Menginap di Hotel Terbaik di Jogja Sebelum Piknik ke Gua Pindul

By | January 2017
tempat wisata alam gua pindul Jogja

Piknik ke pantai bisa dibilang sudah merupakan hal biasa. Mendaki gunung pun bukan lagi sesuatu yang aneh. Namun, menyusuri lorong gua adalah jenis wisata yang menantang dan unik.

Di Indonesia, ada cukup banyak objek wisata berupa gua yang bisa dikunjungi. Salah satu di antaranya adalah Gua Pindul yang terletak di Gunungkidul, Jogja. Posisi Gua Pindul tepatnya di wilayah Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Jika ingin berkunjung ke Gua Pindul, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Jogja. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai destinasi wisata yang populer di kalangan anak muda ini. Supaya agenda piknik ke Gua Pindul lebih efektif, Anda disarankan untuk berangkat pada pagi hari dari Kota Jogja.

Sebelumnya, Anda bisa menginap di salah satu hotel terbaik di Jogja. Temukanlah beragam pilihan akomodasi di Traveloka.

Menikmati Keindahan Stalaktit dan Stalagmit

tempat wisata alam gua pindul

Source: Pixabay.com

Untuk menemukan lokasi Gua Pindul, Anda tidak perlu khawatir. Ada pos-pos khusus yang menyediakan informasi lengkap seputar Gua Pindul di sepanjang jalan mendekati objek wisata yang satu ini. Anda juga bisa menyewa pemandu yang akan mengantarkan Anda langsung ke lokasi wisata.

Letak Gua Pindul memang agak terpencil. Namun, bila Anda ingin mengalami petualangan yang tidak terlupakan, Anda bisa mencari sendiri lokasi tersebut. Sebisa mungkin, bertanyalah kepada orang-orang yang Anda temui di jalan. Niscaya, Anda akan merasakan keramahan masyarakat khas pedesaan yang menyejukkan hati.

Untuk menikmati keindahan Gua Pindul, Anda harus membayar Rp35.000,00 per orang. Setelah membayar tiket, Anda akan diminta mengenakan pelampung. Di lokasi wisata, disediakan ban hitam besar yang bisa Anda pergunakan untuk memudahkan Anda menyusuri Gua Pindul selama kurang lebih setengah jam.

Aktivitas utama yang bisa Anda lakukan saat berada di Gua Pindul adalah menikmati keindahan gua yang dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit. Pada bagian tengah, terdapat sebuah pilar besar yang terbuat dari stalaktit yang menyatu dengan stalagmit. Menurut informasi, pilar ini merupakan stalaktit keempat terbesar di dunia.

Namun, Anda harus tahu bahwa setengah bagian Gua Pindul dialiri oleh air sehingga Anda tidak bisa sekadar berjalan kaki untuk menyusuri gua. Anda harus berenang atau “mengendarai” ban sambil mengenakan pelampung.

Tidak ketinggalan, hanya pemandu yang profesional dan berpengalaman akan mengantar Anda menikmati pemandangan luar biasa di dalam gua. Dengan menyusuri aliran air yang melewati lorong gua sepanjang 350 m, Anda akan dibuat takjub oleh kehebatan ciptaan Tuhan. Tur pun berakhir saat Anda tiba di sebuah bendungan yang berair jernih.

Persiapan Sebelum Berwisata ke Gua Pindul

tempat wisata alam gua pindul Jogja

Source: goapindul.com

Sebelum berwisata ke Gua Pindul, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, antara lain sebagai berikut:

  • Pakaian ganti. Saat menyusuri Gua Pindul, mau tidak mau pakaian Anda pasti akan basah. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan pakaian ganti sebelum berangkat dari hotel.
  • Peralatan mandi dan handuk. Untuk membersihkan diri, Anda bisa mandi di sekitar lokasi Gua Pindul. Tersedia beberapa kamar mandi yang bisa Anda pergunakan.
  • Alas kaki yang tahan air. Jangan menggunakan sepatu yang mudah rusak saat terkena air. Sebaiknya, Anda menyediakan alas kaki berupa sandal atau sepatu gunung yang anti air dan kuat.
  • Jika berencana membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen tersebut, pastikan peralatan Anda sudah terbungkus dengan penutup kedap air sehingga gawai Anda tidak rusak karena tepercik air saat berada di dalam gua.

Rekomendasi Hotel Terbaik

Hotel Eastparc Jogja

Source: traveloka.com

Gua Pindul adalah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Jogja. Agar perjalanan wisata Anda tetap terasa nyaman, Anda sebaiknya memilih salah satu hotel terbaik di Jogja. Kelelahan selama berwisata tentu harus dibayar dengan istirahat yang menyenangkan di hotel terbaik.

Ada beberapa rekomendasi hotel terbaik di Jogja yang bisa Anda pilih. Tiga di antaranya adalah:

  • Hotel Tentrem

Seperti namanya, Anda pasti akan merasa tenteram saat menginap di hotel ini. Letak Hotel Tenteram di Jl. AM. Sangaji No. 72A. Hotel ini menawarkan beragam fasilitas, antara lain layanan pijat, laundry, dan pengering rambut. Layanan seperti inilah yang akan Anda butuhkan sepulang dari berwisata.

  • Eastparc Hotel

Bangunan hotel yang cukup megah ini berada di Jl. Laksda Adisucipto km 6,5. Selain berbagai fasilitas umum, di hotel ini tersedia layanan medis sehingga Anda tetap bisa mengecek kondisi kesehatan, meskipun sedang berada dalam acara wisata.

  • Grand Aston.

Hotel ini terletak di Jl. Urip Sumoharjo Mo. 37. Layanan tambahan yang bisa Anda nikmati saat menginap di Grand Aston adalah spa dan layanan pijat.

Pada momen-momen tertentu, khususnya pada hari libur, Gua Pindul sangat ramai dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, Anda harus bijak menentukan strategi berlibur supaya agenda piknik Anda bisa tetap lancar. Bermalam di salah satu hotel terbaik di Jogja pun merupakan salah satu tips yang bisa membuat perjalanan wisata Anda terasa lebih bermakna.

 

(I B)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *