Rahasia Kopi Joss Khas Kawasan Wisata Kuliner Angkringan Jogjakarta

By | September 2015
kopi joss kawasan wisata angkringan Tugu Jogjakarta

Jogjakarta tidak hanya mempunyai banyak tempat wisata yang menarik, namun tidak sedikit obyek yang unik mengundang kedatangan banyak orang dan membuatnya menjadi obyek wisata, termasuk wisata kuliner.

Salah satu kuliner unik yang merubah kawasan utara stasiun Tugu Jogjakarta menjadi kawasan wisata adalah sajian kopi joss.

Kawasan utara stasiun itu sekarang menjadi kawasan wisata kuliner angkringan yang cukup populer di Jogjakarta.

Angkringan itu sendiri adalah semacam tempat makan yang menyediakan nasi kucing sebagai ciri khasnya serta berbagai macam makanan khas angkringan lainnya, seperti baceman tahu, tempe, sate telur puyuh, sate kikil, brutu, gorengan dan lain-lain.

kopi joss kawasan wisata angkringan Tugu Jogjakarta

Bara arang di masukkan kedalam minuman kopi joss di kawasan wisata angkringan Tugu Jogjakarta | img : liputan6.com

Nasi kucing sebagai menu khas angkringan berupa nasi porsi kecil dengan sambel dan ikan bandeng atau ikan teri yang dibungkus dengan daun pisang berlapis kertas. Selain nasi dengan ikan bandeng, ada juga nasi dengan oseng-oseng tempe.

Jaman dulu angkringan menggunakan 2 bakul yang dipikul dengan bambu, namun sekarang kebanyakan menggunakan gerobak yang berbentuk khas terbuat dari kayu.

Keunikan pedagang di kawasan wisata angkringan ini masih menggunakan 2 bakul yang dipikul seperti jaman dulu.

Suasana santai sebuah angkringan sebagai tempat nongkrong, menjadi istimewa dengan sajian kopi joss khas angkringan di kawasan tersebut. Ternyata ada rahasia tersendiri kenapa kopi joss khas kawasan wisata angkringan mempunyai aroma serta cita rasa yang harum, lezat dan mantap.

Minuman Istimewa Kopi Joss

Kopi joss merupakan minuman kopi yang disajikan dengan arang membara yang dimasukkan kedalamnya. Bahan kopi yang digunakan merupakan kopi terbaik yang diolah dan diproses secara tradisional. Disangrai dan ditumbuk dengan cara tradisional dipercaya mampu menjaga aroma dan rasa asli kopi tersebut.

Air yang digunakan untuk menyeduh kopi merupakan air yang masih mendidih yang dimasak dengan ceret diatas tungku arang. Penggunaan arang untuk memasak air menghasilkan cita rasa dan aroma yang berbeda dibanding dengan menggunakan kompor minyak atau gas. Arang yang digunakan untuk memasak air ini juga yang akan dimasukkan kedalam minuman kopi joss.

Bara arang yang dicampurkan kedalam kopi ini semakin membuat cita rasa serta aroma minuman kopi yang khas, lebih nikmat dan mantap.

Penambahan bara arang pada kopi joss ternyata bukan hanya untuk sekedar unik dan sensasional, namun arang tersebut berguna untuk mengikat atau mengurangi kadar kafein yang terdapat dalam kopi, sehingga efek negatif kafein bagi tubuh bisa dikurangi.

Dengan bubuk kopi yang lebih banyak pada minuman tanpa kadungan kafein yang berlebihan menjadikan kopi joss terasa lebih nikmat dan mantap, sehingga tidak mengherankan jika sajian kopi joss yang sudah ada sejak tahun 70 an itu, tetap diburu para pecinta kopi hingga sekarang.

Banyaknya orang yang datang untuk menikmati suasana santai dan para pecinta kopi yang ingin menikmati sajian kopi joss yang mantap membuat kawasan wisata angkringan tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung.

Lokasi Wisata Kuliner Angkringan Stasiun Tugu

Untuk mencapai lokasi kawasan wisata angkringan ini cukup mudah. Dari perempatan Tugu Yogyakarta lurus ke selatan menuju Jl. Mangkubumi ( ke arah jalan Malioboro). Jika menggunakan mobil, sekitar 500 meter sebelum pintu palang rel kereta api sebaiknya mulai mencari parkiran, karena disekitar palang perlintasan kereta atau didepan stasiun tidak ada tempat parkiran. Dari situ berjalan kaki ke selatan hingga bertemu jalan satu arah yang bersimpangan dengan jalan Mangkubumi. Persis di utara tembok pagar stasiun Tugu akan terlihat deretan warung angkringan.

Peta Lokasi Wisata Kuliner Angkringan Stasiun Tugu

Liputan Wisata Kuliner Pak Bondan Angkringan Jogja

Video Liputan Wisata Kuliner Pak Bondan Angkringan Jogja di Trans TV, By Komunitas Video Indonesia (Sumber : youtube)

Incoming search terms:

One thought on “Rahasia Kopi Joss Khas Kawasan Wisata Kuliner Angkringan Jogjakarta

  1. Pingback: Seputar Jogjakarta - 7 Tempat Wisata Kuliner Menarik Di Jogjakarta  - Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *