Keindahan Berbalut Misteri Candi Ratu Boko

By | July 2016
candi ratu boko merupakan tempat wisata di jogja yang masih menyimpan misteri

Candi Boko merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Situs yang berada di atas sebuah bukit dengan ketinggian ± 195.97 m diatas permukaan laut ini, mempunyai keunikan yang berlainan dengan bangunan candi lainnya. Jika candi pada umumnya merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat pemujaan atau beribadah. Namun berdasar beberapa penelitian, situs tersebut menunjukkan ciri sebagai tempat tinggal, lebih tepatnya kalau disebut sebagai sebuah keraton.

Tidak hanya kemegahan keraton Ratu Boko yang terlihat dari sisa sisa peninggalannya akan membuat takjub. Lokasinya yang berada diatas bukit juga memberikan suasana dan pemandangan yang indah.

candi ratu boko merupakan tempat wisata di jogja yang masih menyimpan misteri

img : vjholly.wordpress.com

Berada di situs yang merupakan bekas istana kerajaan ratu Boko ini, selain bisa melihat pemandangan kota Jogja serta keindahan candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi, suasana disana terasa tenang dan damai.

Keindahan ketika matahari terbit dan ketika matahari tenggelam, membuat banyak pengunjung yang menantikan momen tersebut. Tidak heran jika di malam hari pun masih ada pengunjung yang berada di lokasi tersebut untuk menikmati suasana atau sekedar makan malam di Candi Ratu Boko.

Disitus tersebut terdapat beberapa bangunan yang merupakan bagian sebuah keraton seperti misalnya gerbang masuk yang terdiri atas dua gerbang, pendopo, paseban, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar/ benteng pelindung.

Bagian Bangunan di Komplek Candi Ratu Boko

Di situs Candi/ Keraton Ratu Baka yang dibangun pada masa pemerintahan seorang raja keturunan Wangsa Syailendra yang bernama Rakai Panangkaran, terdapat beberapa bangunan yang merupakan bagian dari bekas keraton tersebut.

Gerbang Masuk

Gerbang masuk ke komplek keraton Ratu Baka terletak di sisi barat, yang terdiri atas dua gerbang, yaitu gerbang luar dan gerbang dalam. Gerbang dalam yang merupakan gerbang utama, mempunyai ukuran lebih besar daripada gerbang luar.

Gerbang luar terdiri atas 3 gapura paduraksa dengan posisi berjajar arah utara-selatan. Gapura utama, terdiri atas 5 gapura paduraksa yang bebaris sejajar dengan gerbang luar, dan berada di antara dua gapura pengapit.

Candi Batukapur

Berupa sebuah pondasi berukuran 5×5 m2 yang dibangun dari batu kapur, yang berada Sekitar 45 m dari gerbang pertama, ke arah timur laut.

Candi pembakaran

Ditimur laut, sekitar 37 m dari gerbang utama, terdapat Sebuah bangunan berbentuk teras tanah berundak setinggi 3 m yang disebut Candi pembakaran. Bangunan ini berbentuk bujur sangkar, dengan luas 26 m2.

Di tengah pelataran teras kedua terdapat semacam sumur berukuran 4X4 m2, berbentuk bujur sangkar dengan yang digunakan sebagai tempat pembakaran mayat.

Di dekat candi pembakaran terdapat sebuah sumur tua yang dianggap sebagai sumber air suci.

Paseban

Paseban merupakan tempat untuk menghadap raja. Bangunan Paseban terletak sekitar 45 m ke arah selatan dari gapura.

Paseban yang membujur arah utara-selatan dibangun dari batu andesit dengan ukuran lebar 7 m panjang 38 m dan tinggi 1,5 m. Pendapa

Keputren

Keputren merupakan tempat tinggal para putri. Lingkungan keputren yang dibatasi oleh pagar batu setinggi 2 m, berukuran sekitar 31 X 8 m.

Lingkungan keputren terbagi dua dengan dibatasi oleh tembok batu yang mempunyai sebuah pintu penghubung. Terdapat 3 buah kolam berbentuk persegi dalam lingkungan keputren pertama. Dua kolam bebentuk persegi panjang membujur arah utara-selatan dan berukuran lebih kecil dibanding kolam yang berbentuk bujur sangkar.

Dalam lingkungan keputren kedua, terdapat 8 buah kolam berbentuk bundar yang berjajar dalam 3 baris.

Gua

Terdapat dua buah gua di lereng bukit kawasan Ratu Baka, yang disebut Gua Lanang dan Gua Wadon (Dalam bahasa Jawa, Lanang artinya lelaki dan wadon artinya perempuan). Gua Lanang lorong persegi dengan ukuran lebar 3,7 m, dalam 2,9 m dan tinggi 1,3 m. Di dalamnya, terdapat relung seperti bilik yang berada di sisi kiri, kanan dan belakang gua. Gua Wadon ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan Gua Lanang namun ketinggiannya sama, yaitu tinggi 1,3 m, lebar 3 dan dalam 1, 7 m. Di bagian belakang gua juga terdapat relung seperti bilik.

candi ratu boko merupakan tempat wisata di jogja

img : pegipegi.com

Misteri Situs Ratu Boko

Walaupun menurut sejarah kerajaan tersebut dibangun pada masa pemerintahan raja Rakai Panangkaran, namun hal tersebut masih menyisakan misteri. Menurut legenda ratu Boko merupakan ayah dari Lara Jonggrang yang legendanya terkait dengan keberadaan candi Prambanan.

Bahkan ada beberapa peneliti yang mengkaitkan keberadaan kerajaan ratu Boko dengan nabi Sulaiman. Menurut mereka ratu Boko tersebut adalah ratu Bilqis yang kerjaan dipindahkan oleh jin atas perintah raja Sulaiman.

Para peneliti tersebut meyakini adanya plat emas ratu boko di situs tersebut, yang menjadi bukti siapakah ratu Boko sebenarnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Candi Istana Ratu Boko adalah

  • Kendaraan untuk antar jemput dari Candi Prambanan – Candi Istana Ratu
  • Tempat penginapan, tempat parkir, toilet, mushola, Ratu Boko Resto, Plaza Anrawina dan Pusat Informasi.
  • Tersediannya bumi perkemahan untuk anak sekolah.
  • Toko Souvenir
  • Camping ground lengkap dengan tenda serta berbagai peralatan pendukung

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Harga tiket masuk reguler :

Rp. 25.000 (dewasa)

Rp. 10.000 (anak)

USD 13 (WNA)

Harga tiket paket sunset :

Rp. 100.000

Harga tiket Paket wisata Prambanan – Ratu Boko

Rp. 45.000,- (Berkunjung ke candi Prambanan sekaligus ke candi Ratu Boko, sudah termasuk transportasi)

Jam Buka Candi Ratu Boko

Buka setiap hari dari mulai pukul 06:00 – 17:00 WIB

Lokasi Candi Ratu Boko

Candi Boko berada arah selatan dari Candi Prambanan dengan jarak sekitar 3 km atau sekitar 19 km ke arah timur kota Yogyakarta. Lokasi kawasan candi Ratu Boko meliputi dua desa, yaitu Desa Dawung dan Desa Sambirejo.

Peta Lokasi Candi Ratu Boko

Rute Ke Candi Ratu Boko

Dari kota Jogjakarta dapat menggunakan bus Trans Jogja trayek ke terminal Prambanan di lanjutkan perjalanan dengan menggunakan motor ojek sampai ke Candi Ratu Boko.

Jika menggunakan kendaraan sendiri dari kota Jogja berjalan menuju arah Solo. Dipertigaan setelah jembatan kali Opak (sebelum candi Prambanan) belok ke kanan, kearah jl. Raya Piyungan, sekitar 3 km hingga mencapai perbukitan dimana candi Ratu Boko tersebut berada.

Video Dokumenter situs ratu boko

Film dokumenter yang dibuat Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta : awal pendirian Situs Ratu Boko hingga dilakukannya pemugaran kembali.
Misteri Situs Ratu Boko Bagian 1

Misteri Situs Ratu Boko Bagian 2

Misteri Situs Ratu Boko Bagian 3

Sumber : youtube

Incoming search terms:

One thought on “Keindahan Berbalut Misteri Candi Ratu Boko

  1. Pingback: Daftar Hotel Dekat Bandara Adisutjipto Yogyakarta - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *