Tempat Wisata Alam di Jogja : Menikmati Sejuk Alam Jogja  di Air Terjun Sri Gethuk

By | May 2016
Tempat Wisata Alam di Jogja - Menikmati Sejuk Alam Jogja  di Air Terjun Sri Gethuk 1

Amerika mempunyai wisata air terjun populer Grand Canyon yang terletak di Arizona. Namun untuk menikmati keindahan air terjun serupa kita tidak perlu jauh-jauh kesana. Tempat wisata alam di Jogja, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul terdapat wisata air terjun yang konon disebut-sebut Grand Canyon-nya Indonesia. Namanya Air Terjun Sri Gethuk. Sebuah fenomena yang terbentuk dari aliran sungai yang membelah tebing tinggi, untuk kemudian menciptakan air terjun yang luar biasa indah.

Jika mayoritas wisata air terjun di Indonesia hanya bisa dinikmati saat musim hujan, Air Terjun Sri Gethuk ini tidak kenal musim. Dengan kata lain meskipun masuk musim kemarau panjang sekalipun, debit airnya tidak mengalami perubahan. Tetap mengalir tanpa henti.

Menyatu dengan Alam di Sungai Oya

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai petualangan ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk melintasi Sungai Oya. Saat panas matahari belum begitu menyengat, perjalanan lebih menyenangkan membelah sungai Oya yang tenang sambil memandang hijau belukar dan perdu liar di tepian sungai. Sementara tebing-tebing karst menjulang menaungi apapun yang ada disekitar sungai. Percikan air diantara rakit yang melaju pelan, menciptakan nuansa damai di hati bersama nyanyian alam.

Setelah 15 menit menyatu dengan alam di Sungai Oya, indahnya Air Terjun Sri Gethuk sudah terpampang di depan mata. Gemuruh suara khas air terjun mengggelitik telinga seolah memanggil untuk segera membaur didalamnya. Terlihat bebatuan tersusun secara alami di bawah air terjun lebih mirip tepi kolam renang di tempat-tempat mewah.

Begitu menceburkan diri ke bawah air terjun, sengatan rasa sejuk begitu cepat mengalir seiring limpahan air jernih yang mengguyur tubuh. Ketika kita berkunjung pagi hari di musim hujan, besar kemungkinan kita bisa menyaksikan pelangi di atas Air Terjun Sri Gethuk ini. Fenomena alam yang mungkin akan mengingatkan kita pada sebuah dongeng sebelum tidur tentang bidadari berselendang pelangi.

Petualangan Melalui Jalur Darat

Selain dengan melintasi Sungai Oya, ada opsi lain untuk menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk, yaitu menggunakan motor atau mobil membelah hutan kayu putih milik Perhutani. Dari Wonosari menuju Dusun Menggoran, kita harus melewati beberapa tipe jalan mulai jalan yang hanya terbuat dari susunan batu hingga yang sudah beraspal halus.

Setelah melewati hutan kayu putih, berikutnya kita harus menaklukkan hutan jati yang berdiri rapat. Tak lama kita akan sampai di area parkir yang sekaligus difungsikan sebagai area pemancingan.

Selanjutnya perjalanan menuju Air terjun Sri Gethuk hanya bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki. Sepanjang trekking kita akan ditemani hamparan sawah milik petani serta lambaian nyiur kelapa yang tumbuh subur di atas pematang sawah.

Peta Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Alamat Air Terjun Sri Gethuk : Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Rute ke Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Apabila perjalanan kita awali dari pusat Kota Jogja kita ambil rute Yogyakarta – Wonosari ke arah Tenggara. Setelah satu jam lebih perjalanan kita akan sampai di pertigaan Gading. Perhatikan papan penunjuk arah, lalu ambil arah ke Desa Playen. Begitu sampai di Playen kita bisa melihat petunjuk arah ke lokasi Air terjun Sri Gethuk berikutnya, serta petunjuk arah ke lokasi-lokasi wisata lain.

Infrastruktur menuju tempat wisata di Jogja yang satu ini sebagian memang masih ekstrim. Jalanan berbatu yang kondisinya cukup buruk justru membuat perjalanan sedikit tersendat dan mungkin lebih lambat dari yang diperkirakan. Disarankan untuk memilih jalur beraspal meskipun jaraknya lebih jauh. Selain lebih aman, kondisi jalan yang mulus justru membantu kita untuk lebih cepat sampai di lokasi.

Video Air Terjun Sri Gethuk

Video keindahan tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk, By Channel Biroe (sumber : Youtube)

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *