Pesona Pantai Wediombo Jogjakarta Yang Terlindung Perbukitan Karang

By | November 2016
pantai-wediombo-jogjakarta-1

Mendengar nama sebuah pantai yang menjadi salah satu tempat wisata di Jogjakarta bernama pantai Wediombo, mungkin akan muncul sebuah bayangan tentang pantai dengan hamparan pasir putih yang luas.

pantai-wediombo-jogjakarta

Img : dislautkan.jogjaprov.go.id

Pantai bernama Wediombo tersebut asal katanya dari kata wedi (bahasa Jawa) yang berarti pasir dan ombo yang berarti lebar. Namun sebenarnya pantai tersebut tak seluas pantai Parangtritis atau pantai-pantai lain di Jogja, karena bagian barat dan timur pantai ini dibatasi oleh Bukit Karang.

Pantai ini lebih tepat bernama teluk Ombo sebab keadaan pantai memang menyerupai teluk yang lebar, batu karang yang mengapit air laut yang menjorok ke daratan namun memiliki luas yang lebih lebar dibanding Teluk biasa

Tetapi terlepas dengan soal nama yang kurang tepat, pemandangan pantai yang indah dan unik itu memang menarik untuk dikunjungi. Bahkan ada sebagian masyarakat yang menganggap pantai ini merupakan salah satu lokasi surfing terbaik di Jogja.

Pantai wediombo yang berada Kecamatan Girisubo, Gunungkidul ini berbeda dengan pantai-pantai lain di seputar Jogjakarta. Walaupun berada di sepanjang Pantai Selatan Gunungkidul pantai ini satu-satunya pantai yang tidak menghadap ke selatan melainkan menghadap ke barat.

Karena Lokasi pantai berada dibawah permukaan rata-rata tanah sekitar, Sehingga untuk mencapai lokasi pantai tersebut para pengunjung harus turun melewati puluhan anak tangga terlebih dahulu.

Kolam renang alami pantai wediombo

Image : twitter.com/jogja24jam

Kolam Renang Alami Pantai Wediombo

Dengan air laut yang masih biru, hamparan pasir dihiasi cangkang cangkang ditinggalkan kerangnya dan formasi karang raksasa menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu pantai Wediombo juga memiliki sebuah “kolam renang” alami yang selain dijadikan tempat berenang, juga sering dijadikan lokasi untuk memancing ikan oleh pengunjung. Lokasi “kolam renang” ini berada di pinggir pantai dan dipisahkan oleh batu karang.

Fasilitas Pantai Wediombo

Dilokasi wisata pantai Wediombo sudah tersedia toilet dan kamar mandi yang bersih dan terawat. Untuk Beribadah umat muslim pengelola pantai Wediombo juga sudah menyediakan mushola kecil di sana, lengkap dengan beberapa mukena dan sarung.

Untuk memanjakan perut para pengunjung, di sepanjang  pantai tersedia banyak warung makan yang menyajikan beraneka  menu dan masakan ikan laut. Beberapa makanan khas Gunung Kidul pun tersedia disana, seperti tiwul dan belalang goreng.

Namun sayangnya masih belum ada penginapan disekitar pantai Wediombo, sehingga untuk bisa bermalam dilokasi pantai ini harus membawa tenda sendiri.

Tiket Masuk Pantai Wediombo

Kawasan Pantai Wediombo buka setiap hari dengan harga tiket masuk Rp 5.000/orang. setahun sekali kawasan Pantai tersebut ditutup bagi wisatawan ketika penduduk setempat melakukan ritual Ngalangi, yaitu ritual melarung berbagai macam hasil laut yang sudah mereka dapatkan sebagai wujud rasa syukur kepada sang pencipta.

Rute Jalan Menuju Lokasi

Pantai Wediombo berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Akses menuju pantai tersebut cukup mudah karena walaupun merupakan jalan kecil tapi sudah diaspal halus. Dari Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung Kidul berjarak sekitar 30 kilometer ke arah selatan. Kira-kira sekitar 45 menit perjalanan dari Wonosari atau kira-kira sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja. Dari Wonosari sudah banyak terdapat papan petunjuk yang menunjukan arah ke pantai Wediombo, sehingga memudahkan wisatawan untuk mencapai pantai itu.

Jika berangkat ke lokasi sejak pagi, mungkin masih ada waktu untuk mengunjungi juga beberapa pantai lain dekat pantai Wediombo, seperti pantai Watu Lumbuk, pantai Nglambor, pantai Greweng dan lain-lain,

Peta Lokasi Pantai Wediombo

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *