Tempat Wisata di Jogja Terbaru : Eksotisme Alam di Desa Wisata Kalibiru

By | April 2016
Tempat Wisata di Jogja Terbaru -Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru, satu lagi tempat wisata di Jogja terbaru yang mulai bersaing dengan tempat wisata di Jogja yang lebih dulu populer. Menawarkan keindahan alam dari ketinggian, tempat ini mirip dengan lokasi wisata Kebun Buah Mangunan Bantul. Akses ke Desa Wisata Kalibiru cukup menguras adrenalin karena trek yang cukup menanjak terutama mulai dari Waduk Sermo.

Desa Wisata Kalibiru terletak di Kabupaten Kulonprogo – Yogyakarta, tepatnya di perbukitan Menoreh diatas ketinggian 450 Mdpl. Sebenarnya kontur jalan menuju lokasi beraspal halus, hanya saja banyak terdapat tanjakan dan tikungan tajam sehingga kondisi kendaraan yang dipergunakan harus benar-benar prima.

Pesona Alam Memukau dari Gardu Pandang

Desa Wisata kalibiru menjelma menjadi destinasi wisata populer di Kulonprogo sejak tahun 2008 silam. Tempat ini murni dikelola oleh masyarakat setempat secara swadaya, jadi tidak ada keterlibatan pihak swasta maupun pemerintah.

Diawali dengan pembuatan jalan setapak, baru kemudian berlanjut dengan pembangunan sejumlah fasilitas seperti sarana MCK, gardu pandang, cottage, serta fasilitas flying fox.

Awalnya pembukaan desa wisata ini harus mendapat persetujuan Departemen Kehutanan. Uji coba sekitar 5 tahun kemudian diisi dengan menggalakkan penghijauan seperti menanam berbagai jenis pohon agar hutan tidak gersang.

Upaya masyarakat untuk membangun sebuah desa wisata tidak sia-sia. Terbukti tempat ini menjadi langganan wisatawan lokal maupun asing, terutama mereka yang mencintai keindahan alam. Fasilitas paling populer di Desa Wisata Kalibiru adalah Gardu Pandang, dimana kita bisa menyaksikan keindahan alam yang memukau dari ketinggian.

Dari Gardu Pandang kita bisa mengedarkan pandangan tanpa batas. Terlihat jelas garis pantai, serta pemandangan elok Waduk Sremo yang terlihat di kejauhan. Outbond adalah aktivitas paling menarik di Desa Wisata Kalibiru. Tentunya dengan didukung oleh alam pedesaan yang masih sangat alami.

Trekking Seru Diantara Kerumunan Satwa

Trekking salah satu aktivitas paling seru di Desa Wisata Kalibiru. Disini disediakan jalur trekking yang beragam mulai dari 1,5 kilometer, 3 kilometer, 5 kilometer dan 7 kilometer. Jika memilih trek 7 kilometer maka kita bisa melihat Waduk Sermo dari jarak yang begitu dekat. Yang lebih seru lagi, saat trekking menyusuri jalan setapak kita bisa menjumpai berbagai jenis satwa seperti Ayam Hutan, Landak, Babi Hutan, Elang Jawa, Harimau Jawa bahkan Harimau Kumbang.

Di Desa Wisata Kalibiru juga tersedia fasilitas Flying Fox. Fasilitas ini sangat tepat untuk menguji adrenalin pengunjung yang suka dengan tantangan ekstrim. Tersedia 2 jalur Flying Fox dengan panjang berbeda yaitu 50 meter dan 85 meter. Untuk menikmati fasilitas ini pengunjung dikenakan tarif Rp. 10.000 (dewasa) dan Rp. 5.000 (anak-anak). sayangnya fasilitas ini hanya bisa dinikmati hanya setiap hari Minggu antara pukul 08.00 – 16.00 Wib.

Fasilitas Cottage dan Pendopo di Desa Wisata Kalibiru juga disewakan untuk pengunjung. Untuk Cottage harga sewa antara Rp. 120.000 – Rp. 125.000 dan untuk Pendopo Rp. 150.000. Bagi yang ingin menyewa Cottage maupun Pendopo sebaiknya reservasi terlebih dulu, mengingat setiap hari kedua tempat tersebut selalu terisi penuh oleh pengunjung.

 Lokasi Desa Wisata Kalibiru

Alamat Desa Wisata Kalibiru :

Kalibiru , Sermo, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta

Akses ke Lokasi Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru Kulonprogo terletak kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Waktu normal perjalanan yang dibutuhkan umumnya 1 – 1,5 jam. Banyak papan nama yang terlihat jelas sepanjang perjalanan, kita tinggal mengikuti arah yang ditunjukkan oleh papan nama tersebut. Dengan begitu kita bisa sampai ke lokasi dengan aman.

Video Desa Wisata Kalibiru

Video keindahan desa wisata Kalibiru, liputan NET News (sumber : Youtube)
(rif)

Incoming search terms:

3 thoughts on “Tempat Wisata di Jogja Terbaru : Eksotisme Alam di Desa Wisata Kalibiru

  1. Pingback: 4 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  2. Pingback: Objek Wisata Di Yogyakarta - Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *