Tempat Wisata Alam di Jogja : Romansa Indah di Gunung Nglanggeran

By | May 2016
Tempat Wisata Alam di Jogja - Romansa Indah di Gunung Nglanggeran

Kekayaan alam Gunungkidul Yogyakarta banyak melahirkan spot-spot wisata menarik. Deretan pantai indah yang membentang sepanjang garis pantai Selatan adalah destinasi wisata alam yang membawa Gunungkidul menjadi kawasan dengan wisata pantai terbanyak di Yogyakarta. Beranjak sejenak dari wisata pantai, kita menuju Gunung Nglanggeran, tempat wisata alam di Jogja yang juga menjadi kebanggaan masyarakat Gunungkidul saat ini.

Gunung Nglanggeran masuk wilayah Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Berada diketinggian 200 – 700 Mdpl, gunung yang berada di kawasan Baturagung bagian Utara Gunungkidul ini menjadi tempat wisata alam populer, terutama setelah ditetapkan sebagai kawasan yang mengandung material vulkanik.

Dengan jarak tempuh 22 kilometer dari kota Wonosari, kita akan dibawa menikmati keelokan alam Yogyakarta dari ketinggian.

Gunung Api Purba

Terletak di kawasan karst khas Gunungkidul, Gunung Nglanggeran pernah menjadi gunung api aktif jutaan tahun lalu hingga kini terkenal sebagai Gunung Api Purba. Dengan litilogi dari susunan fragmen material vulkanik tua, gunung ini memiliki keunikan yaitu dua puncak, yaitu Puncak Barat dan puncak Timur dan disempurnakan dengan sebuah Kaldera.

Dari dekat, Gunung Nglanggeran adalah deretan gunung batu raksasa yang menawarkan pemandangan eksotik. Deretan gunung-gunung batu tersebut diberi nama sesuai bentuknya seperti Gunung Wayang, Gunung Kelir, dan Gunung Lima Jari. Konon masing-masing gunung batu di kawasan ini memiliki cerita rakyat yang hingga kini masih melekat dan dipercaya oleh masyarakat lokal.

4 Tempat Wisata Alam di Jogja Terfavorit - Gunung api purba Nglanggeran

Img : www.wisata.gunungkidulkab.go.id

Sunrise di Gunung Nglanggeran

Menatap matahari terbit dari puncak Gunung Nglanggeran adalah momen mengesankan, dan mungkin tidak semua orang bisa menikmatinya. Semua serba indah, serba mengagumkan.

Bagi yang benar-benar mencintai alam, mungkin tidak akan melewatkan kesempatan camping di Puncak Nglanggeran.

Menyaksikan sunset kala senja adalah keajaiban kedua setelah fajar tadi terhipnotis dengan keindahan sunrise.

Mendaki puncak gunung butuh perjuangan keras. Perjalanan melelahkan, rute ekstrim, cuaca yang kurang bersahabat, hingga perjalanan jauh yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, adalah tantangan yang harus ditaklukkan. Namun semua itu tidak akan terjadi ketika berpetualang ke Puncak Gunung Nglanggeran. Hanya butuh waktu tak lebih dari 1,5 jam pendakian kita sudah tiba di Gunung Gede, Puncak Gunung Nglanggeran bagian Barat.

Begitu sampai di puncak, hawa sejuk langsung menyeruak memberi nuansa nyaman. Matapun akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Ya, sejauh mata memandang terhampar awan di ketinggian, gunung batu dengan bentuk-bentuk yang unik berjajar bagai kumpulan raksasa yang sedang tidur. Tak ketinggalan area perkampungan warga diantara hijaunya sawah dan ladang terlihat elok dari ketinggian.

Klimaks keindahan Puncak Gunung Nglanggeran akan kita rasakan saat malam menjemput. Dari ketinggian ini terlihat kota Yogyakarta bagaikan jutaan kunang-kunang. Perpaduan gemerlap lampu kota dengan taburan cahaya bintang di langit adalah romansa maha indah bagi siapapun yang berkemah di Puncak Nglanggeran.

Baca juga : Menatap Langit Yogyakarta di Bukit Bintang

Peta Lokasi Gunung Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran : Baturagung, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta   

Rute ke Lokasi Gunung Nglanggeran

Dari pusat Kota Yogyakarta ke Gunung Nglanggeran kita bisa ambil rute Yogyakarta – Wonosari. Tiba di Wonosari selanjutnya kita ambil rute Bunderan Sambipitu, ambil ke kanan arah Dusun Bobung (pusat kerajinan topeng). Dari sini kita lanjutkan menuju Desa Nglanggeran.

Opsi yang kedua, kita berangkat dari Prambanan melalui rute Pasar Prambanan – Piyungan – Bukit Bintang Patuk – Radio GCD FM – belok kiri kurang lebih 7 km ke Desa Ngoro-oro – Desa Nglanggeran – Pendopo Joglo Kalisong.

Karena berada di ketinggian hingga 700 Mdpl dengan potensi cuaca sangat panas disiang hari, maka disarankan membawa bekal minuman yang cukup untuk menghindari dehidarasi.

 

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *