Tempat Wisata Alam di Jogja : Curug Sidoharjo Kulonprogo

By | March 2016
Tempat Wisata Alam di Jogja Curug Sidoharjo Kulonprogo

Membelah belantara sambil menikmati tempat wisata alam di Jogja adalah aktivitas menyenangkan sekaligus menantang. Ini juga yang akan kita rasakan ketika melakukan perjalanan menuju Curug Sidoharjo Kulonprogo. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang alami, asri, dan belum tersentuh polusi.

 

Air Terjun Sidoharjo atau lebih populer dengan sebutan Curug Sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo – Kecamatan Samigaluh – Kabupaten Kulonprogo. Curug Sidoharjo termasuk salah satu wisata air terjun terkenal di Yogyakarta karena mempunyai ketinggian tak kurang dari 75 meter. Terletak di hutan alami, di lokasi ini masih banyak populasi satwa liar termasuk monyet ekor panjang yang sering bergelantungan disekitar air terjun.

Tempat Wisata Alam di Jogja Curug Sidoharjo Kulonprogo

Rute Perjalanan ke Curug Sidoharjo

Berbeda dengan obyek wisata lain yang bisa dikunjungi setiap waktu, Curug Sidoharjo umumnya hanya dikunjungi pada pertengahan musim penghujan. Pasalnya jika musim kemarau aliran air terjun akan kering. Tempat wisata alam di Jogja ini masih belum dikelola dengan benar oleh pemerintah ataupun swasta sehingga tidak ada pungutan retribusi atau biaya apapun.

Meskipun bisa ditempuh dengan kendaraan motor dan mobil namun semua kendaraan tidak bisa langsung sampai di Curug Sidoharjo. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 5 km dari perempatan Pasar Dekso di Desa Sidoharjo. Dari perempatan tersebut kita mengambil arah ke MTSn Sidoharjo, dari sini kita ikuti jalan menanjak ke kiri. Setelah sekitar 500 meter kita akan sampai di rumah Kepala Dusun. Disini biasanya para pengunjung Curug Sidoharjo memarkir kendaraan.

Tempat Wisata Alam di Jogja Curug Sidoharjo Kulonprogo 2

Dari rumah Kepala Dusun kita masih harus berjalan kaki kurang lebih 300 meter lagi melewati jalan setapak. Dari perjalanan inilah sebenarnya keindahan alam Sidoharjo mulai nampak. Sepanjang jalan kita bisa menikmati hijaunya area persawahan dengan latar belakang perbukitan. Mungkin kita hanya perlu hati-hati karena tanah disini termasuk jenis tanah liat sehingga cukup licin ketika dilewati.
Bagian kiri jalan dibuat saluran irigasi yang bersumber dari mata air yang sama dengan Curug Sidoharjo. Karena merupakan air resapan tanah asli maka aliran air terlihat sangat jernih. Air yang melimpah ruah tersebut juga digunakan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari. Setelah melewati area persawahan terlihat hamparan hijau berbagai jenis tanaman serta aneka bunga yang tumbuh liar. Sesaat sebelum sampai di Curug Sidoharjo terlihat tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Tempat Wisata Alam di Jogja Curug Sidoharjo Kulonprogo 3

Aktivitas di Curug Sidoharjo

Begitu sampai dilokasi kita akan dibuat tercengang dengan tebing setinggi 75 meter dengan air yang mengalir begitu deras ke bawah. Perjalanan yang mungkin melelahkan akan terbayar lunas dengan segarnya air terjun. Ya, disini kita bisa mandi dan bermain air sepuasnya sembari menyaksikan suara alam yang mendendangkan kedamaian. Suasana yang tidak mungkin kita dapatkan diperkotaan yang lebih didominasi polusi yang menyesakkan.
Jika naik dari salah satu sisi ke atas Curug Sidoharjo, kita akan mendapati pemandangan yang lebih indah lagi. Namun untuk menuju kesana tidak mudah. Selain jalurnya cukup terjal banyak anjing liar disepanjang jalur ini. disarankan tidak pergi sendirian terutama bagi yang takut anjing. Dari atas pemandangan tampak lebih luas dan indah saat kita edarkan pandangan ke bawah.

Waktu yang tepat berwisata ke Curug Sidoharjo yaitu bulan Maret sampai April. Dibulan-bulan tersebut aliran air cukup deras. Jangan lupa membawa bekal makan dan minum sendiri karena di lokasi dan sekitarnya tidak ada satupun penjual makanan di lokasi wisata ini.
Begitu banyak tempat wisata alam di Jogja yang menawarkan eksotika dengan keindahan alami, salah satunya Curug Sidoharjo ini. Diharapkan pada Pemkab setempat atau pihak swasta untuk turun tangan mengelola lokasi wisata ini supaya keberadaannya lebih populer lagi.

Peta Lokasi Curug Sidoharjo Kulonprogo


(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *