tangkap gembira loka zoo yogyakarta

Anak-anak asyik menjaring ikan di kolam tangkap kebun binatang Gembira Loka Jogjakarta | img : gembiralokazoo.com

  • Terapi ikan

Terapi ikan yang disebut fish pedicure merupakan terapi yang memanfaatkan gigitan-gigitan ikan kecil untuk membantu membersihkan dan mengelupas kulit kering, atau kulit mati/ rusak.

Hanya dengan memasukkan kaki pada kolam terapi, ikan-ikan  kecil yang ada pada kolam terapi ini akan menghisap dan menggigit kulit dengan lembut, sehingga memberikan sensasi geli. Gigitan ikan ini diyakini juga bisa membantu melancarkan peredaran darah.

  • Mayang Tirta

Ditengah danau buatan kebun binatang Gembira Loka terdapat sebuah restoran/ cafe yang berbentuk kapal pesiar yang bernama Mayang Tirta. Disana pengunjung bisa istirahat sejenak dan menikmati sajian sambil menikmati music yang digelar secara live pada waktu-waktu tertentu.

Live music di Restoran Mayang Tirta Kebun binatang Gembira Loka Jogja

Pertunjukan live music di Restoran Mayang Tirta Kebun binatang Gembira Loka Jogja | img : gembiralokazoo.com

  • Sirkuit Motor ATV

Didekat pintu masuk sebelah timur terdapat sirkuit yang didesain agar bisa digunakan untuk perlintasan motor ATV yang seru, menantang tapi tetap aman. Motor ATV (All Terrain Vehicle) merupakan sebuah motor dengan empat roda yang bisa digunakan melalui segala medan.

Untuk mencoba merasakan serunya mengendarai motor ATV ini, pengunjung hanya dikenai biaya Rp. 20.000,- perorang.

  • Gajah Tunggang

Pengunjung bisa mencoba merasakan sensasi menunggang gajah yang dikendalikan oleh seorang pawang. Wahana Gajah Tunggang ini dibuka setiap hari kecuali hari jum’at mulai pukul 09.00 – 15.30 wib.

  • Onta tunggang

Setiap hari kecuali hari jum’at mulai pukul 10.00 – 15.30 wib,  pengunjung juga bisa mencoba menunggang onta tunggang yang berada di bagian utara kebun binatang.

Pertunjukan Satwa Kebun binatang Gembira Loka

  • Gelar Satwa Terampil

Burung Kangkareng, Burung Kakak Tua Jambul Kuning, Beruang Madu, Orang Utan serta Linsang, akan menunjukkan kemampuan mereka menghibur penonton dalam pertunjukan Gelar Satwa Terampil.

Gelar Satwa Terampil yang merupakan pertunjukan satwa yang digelar secara gratis di kebun binatang Gembira Loka (Gembira Loka Zoo).

Setiap hari Senin-Jumat,  pertunjukan ini di gelar pukul 11.00, dan 13.00 wib. Sedangkan untuk hari Sabtu, di gelar 4 kali yaitu pukul  11.00, 12.00, 13,00, dan pukul 14.00 wib.

Sedangkan untuk hari Minggu dan hari libur Nasional, waktu pertunjukan di tambah menjadi 6 kali, yaitu pada pukul  10.00,11.00, 12.00, 13.00, 14.00, dan pukul 15.00 wib.

  • Atraksi Gajah

Pertunjukan atraksi yang dilakukan oleh Gajah kebun binatang Gembira Loka ini, diadakan setiap hari Minggu dan hari libur Nasional, dimulai pada pukul 10.00 WIB.

  • Feeding time

Selain pertunjukan Gelar Satwa Terampil, pengunjung juga bisa menyaksikan bagaimana para satwa menikmati makanannya dalam pertunjukan Feeding time. Yaitu pertunjukan memberi makan binatang yang dilakukan sesuai jadwal makan.

Pertunjukan feeding time dilakukan setiap hari, pada waktu antara jam 10.30 sampai selesai.  Adapun jadwal pertunjukan feeding time sebagai berikut :

  • Pertunjukan feeding time Simpanse dimulai pukul 10.30 WIB
  • Pertunjukan feeding time Arapaimaa dimulai pukul 11.00 WIB
  • Pertunjukan feeding time Ular dimulai pukul 11.30 WIB
  • Sedangkan untuk Pertunjukan feeding time pucuk hitam, dimulai pukul 11.30 WIB

Jadwal pertunjukan untuk setiap Hari Minggu/Hari libur Nasional:

  • Feeding time Harimau dimulai pukul 12.00 WIB

Selain beberapa fasilitas dan wahana yang disebut diatas, masih banyak wahana menarik yang bisa dikunjungi, seperti misalnya :

  • Arboretum merupakan kebun botani yang cukup luas untuk mengkoleksi berbagai macam pepohonan.
  • Akuakultur bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran mengenai pemeliharaan dan penangkaran berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup menggunakan media air.
  • Museum satwa kebun binatang Gembira Loka menyimpan berbagai jenis satwa yang sudah diawetkan.
  • dan lain-lain

Lokasi kebun binatang Gembira Loka

Kebun binatang Gembira Loka berlokasi di Jalan Kebun Raya, sekitar 4 km lurus kearah timur dari kawasan titik nol km kota Jogjakarta, hingga melewati jembatan sungai Gajahwong, kemudian belok kekanan.

Selain melalui pintu timur yang berada di jalan Kebun Raya, pengunjung juga bisa masuk melalui pintu barat yang berada di jalan Veteran (arah selatan dari perempatan SGM). Namun pintu barat ini biasanya hanya dibuka ketika pengunjung ramai atau dihari-hari libur.

Peta Lokasi kebun binatang Gembira Loka

Jam Buka Kebun binatang Gembira Loka :

Kebun binatang Gembira Loka yang mempunyai slogan “Bukan sekedar rekreasi” ini, buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga pukul 17.30 wib.

Harga Tiket Masuk Kebun binatang Gembira Loka :

Untuk tiket masuk kebun binatang Gembira Loka yang mulai berlaku 3 Agustus 2015, pengunjung dikenai harga Rp20.000 pada hari kerja & Rp25.000 pada akhir pekan & hari libur.

Video Kebun binatang Gembira Loka

Video Kebun binatang Gembira Loka – Gembira Loka Zoo Official Promo (Sumber : Youtube)

 

Incoming search terms:

One thought on “Kebun Binatang Gembira Loka Sebagai Tempat Wisata Edukasi Di Jogjakarta

  1. Pingback: Tempat Wisata Menarik Di Peta Wisata Kota Jogjakarta - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *