Menikmati Wisata Kuliner “Narapidana” ala Bong Kopitown di Jogja

By | June 2016
Tempat Wisata Kuliner di Jogja - Menikmati Menu “Narapidana” ala Bong Kopitown

Desain arsitektur rumah makan yang unik biasanya menyediakan menu kuliner spesial dan tidak dimiliki rumah makan pada umumnya. Salah satunya Bong Kopitown. Tempat wisata kuliner di Jogja ini didesain menyerupai sebuah penjara lengkap dengan sipir dan narapidana. Rumah makan bernuansa penjara ini satu-satunya di Yogyakarta dan ada dibeberapa lokasi di Jakarta, menyajikan menu utama kuliner khas Cina peranakan dari Medan dan Singkawang.

Bersantap di Bong Kopitown membuat kita menjadi “narapidana” paling bahagia. Bagaimana tidak, menu kuliner khas Cina disini sangat menggugah selera. Menu utama Nasi Penjara lengkap dengan sayur Cap Cay-nya siap memanjakan lidah dan perut. Sangat kontras dengan kehidupan di penjara yang sesungguhnya.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja - Menikmati Menu “Narapidana” ala Bong Kopitown

Img : G + Aditya Wicaksono

 

Konsep Penjara  Lengkap dengan Sel Tahanan

Begitu memasuki restoran Bong Kopitown suasana muram khas penjara Hongkong era 60-an langsung terasa. Para sipir berjaga membisu di belakang meja kasir, sementara “para napi” lalu-lalang dari satu meja ke meja lainnya. Sekilas suasana nampak mencekam saat kita melihat sel-sel tahanan berwarna hitam, menjadi pembatas antara satu ruang dengan ruangan lain.

Totalitas konsep penjara di tempat wisata kuliner di Jogja ini benar-benar mencolok. Tepat di tengah-tengah ruangan disediakan wooden dummy untuk latihan martial arts, lengkap dengan tangga dan tali untuk melarikan diri. Saat kita mendongak ke atas, kita bisa saksikan ruangan sel para napi. Melangkah ke ruangan non-smoking semakin terlihat sel-sel seolah nyata.

Begitu kita duduk, tak berselang lama salah satu narapidana dengan seragam garis-garis akan menghampiri kita kemudian menyodorkan gulungan Koran “Old Town Post” berisi pilihan menu serta sejarah singkat Bong Kopitown. Begitu kita memilih menu yang kita pesan, selang 10 menit kemudian makanan yang kita pesan sudah siap santap. Jangan heran sebab peralatan makan disini didominasi bahan alumunium layaknya peralatan makan di penjara.

Menu Utama Restoran Bong Kopitown 

Banyak hal yang membuat Bong Kopitown begitu istimewa di mata pengunjung. Selain konsep ruangan yang unik, tempat wisata kuliner di Jogja ini mempunyai koleksi menu ala Cina peranakan yang istimewa. Kita bisa menikmati Nasi Penjara ditambah Cap Cay, atau Penang Fried Noodle yang memiliki citarasa mirip Mie Medan. Isian seafood dan Sapo Tahu-nya benar-benar membangkitkan selera makan.

Menu lain yang tak kalah enak adalah Pontianak Crab Noodle. Menu ini langsung diambil dari Pontianak sehingga citarasa mie-nya benar-benar khas Pontianak. Menu-menu yang disajikan di Bong Kopitown merupakan resep keluarga Bong Chandra yang diwariskan turun-temurun. Selain pengusaha dan pemilik restoran Bong Kopitown, beliau juga terkenal sebagai motivator dan penulis.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja - restoran Bong Kopitown

Img : www.bongkopitown.com

Selain menu-menu di atas juga tersedia menu light meal serta minuman yang pas untuk teman nongkrong. Ada lagi menu asyik Rujak Singkawang lengkap dengan taburan ebi yang gurih, juga menu spesial Classic HK Toast isi selai Peanut Butter, Nuttela, Butter, atau Srikaya.

Tersedia juga aneka minuman yang membuat pengunjung semakin betah di tempat ini seperti Ice Lychee Tea yang terkenal manis menyegarkan. Juga Unripe Mango Ice Shaved rasa asam manis yang siap memuaskan dahaga para pengunjung. Minuman andalan Bong Kopitown yang terakhir yaitu Kopi Tetes. Dengan minuman Kopi Tetes ini pengunjung dijamin bebas dari depresi.

Sepertinya rugi besar jika kita tidak menyempatkan diri mengunjungi “penjara” ala Bong Kopitown, karena hanya Jogja yang memiliki restoran dengan konsep unik seperti ini.

Jam Buka Restoran Bong Kopitown Jogja

Bong Kopitown mulai buka dari 10 pagi hingga jam 12 malam

 Lokasi Restoran Bong Kopitown

Bong Kopitown Jalan Sagan Kidul No.4 (Depan Lembaga Indonesia Perancis/ Sebelah Hotel Sagan Huis) Yogyakarta

 

Peta Lokasi Restoran Bong Kopitown Jogja

Video Liputan Restoran Bong Kopitown Jogja

Video Liputan Restoran Bong Kopitown Jogja – NET News (Sumber : Youtube)

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *