Tempat Wisata Alam di Jogja

By | February 2016
Tempat wisata di Jogja Goa Pindul

Bicara tentang tempat wisata alam di Jogja seperti tak ada habisnya mengingat hampir setiap daerah di wilayah Yogyakarta memiliki aset wisata alam populer. Sebut saja Kebun Buah dan Hutan Pinus Mangunan di Bantul, Goa Pindul dan Pantai Baron di Gunungkidul, Embung Tambakboyo di Sleman dan ratusan wisata alam lainnya di Jogja.

Menikmati keindahan tempat wisata alam di Jogja adalah pengalaman tak terlupakan dimana perpaduan panorama indah dan nuansa alam nan asri mampu mengembalikan semangat ditengah padatnya aktivitas. Liburan ke Jogja memang tepat, banyak opsi wisata alam yang bisa kita kunjungi bersama teman atau keluarga sambil menikmati wisata kuliner khas Jogja.

Kebun Buah Mangunan Bantul

Tempat wisata alam di Jogja , Kebun Buah MangunanTempat wisata Kebun Buah Mangunan terletak di Kabupaten Bantul tepatnya di Desa Mangunan Kecamatan Dlinggo. Jaraknya sekitar 35 km dari pusat kota Jogja atau 15 km dari kota Bantul. Lokasi wisata ini berada diketinggian 150-200 Mdpl yang dibangun pada tahun 2003 silam.

Titik ketinggian tersebut membuat kawasan Kebun Buah Mangunan ini terasa sangat sejuk. Di lokasi pengunjung dapat melihat kota Bantul dan Pantai Parangtritis dari kejauhan. Masih di lokasi yang sama kita bisa menyaksikan keelokan Sungai Oya yang terlihat sangat curam dari ketinggian. Fasilitas dan wahana yang disediakan juga sangat lengkap seperti Jembatan Goyang, Bumi Perkemahan, Reflying, Flying Fox, Area Outbond, dan lain-lain.

Tempat wisata alam di Jogja Goa PindulGoa Pindul Gunungkidul

Tempat wisata Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran I – Desa Bejiharjo – Kecamatan Karangmojo – Kabupaten Gunungkidul. Goa ini mempunyai lebar 5 meter dan panjang tak kurang dari 300 meter. Didalam Goa Pindul terdapat satu bagian terluas sehingga menyerupai kolam, juga celah yang cukup lebar sehingga dapat tertembus sinar matahari.

Aliran air dalam Goa Pindul cukup tenang sehingga lokasi ini cocok untuk aktivitas Cave. Cave hampir mirip dengan rafting (arung jeram) yaitu aktivitas menyusuri aliran air dalam goa menggunakan ban. Cave cenderung lebih aman dan bisa dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Meski begitu pihak pengelola juga menyediakan jasa Guide untuk aktivitas Cave ini.

tempat wisata alam di Jogja Embung TambakboyoEmbung Tambakboyo Sleman

Embung Tambakboyo terletak di Jalan Tambakboyo Desa Condongcatur – Kecamatan Condongcatur – Kabupate Sleman. Tempat wisata ini sejatinya adalah sebuah waduk yang posisinya diapit oleh 3 desa yaitu Desa Condongcatur, Desa Maguwo, dan Desa Wedomartani. Pembangunan Embung Tambakboyo sendiri memakan waktu sekitar 5 tahun yaitu antara tahun 2003 – 2008.

Selain difungsikan sebagai sarana pengairan dan cadangan air PDAM, tempat ini juga menjadi salah satu tempat rekreasi populer di Jogja. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung seperti memancing atau berolahraga sambil menikmati pemandangan yang indah. Bagi yang datang dari luar kota, disekitar lokasi juga disediakan penginapan dan hotel dengan tarif murah.

Tempat wisata alam di Jogja Curug Sidoharjo KulonprogoCurug Sidoharjo Kulonprogo

Air terjun atau Curug Sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo – Kecamatan Samigaluh – Kabupaten Kulonprogo. Curug Sidoharjo termasuk salah satu air terjun paling populer di Yogyakarta karena memiliki ketinggian tak kurang dari 75 meter. Untuk mencapai lokasi ini cukup menantang karena akses jalan yang cenderung ekstrim.

Tak hanya air terjun yang jernih dari ketinggian, wisata Curug Sidoharjo semakin menarik dengan hamparan bunga-bunga disekitarnya. Belum lagi sepanjang perjalanan terlihat hamparan lahan pertanian dan gugusan Gunung Menoreh nampak samar dari kejauhan. Sungguh suasana yang sulit didapat terutama oleh kita yang selalu sibuk sitengah hiruk-pikuk kota.

Mungkin selama ini berlibur ke Yogyakarta fokus kita hanya Jalan Malioboro, Keraton Jogja, Candi Prambanan, atau Pantai Parangtritis. Namun dengan 4 tempat wisata alam di Jogja diatas tentu semakin banyak pilihan destinasi wisata yang bisa kita kunjungi di kota Gudeg ini.

 

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *