Tempat Wisata di Jogja Terbaru : Curug Banyunibo & Jurang Pulosari

By | April 2016
Tempat Wisata di Jogja Terbaru - Jurang Pulosari

Sama seperti Curug Sidoharjo di Kulonprogo, Curug Banyunibo di Kabupaten Bantul merupakan tempat wisata di Jogja terbaru berupa wisata air terjun.

Masih mengandalkan pesona alam yang natural, tempat wisata yang dikembangkan oleh penduduk lokal ini mulai menggeliat menjadi destinasi wisata populer, melengkapi koleksi wisata air terjun lainnya di Yogyakarta.

Curug Banyunibo terletak di Dusun Krebokan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Berbeda dari air terjun pada umumnya yang langsung jatuh dari ketinggian, aliran air terjun Curug Banyunibo terlebih dulu melewati lereng-lereng tebing yang cukup curam. Kondisi alam sekitar yang dipenuhi pepohonan rindang menambah suasana terlihat masih sangat alami.

Berfoto Dialiran Sungai Dangkal Curug Banyunibo

Karena termasuk tempat wisata di Jogja terbaru, Curug Banyunibo belum resmi terdaftar di Dinas Pariwisata setempat.

Meski begitu lokasi wisata ini tak pernah sepi pengunjung dalam setiap harinya.

Untuk mencapai lokasi tersedia dua pintu masuk, dimana sepanjang jalan dipenuhi pepohonan yang rindang. Kicauan burung yang bersahutan seolah ingin memamerkan istananya yang masih asli.

Tak lama berjalan kita bisa lihat air terjun yang berdiri kokoh diselingi suara gemericik air terjun yang menyejukkan telinga.

Tepat dialiran sungainya yang dangkal adalah spot yang bagus untuk berfoto. Namun keseruan belum berakhir jika kita sukses mencapai air terjun bagian atas. Tentunya dari atas keindahan alam sekitar Curug Banyunibo semakin jelas terekspose.

Jika diperhatikan, Curug Banyunibo lebih mirip lereng jurang dari batu-batuan kapur yang yang dilewati aliran air. Airnya begitu jernih dan memancarkan warna kehijauan. Warna kehijauan ini berasal dari lumut-lumut yang yang tumbuh alami di sela bebatuan kemudian terkena sinar matahari.

Kita bisa naik ke bagian atas Curug Banyunibo namun harus ekstra hati-hati agar tidak terpeleset ke bawah. Batu-batuan di air terjun ini cukup licin dengan kemiringan tak kurang dari 70 derajat. Namun jika kita bisa sampai diatas, kita akan disambut pemandangan hutan yang begitu asri. Berbanding terbalik dengan suasana hiruk-pikuk kota dengan segala kesibukannya.

Jurang Pulosari

Tanggung rasanya jika sudah sampai di Curug Banyunibo jika tidak sekalian mengunjungi Jurang Pulosari.

Dari Curug Banyunibo hanya butuh waktu jalan kaki 10 menit. Meski begitu perjalanan ke Jurang Pulosari justru bertambah menantang. Kita harus melewati jalan setapak sempit dari cor blok berkelok-kelok.

Dibanding Curug Banyunibo pengunjung Jurang Pulosari jauh lebih banyak. Turis asing maupun domestik berbaur di air terjun dalam nuansa pedesaan.

Uniknya air terjun di Jurang Pulosari ini memiliki ketinggian berlapis yang bisa dijamah semua pengunjung. Kedalaman air disini hanya satu meter sehingga aman bagi yang ingin berenang atau mandi. Adalah sensasi yang luar biasa jika kita bisa menghabiskan waktu bersama jatuhnya air terjun di tubuh kita.

Akses ke Lokasi Ke Curug Banyunibo dan Jurang Pulosari

Baik Curug Banyunibo maupun Jurang Pulosari merupakan tempat wisata di Jogja terbaru yang belum begitu terekspose ke dunia luar. Kondisi ini menyebabkan akses ke lokasi cukup membingungkan. Bahkan jika belum pernah kesana disarankan rajin-rajin bertanya ke penduduk sekitar jika tidak ingin tersesat.

Jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta terlebih dulu harus menuju Gamping kemudian ambil arah ke Sedayu. Dari perempatan Sedayu belok kiri lalu ikuti terus jalan tersebut. Jika menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya pakai sepeda motor. Jalan ke Curug Banyunibo yang sempit dan naik turun sangat tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan roda empat.

Peta Lokasi Curug Banyunibo & Jurang Pulosari

Alamat Curug Banyunibo & Jurang Pulosari : 

Dusun Krebokan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

 

(rif)

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *