Tempat Wisata di Jogja : Senja Romantis di Pantai Parangtritis

By | April 2016
Tempat Wisata di Jogja - Senja Romantis di Pantai Parangtritis

Hanya butuh jarak tempuh 27 kilometer maka kita akan menjumpai pesona Jogja dari sisi lain. Ya, Pantai Parangtritis adalah tempat wisata di Jogja yang menawarkan keindahan alam fantastis. Sunset yang romantis, semilir angin diantara tebing tinggi nan kokoh, dan gemuruh ombak khas Pantai Selatan adalah bagian dari pesona Pantai Parangtritis Bantul – Yogyakarta.

Reruntuhan Candi Gembirawati

Menghabiskan waktu liburan di Pantai Parangtritis banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan. Bila kita tiba lebih cepat ada baiknya kita coba mendaki Tebing Gembirawati yang terletak tepat dibelakang pantai. Dari tebing ini kita lebih leluasa memandang Pantai Parangtritis dan seluruh laut Selatan hingga batas cakrawala.

Tak jauh dari Tebing Gembirawati, tepatnya disebelah Timur terdapat reruntuhan candi. Belum banyak yang mengetahui keberadaan reruntuhan candi ini karena umumnya wisatawan hanya fokus pada aktivitas pantai saja. Jika umumnya candi terdapat di pegunungan, candi Gembirawati ini letaknya tak jauh dari bibir Pantai Parangtritis.

Jika ingin mengunjungi candi ini kita bisa ikuti jalan menanjak dekat Hotel Queen of The South lalu menyusuri jalan setapak sekitar 100 meter menuju arah Barat. Dari Candi Gembirawati ini ombak Pantai Parangtritis terdengar keras bergemuruh.

Sunset Romantis Pantai Parangtritis

Saat cuaca cerah dan matahari mulai condong ke Barat adalah momen paling menyenangkan di Pantai Parangtritis. Sambil menikmati sunset romantis kita bisa having fun dengan fasilitas dan wahana di pantai ini. Meskipun pengunjung dilarang berenang kita tidak akan kehilangan momen menyenangkan.

Dibagian pinggir pantai terdapat persewaan ATV bagi yang punya hobi berpetualang. Tarif sewa Rp. 50 ribu – Rp. 100 ribu saja untuk durasi 30 menit. Kita bisa bermain-main dengan motor untuk segala medan, menjelajah gundukan pasir yang terhampar disepanjang pantai.

Jika All-Terrain Vehicle dirasa terlalu ekstrim, kita bisa mencoba berpetualang dengan cara yang tidak terlalu memacu adrenalin, misalnya menyewa bendi. Dengan hanya duduk manis di kerata kuda beroda dua, kita bisa menyusuri pasir pantai yang terlihat bersih tersapu ombak. Kereta kuda akan membawa kita berkelana hingga ujung pantai dimana terdapat gugusan karang yang mengagumkan.

Gugusan karang dibagian Timur Pantai Parangtritis adalah spot favorit fotografer untuk pengambilan foto pre-wedding. Biasanya momen yang pas untuk pemotretan yaitu ketika senja terlihat remang-remang dan bayangan matahari terlihat berwarna keemasan. Inilah suasana paling romantis untuk sesi pemotretan.

Pantai parangtritis adalah tempat wisata di Jogja yang cocok untuk berlibur sekeluarga. Kita bisa mengajak anak-anak bermain layang-layang diatas pasir pantai. Angin yang cukup kencang sangat membantu sehingga layang-layang mudah terbang tinggi.

Having fun di Pantai Parangtritis boleh jadi membuat kita lupa waktu hingga enggan beranjak pulang meski malam sudah menjemput. Jika masih ingin menikmati suasana pantai di malam hari jangan lupa mencicipi hangatnya jagung bakar yang dijual beberapa pedagang keliling. Mungkin tak ada hal yang lebih menyenangkan selain menikmati jagung bakar diatas gelaran tikar, sambil memandang pesona Pantai Parangtritis hingga larut.

Lokasi Pantai Parangtritis

Jalan Parangtritis KM 28 – Yogyakarta 55188

Peta Lokasi Pantai Parangtritis

Rute Menuju Pantai Parangtritis

Dari titik nol KM Jogja (Persimpangan jl Malioboro) atau dari Taman Pintar menuju ke arah timur, hingga sampai perempatan Gondomanan (perempatan pertama) belok ke kanan.

Dari sana terus berjalan ke arah selatan, menyusuri jalan Parangtritis hingga sampai di pantai Parangtritis.

Video Pantai Parangtritis

Video Pantai Parangtritis, by AmazingTujuh (Sumber : Youtube)

 

(rif)

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *