Keraton Yogyakarta, Tempat Wisata di Jogja Sarat Sejarah dan Budaya

By | February 2016
Tempat wisata di Jogja Keraton Jogja

Keraton Yogyakarta merupakan lokasi wisata yang menunjukkan identitas Jogja sebagai kota budaya. Tempat wisata di Jogja ini bukan sekedar istana sultan, namun bisa dibilang “nyawa” kebudayaan Jawa. Berkunjung di Keraton Yogyakarta kita akan banyak belajar, belajar bagaimana budaya lokal harus dilestarikan ditengah derasnya budaya asing yang seolah tak terbendung.

Keraton Yogyakarta terletak masih satu kawasan dengan Jalan Malioboro dan Benteng Vredeburg. Hingga saat ini Keraton Yogyakarta masih menjadi tempat wisata favorit terutama bagi pengunjung yang suka mempelajari budaya-budaya Jawa. Beberapa bagian keraton difungsikan sebagi museum untuk menyimpan benda-benda zaman kerajaan.

Koleksi benda-benda di museum Keraton Yogyakarta beberapa diantaranya adalah cindera mata dari raja-raja di Eropa. Disini juga terdapat sejumlah replika pusaka keraton, gamelan, dan kereta kencana.

Dari struktur bangunannya dapat disimpulkan bahwa Keraton Yogyakarta adalah tempat wisata di Jogja dengan desain arsitektur terbaik. Hal ini juga diperkuat dengan sejumlah balairung mewah lengkap dengan paviliun luas.

Tempat wisata di Jogja Keraton Jogja

Akses Menuju Keraton Yogyakarta

Sekedar untuk diketahui, Keraton Yogyakarta dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I, dimana lokasi keraton ini konon bekas pesanggrahan bernama Garjitawati. Zaman dulu pesanggrahan ini digunakan sebagai persinggahan iring-iringan jenazah keluarga raja Mataram menuju Imogiri untuk dikebumikan.

Keraton Yogyakarta terletak di Selatan ALun-alun Utara Yogyakarta atau tepatnya sekitar 50 meter dari jalan Malioboro. Kini Keraton Yogyakarta tidak termasuk Jalan Malioboro lagi namun sudah berganti nama menjadi Jalan Margo Mulyo.

Karena terletak di jantung kota, Keraton Yogyakarta mudah diakses dari segala penjuru. Jika perjalanan menggunakan kereta api, kita bisa turun di Stasiun Tugu Jogja lalu naik becak atau ojek arah Jalan Malioboro. Atau jika ingin sambil jalan-jalan, dari Stasiun kita bisa jalan lurus ke arah Selatan.

Aktivitas di Keraton Yogyakarta

Napak tilas di Keraton Yogyakarta banyak aktivitas yang bisa kita lakukan. Di museum ini kita bisa saksikan  berbagai benda bersejarah seperti koleksi lukisan, kereta kencana peninggalan kerajaan Mataram, serta berbagai macam benda pusaka. Koleksi benda-benda pusaka seperti keris dan tombak dilengkapi dengan nama-nama tertentu. Disamping itu kita bisa melihat dari dekat gong dan perangkat gamelan lainnya.

Keraton Yogyakarta memberi kita keleluasaan melakukan serangkaian aktivitas menyenangkan, termasuk berfoto. Dengan latar belakang benda-benda bersejarah koleksi keraton, kita bisa berfoto sepuasnya. Tentunya momen seperti ini jarang kita dapatkan di tempat wisata lain di Indonesia.  Nah, untuk mengambil foto atau berfoto di lingkungan keraton kita diwajibkan membayar tiket izin sebesar seribu rupiah. Harga yang sangat murah dibanding hasil foto yang istimewa.

Berjalan-jalan sambil berfoto di area keraton, kita juga bisa menyaksikan para abdi dalem keraton menyambut kedatangan pengunjung. Tentu saja dengan busana adat khas Keraton Yogyakarta. Tempat wisata di Jogja yang satu ini juga menyajikan pentas seni yang diselenggarakan setiap hari, khusus persembahan untuk wisatawan yang datang.

Berikut jadwal pentas seni di Keraton Yogyakarta :

  • Senin & Selasa mulai jam 10.00 wib: Musik dan Gamelan
  • Rabu mulai jam 10.00 wib: Wayang Golek Menak
  • Kamis mulai jam 10.00 wib: pertunjukan Tari
  • Jumat mulai jam 09.00 wib: Macapat
  • Sabtu mulai jam 09.30 wib: Wayang Kulit
  • Minggu mulai jam 09.30 wib: Wayang Orang dan Pertunjukan Tari

Banyak tempat wisata di Jogja yang bisa kita kunjungi. Namun untuk Keraton Yogyakarta memang wajib kita kunjungi. Ingat, berwisata bukan sekedar jalan-jalan namun juga kesempatan belajar banyak hal. Termasuk belajar melestarikan budaya Jawa di Keraton Yogyakarta ini.

 

Peta Lokasi Keraton Yogyakarta

 

Incoming search terms:

3 thoughts on “Keraton Yogyakarta, Tempat Wisata di Jogja Sarat Sejarah dan Budaya

  1. Pingback: Embung Sriten: Tempat Wisata di Jogja Terbaru Nan Eksotis - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  2. Pingback: Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  3. Pingback: Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi : Eduwisata Benteng Vredeburg - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *