Tempat Wisata Alam di Jogja : Pantai Nglambor Spot Terbaik untuk Snorkeling

By | May 2016
Tempat Wisata Alam di Jogja - Pantai Nglambor Spot Terbaik untuk Snorkeling

Kepopuleran Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Sundak, Pantai Siung, ataupun Pantai Jogan tak membuat Gunungkidul berhenti menunjukkan potensi sebagai daerah dengan wisata pantai terbanyak di Yogyakarta. Kemunculan Pantai Nglambor yang baru diresmikan tahun 2015 lalu menjadi salah satu bukti bahwa dominasi tempat wisata alam di Jogja masih dipegang oleh Kabupaten Gunungkidul.

Letaknya yang berada di tengah-tengah antara pantai Siung dan Pantai Jogan membuat Pantai Nglambor seolah sebuah surga wisata tersembunyi.

Bentuknya lebih mirip Teluk yang diapit perbukitan tanpa sadar membuat kita berdecak kagum dengan pemandangan alam pantai yang mempesona.

Keindahanan alam Pantai Nglambor ini tentu saja menjanjikan popularitas yang tak akan kalah dengan pantai lain disepanjang garis pantai Selatan di Gunungkidul.

Perjalanan ke Pantai Nglambor

Berada di Desa Purwodadi – Kecamatan Tepus – Kabupaten Gunungkidul, kita harus menempuh perjalanan sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Akses jalan yang bisa dikatakan buruk memaksa perjalanan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. Bagi pengunjung yang membawa mobil harus parkir di area berjarak 1 kilometer dari bibir pantai. Dari area parkir mobil biasanya pengunjung hanya berjalan kaki atau menyewa jasa ojek agar lebih cepat sampai di Pantai Nglambor.

Bagi pengunjung yang membawa motor juga harus hari-hati. Rute jalan yang naik turun dan berbatu tajam membuat perjalanan benar-benar ekstrim dan melelahkan. Hampir tidak ada jalan mulus untuk dilewati. Belum lagi jurang yang cukup terjal disamping kiri dan kanan jalan membuat pengendara harus ekstra waspada. Motor harus dalam kondisi seimbang dan bila perlu berhenti untuk kembali memulihkan konsentrasi.

Video Keindahan Pantai Nglambor Jogja

Video Keindahan Pantai Nglambor Jogja, liputan Double Two Studio (sumber : youtube)

Spot Terbaik untuk Snorkeling

Setelah perjalanan yang cukup menguras stamina, akhirnya Pantai Nglambor yang indah terlihat di depan mata. Sebuah pantai diantara pulau-pulau kecil serta batu karang terlihat sangat menawan di bawah cerahnya langit. Beberapa menit menuruni pantai kita akan disambut pos dengan tulisan Nglambor Lestari. Pos ini selain berfungsi sebagai pusat informasi sekaligus juga persewaan peralatan renang dan snorkeling.

Pantai Nglambor memiliki air jernih kebiruan dengan dua buah pulau karang yang berdiri kokoh sebagai penahan gempuran ombak. Pemandangan rumput laut, ikan warna-warni, dan aneka biota laut lainnya semakin menyempurnakan keindahan alam pantai ini. Berbeda dari kebanyakan pantai Selatan yang ombaknya besar dan ganas, justru Pantai Nglambor memiliki perairan yang dangkal. Hal ini membuat para wisatawan lebih leluasa berenang bahkan melakukan snorkeling dengan aman.

Meski bisa dikatakan aman namun pengunjung harus mengikuti apa yang direkomendasikan petugas pantai. Saat air pasang intensitas ombak di Pantai Nglambor cenderung meningkat sehingga cukup berbahaya untuk aktivitas snorkeling.

Bagaimanapun juga pantai ini berada satu garis dengan pantai-pantai di pesisir Selatan Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Seperti kita tahu karakter ombak di pantai Selatan terkenal besar dan ganas.

Menjelang senja adalah waktu yang tepat untuk menyelam di air dangkal atau snorkeling. Bagi yang tidak membawa peralatan snorkeling bisa menyewa di pos informasi di tepi pantai. 1 set lengkap alat snorkeling disewakan Rp. 35 ribu saja, termasuk didalamnya ada sepatu karet, snorkel, dan masker.

Peta Lokasi Pantai Nglambor

Pantai Nglambor : Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Rute ke Lokasi Pantai Nglambor

Dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Nglambor memakan waktu sekitar 2 – 2,5 jam. Perjalanan bisa dimulai dari Jogja menuju Piyungan ke arah Wonosari. Dari kota Wonosari kita ambil arah ke Pantai Baron (sekitar 9 km) hingga sampai ke pertigaan Desa Mulo. Di pertigaan ini selanjutnya kita ambil arah ke kiri jurusan Mentel, kemudian ke Bintaos lalu Kecamatan Tepus. Dari Tepus selanjutnya ke pertigaan Winangun lalu belok kanan. Ikuti jalan tersebut hingga kembali sampai di pertigaan, lalu belok kanan ke Pantai Nglambor.

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *