Tempat Wisata Alam di Jogja : Petualangan Seru di Goa Jomblang

By | May 2016
Tempat Wisata Alam di Jogja - Petualangan Seru di Goa Jomblang

Tempat wisata alam di Jogja memang identik dengan tantangan dan petualangan. Setelah pendakian yang menguras stamina ke puncak Gunung Nglanggeran Gunungkidul, berikutnya giliran Goa Jomblang yang bakal menguji adrenalin kita. Ya, masih berada di kawasan Gunungkidul Yogyakarta, kita akan berpetualang menyusuri Goa Jomblang yang konon terkenal sangat ekstrim.

Sedikit history mengenai Goa Jomblang, bisa dibilang goa ini merupakan goa vertikal jenis Collapse Doline, yang konon terbentuk dari amblasnya tanah yang terjadi jutaan tahun lalu. Reruntuhan tanah dari fenomena alam tersebut pada akhirnya membentuk sebuah Sinkhole (seperti sumur besar menganga) yang kemudian oleh masyarakat sekitar disebut Luweng. Mulut Goa Jomblang yang mirip sumur ini cukup lebar sehingga kemudian populer dengan sebutan Luweng Jomblang.

Caving di Goa Jomblang

Begitu sampai di lokasi mungkin kita semakin tidak sabar untuk memulai petualangan di Goa Jomblang. Tapi tunggu dulu, untuk petualangan yang benar-benar dahsyat menuju dasar goa kita harus membuat perhitungan terlebih dulu sebelum berangkat, terutama terkait masalah biaya.

Benar, untuk menelusuri dasar Goa Jomblang kita wajib menyiapkan budget minimal Rp. 500.000 untuk berbagai keperluan, diantaranya biaya guide, sewa peralatan, soft drink, air mineral, makan siang, juga termasuk biaya antar jemput dari Wonosari ke Goa Jomblang di Desa Semanu. Yang harus jadi catatan, jika datang berombongan dibatasi hanya 25 orang saja, sebab untuk sekali masuk goa maksimal 25 orang saja yang diperbolehkan.

Tak hanya keberanian namun bagi kita yang berniat masuk ke Goa Jomblang sebaiknya menguasai teknik Single Rope Technique atau tali Tunggal. Untuk itu jika ingin caving disini wajib mengenakan peralatan khusus yang memenuhi standar keamanan caving. Bagi pengunjung yang tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan teknik caving disediakan jasa pendamping supaya keamanannya terjamin.

4 Tempat Wisata Alam di Jogja Terfavorit - Goa Jomblang

Img : www.yogya-backpacker.com

Hamparan Hutan Teduh di Bawah Tanah

Kedalaman Goa Jomblang dari bibir goa mulai dari 40 meter hingga yang paling dalam 80 meter.

Bagi yang baru pertama menjajal adrenalin di goa vertikal ini sebaiknya mencoba yang paling dangkal terlebih dahulu. Lintasan paling dangkal atau paling pendek ini bernama Lintasan VIP. Lintasan ini lebih mudah ditelusuri karena pada 15 meter pertama masih berupa slope sehingga bisa ditaklukkan dengan berjalan kaki. Namun memasuki 25 meter terakhir harus menggunakan tali untuk mencapai dasar goa paling dangkal.

Bergelayut dengan tali menuju dasar goa diantara dinding goa yang terjal mungkin pengalaman paling mendebarkan bagi kita. Namun sampai di dasar goa semua seolah terbayar tuntas oleh pemdangan yang sangat mengagumkan. Dari dasar Goa Jomblang ini kita dapat menyaksikan hamparan hutan hijau indah nan luas. Sungguh kondisi yang kontras dengan bukit karst dan dan pohon-pohon jati meranggas di musim kemarau diatas sana.

Semak-semak, tumbuhan paku-pakuan, hingga beragam lumut alami tumbuh begitu subur. Belum lagi pepohonan yang rapat berdiri kokoh semakin memperkuat betapa perkasanya alam, yang membiarkan vegetasi hutan terus tumbuh subur semenjak peristiwa amblasnya tanah di masa lalu.

Dari dasar goa petualangan bisa kita lanjutkan ke Luweng Grumbung yang dihubungkan dengan lorong sempit sepanjang 300 meter.

Selama menyusuri lorong ini kita bisa menyaksikan Stalagmit, Stalagtit, serta Batu Kristal sebagai bentuk keindahan Goa Jomblang dari sisi yang lain. Sejurus kemudian kita akan dibuat terpesona dengan cahaya terang ditengah aliran sungai, membentuk sebuah tiang cahaya yang menerangi dasar goa.

Peta Lokasi Goa Jomblang

Goa Jomblang : Dukuh Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Rute dari Pusat Kota Yogyakarta

Goa Jomblang adalah tempat wisata alam di Jogja yang sangat populer sehingga rute perjalanan kesana tidak begitu rumit. Dari pusat Kota Yogyakarta berjarak kurang lebih 50 kilometer ke arah Tenggara, dengan waktu tempuh sekitar 1 – 1,5 jam.

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *