Malioboro Jogjakarta Jalan Penuh Kenangan

By | October 2015
Pengunjung sedang berfoto di Tugu Jogjakarta

Malioboro merupakan nama sebuah jalan yang panjangnya hanya sekitar setengah kilometer, namun sangat populer, dan banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

Lokasi jalan Malioboro berada diantara penggalan jalan Mangku Bumi, mulai palang perlintasan kereta api didepan stasiun Tugu serta jalan A. Yani yang bersimpangan dengan jalan Pajeksan dan jalan Suryatmajan.

Begitu terkenalnya jalan Malioboro sehingga tidak heran jika musisi kelas atas Indonesia seperti KLA Project menggambarkanya dalam sebuah lagu yang berjudul Jogjakarta.

Jalan Malioboro Jogjakarta wikipedia

Jalan Malioboro Jogjakarta | img : id.wikipedia.org

Silahkan distel lagu KLA Project yang ada disamping kanan dan dinikmati sambil melanjutkan membaca mengenai apa saja yang ada di jalan Malioboro Jogjakarta ini.

Tempat Wisata Di Sekitar Malioboro

Ada beberapa tempat wisata disekitar kawasan tersebut yang bisa anda kunjungi, seperti Tugu yang menjadi ikon kota Jogjakarta, museum Benteng Vredeberg, monumen serangan umum 1 Maret, monumen Batik, dan Gedung Agung.

Pengunjung sedang berfoto di Tugu Jogjakarta

Pengunjung dari Lampung sedang berfoto di Tugu Jogjakarta | img : seputarjogjakarta.com

Jika berjalan lurus keselatan hingga sampai perempatan di kawasan titik nol kilometer kota Jogja, anda bisa memilih untuk berbelok ke kiri menuju Taman Pintar serta Taman Budaya atau anda berjalan lurus keselatan menuju Keraton Yogyakarta.

Boleh dikata jalan ini tidak pernah sepi, dari mulai pagi hingga malam hari tetap ramai dikunjungi orang. Bahkan dikawasan titik nol kilometer, banyak orang yang menjadikannya sebagai tempat wisata malam di Jogja, terutama anak-anak muda. Karena disana selain tempatnya yang cukup luas, enak untuk bersantai, juga terdapat banyak instalasi seni berupa patung atau benda seni yang lain, yang sering dijadikan ajang untuk berfoto.

Tapi jika anda datang ke Jogja bersama keluarga dan ingin mengunjungi tempat wisata malam yang ada di Jogja, anda bisa datang ke Alun-alun selatan keraton Yogyakarta yang sering disebut Alkid (alun-alun kidul) atau ke Taman Pelangi/ Taman Lampion yang ada di kawasan Monumen Jogja Kembali.

Diwaktu-waktu tertentu kawasan tersebut seolah menjadi panggung jalanan, karena banyak seniman Jogja yang menampilkan kebolehannya di tempat tersebut.

Ketika musim liburan seringkali para Mahasiswa juga tidak mau ketinggalan dengan ikut menunjukkan kebolehannya dalam dunia seni. Tidak heran jika anda bisa menemukan sekumpulan pemain musik yang sedang membawakan sebuah lagi dengan merdunya. Atau penari, pemain drama, pemain pantomin bahkan pemain kesenian tradisional semacam jathilan/ reog pun ikut tampil disana.

Wisata Kuliner Malioboro

Menjelang malam hari sebagian trotoar di sebelah kiri jalan Malioboro mulai berdiri tenda-tenda pedagang makanan yang menawarkan berbagai macam menu masakan. Di sebelah kiri atau sebelah timur jalan ini para pedagang makanan sudah bisa menyiapkan dagangannya sejak sore, karena dibagian tersebut kebanyakan terdapat kantor pemerintahan, seperti kantor DPRD, kantor Gubernur, dinas pariwisata yang sudah tutup.

Musisi jalanan sedang beraksi di Malioboro Jogjakarta

Musisi jalanan sedang beraksi di Malioboro Jogjakarta | img : jejaktraveling.com

Setelah pertokoan dan para pedagang souvenir yang berjualan di depan toko mulai tutup, trotoar disebelah kanan jalan Malioboro akan berganti suasana dengan hadirnya para pedagang makanan yang mulai menggelar lapaknya, lengkap dengan tikar yang digelar untuk duduk lesehan para pembeli.

Biasanya setelah pukul 9 malam kawasan Malioboro akan mulai berubah menjadi tempat wisata kuliner di jogja yang wajib anda kunjungi, terutama jika anda ingin menikmati suasana malam dengan santai setelah seharian mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di Jogja.

Anda tidak hanya akan menemukan menu kuliner khas Jogja seperti gudeg dan sebagainya, namun anda juga bisa menemukan menu masakan padang, seafood, soto, sate dan masih banyak lagi.

Dan wisata kuliner anda akan semakin menyenangkan karena anda akan di hibur oleh beberapa kelompok seniman jalanan yang menyanyikan lagu dengan iringan musik yang cukup bagus.

Pusat Perbelanjaan di Malioboro

Dikawasan ini juga terdapat beberapa pusat perbelanjaan modern seperti Mal Malioboro, Ramayana,  Matahari, Ramai Mall, Gramedia atau pusat perbelanjaan tradisional semi modern seperti di Pasar Beringharjo.

Sepanjang jalan tersebut terutama yang di sebelah barat, terdapat deretan pertokoan yang menyediakan berbagai macam barang. Dari mulai kain, pakaian, karpet hingga barang-barang seni termasuk batik dan sebagainya.

Hotel Dekat Malioboro

Jika ingin menikmati menginap di kawasan tersebut, ada banyak kamar hotel didekat Maliboro yang bisa anda sewa. Disepanjang jalan Pasar Kembang, jalan Sosrowijayan dan jalan Dagen ada banyak hotel murah dekat Malioboro.

Namun jangan kuatir jika anda mengininkan menginap di Hotel berbintang, karena di wilayah tersebut juga ada beberapa hotel berbintang, seperti hotel Inna Garuda, hotel Neo Malioboro, hotel Dafam Fortuna, hotel Mutiara, Whiz Hotel, hotel Grand Zuri dan lain sebagainya.

Peta Lokasi Malioboro

 

Incoming search terms: