Tempat Wisata Alam di Jogja : Embung Tambakboyo Sleman

By | March 2016
Tempat Wisata Alam di Jogja Embung Tambakboyo Sleman 3

Banyak pilihan tempat wisata alam di Jogja jika kita ingin menikmati segarnya udara pagi dan sejuknya hembusan angin senja. Ada tempat wisata Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan, atau Embung Tambakboyo yang sama-sama akan kita kunjungi kali ini. Embung Tambakboyo sejatinya adalah sebuah waduk buatan, namun karena memiliki panorama yang indah, tempat ini kadang beralih fungsi menjadi tempat wisata.

Tempat Wisata Alam di Jogja Embung Tambakboyo Sleman 1

Embung Tambakboyo terletak tak jauh dari Ring Road Utara di daerah Condongcatur Sleman. Atau lebih tepatnya berada diantara 3 desa yaitu Desa Condongcatur, Desa Maguwo, dan Desa Wedomartani. Dibangun antara tahun 2003 – 2008, tempat wisata alam di Jogja ini mempunyai luas tak kurang dari 7,8 Ha dengan kapasitas air mencapai 400 ribu meter kubik. Fungsi utama waduk buatan ini adalah untuk resapan air, sarana irigasi, juga untuk cadangan air PDAM untuk masyarakat Sleman, Bantul, dan sekitarnya.

Aktivitas di Embung Tambakboyo

Waktu yang tepat berkunjung ke Embung Tambakboyo adalah pagi dan sore. Tak hanya menyajikan pemandangan yang indah namun tempat ini juga cocok untuk kegiatan olahraga. Setiap pagi remaja-remaja berkumpul untuk berolahraga. Menjelang sore hari banyak yang duduk-duduk di pinggir waduk sambil menikmati temaram senja. Bahkan tak jarang ada yang bersepeda, berlari, dan mendayung kano.

Tempat Wisata Alam di Jogja Embung Tambakboyo Sleman 2

Akktivitas yang tak kalah menyenangkan yaitu memancing. Di Embung Tambakboyo memang terdapat berbagai jenis ikan terutama jenis ikan Nila. Namun banyak juga jenis ikan lain seperti Ikan gabus, Ikan Bawal, Ikan Nila, Ikan Lele, dan lain-lain. Aktivitas memancing ini tidak hanya dilakukan oleh penduduk sekitar, namun juga pengunjung dari luar kota yang berlibur di Yogyakarta.

Biasanya pengunjung melakukan kegiatan memancing pada pagi hari antara jam 05.00 – 10.00 Wib, siang hari antara jam 15.00 – 18.00 Wib, dan malam hari antara jam 20.00 – 01.00 Wib. Umumnya mereka mempunyai area favorit masing-masing di Embung Tambakboyo. Disekitar lokasi juga terdapat banyak warung makan. Tentunya dengan harga relatif terjangkau.

Akses Menuju Lokasi Embung Tambakboyo

Berbeda dari tempat wisata alam di Jogja lainnya, Embung Tambakboyo sedikit tersembunyi dibalik perkampungan penduduk sehingga cukup sulit menemukan lokasinya. Pintu masuk ke lokasi juga harus melewati perumahan warga. Untuk menuju Embung Tambakboyo kita bisa mengggunakan 2 jalur, yang pertama melalui Pasar Condongcatur dan alternatif kedua lewat perempatan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta.

Tempat Wisata Alam di Jogja Embung Tambakboyo Sleman 3

Untuk mencapai jalur Pasar Condongcatur maupun UPN terlebih dulu kita harus melewati Ring Road Utara. Menggunakan kedua jalur tersebut jauh lebih mudah karena tidak terlalu banyak tikungan. Misalnya dari perempatan UPN kita tinggal belok ke Utara sekitar 1 km, selanjutnya masuk perumahan MBS. Dari perumahan MBS selanjutnya lurus ke arah Utara sampai ujung jalan. Berikutnya belok ke kanan kurang lebih 300 meter maka kita sudah sampai di pintu masuk Embung Tambakboyo.

Harga Tiket Masuk Embung Tambakboyo

Loket retribusi wisata Embung Tambakboyo dikelola secara swadaya oleh warga sekitar. Jika dilihat dari tempatnya yang sangat indah dan fasilitas-fasilitas yang disediakan, biaya retribusi ke lokasi wisata ini sangat murah. Untuk sepeda besar hanya Rp. 1000, sepeda motor Rp. 2000, dan mobil Rp. 3000.

Menikmati tempat wisata alam di Jogja bisa dilakukan dengan cara apa saja. Termasuk mengunjungi Embung Tambakboyo dengan panoramanya yang indah dan udara yang sejuk alami. Ingin menikmati waduk buatan yang tak kalah menarik lainnya? Silahkan datang ke Gunungkidul Yogyakarta. Disana terdapat lokasi wisata Embung Srinten yaitu sebuah waduk buatan di ketinggian 800 Mdpl dengan pemandangan alam yang eksotis.

 

Peta Lokasi Embung Tambakboyo


(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *