Tempat Wisata di Jogja yang Wajib di Kunjungi : Eksotisme Alam New Zealand di Green Village Gedangsari

By | May 2016
Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi - Lokasi Green Village Gedangsari

Tak hanya di Gunung Nglanggeran, Puncak Kosakora, atau Embung Srinten kita bisa menikmati panorama alam Gunungkidul Yogyakarta nan eksotis. Green Village Gedangsari Gunungkidul menawarkan indahnya perbukitan hijau yang cocok untuk pecinta fotografi. Cukup beralasan jika Green Village Gedangsari merupakan satu diantara sekian banyak tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi sebab konon keindahannya disebut-sebut mirip dengan perbukitan hijau di New Zealand.

Berada di dataran tinggi Guyangan Lor – Mertelu – Gunungkidul, Green Village Gedangsari terletak tepat diperbatasan Gunungkidul Yogyakarta dan Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Layaknya suasana di perbukitan, tempat wisata ini tak hanya menawarkan pesona alam yang cantik namun juga udara yang sejuk.

Pengunjung dapat menikmati semilir angin yag berhembus pelan sambil duduk santai di gubuk-gubuk yang disediakan.

Spot Terbaik Pemburu Sunset

Lokasi wisata di ketinggian sangat lazim jika menjadi buruan pengunjung yang punya hobi fotografi. Tak terkecuali Green Village Gedangsari, tempat wisata terbaru di Gunungkidul ini juga mulai diminati oleh pemburu sunset.

Ketinggian Green Village Gedangsari memang spot yang tepat untuk mengabadikan sunset dalam jepretan kamera. Hal yang wajar jika sunset di tempat ini menjadi moment favorit untuk background foto pre-wedding.

Ketika malam hari suasana di Green Village Gedangsari sangat mirip dengan Bukit Bintang. Namun mungkin jauh lebih indah karena di sisi kiri dan kanan terdapat pegunungan. Dalam suasana yang romantis kita bisa menyaksikan kerlip lampu kota Klaten seperti ribuan kunang-kunang yang memanjakan mata.

Fasilitas Green Village Gedangsari

Terletak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, tempat wisata yang pembangunannya menghabiskan dana lebih dari Rp. 2 miliar ini termasuk aset wisata Gunungkidul terbaru setelah Embung Srinten. Uniknya, obyek wisata Green Village Gedangsari ini terletak di tengah-tengah 3 desa dan dibangun menggunakan dana MP3KI yang masuk dalam program PNPM tahun 2015 lalu.

Dengan total dana yang cukup fantastis wajar jika Green Village Gedangsari mempunyai fasilitas lengkap seperti mushola, toilet, dan gazebo yang berfungsi sebagai gardu pandang. Yang paling menarik terdapat jalan menurun berkelok-kelok sepanjang 800 meter. Jalan ini dipasang pagar disamping kiri dan kanan untuk keamanan pengunjung sekaligus menjaga tumbuhan alami disekitarnya dari kerusakan.

Sepanjang jalan menurun dengan pagar bercat biru ini pengunjung dapat merasakan sensasi hawa sejuk pegunungan. Di area ini pula pengunjung bisa mengambil angle foto terbaik dengan background Pegunungan Seribu.

Harga Tiket Masuk Green Village Gedangsari

Hingga informasi wisata ini ditulis, pengunjung Green Village Gedangsari tidak dipungut biaya. Hanya bagi yang datang menggunakan kendaraan bermotor diberlakukan tarif parkir. Untuk biaya parkir sepeda motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000. Disamping menikmati panorama alam yang indah, sepulang dari tempat wisata ini kita bisa membawa cinderamata hasil kerajinan tangan masyarakat setempat.

Rute ke Lokasi Green Village Gedangsari

Lokasi Green Village Gedangsari cukup mudah diakses dari berbagai arah. Sayangnya beberapa kilometer sebelum masuk lokasi kondisi jalan relatif sempit dan menanjak sehingga pengunjung wajib ekstra hati-hati.

Jika perjalanan diawali dari Kota Klaten, kita bisa memulai perjalanan melalui Wedi ke arah Selatan lewat Dusun Watugajah. Jika diakses dari Timur kita bisa melalui rute dari Kecamatan Bayat ke arah Selatan melewati Desa Tegalrejo, lalu ambil ke arah Barat melewati Guyangan Lor.

Jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta ada 2 opsi jalur yang bisa kita gunakan. Yang pertama kita hanya perlu mengikuti jalan  utama Yogyakarta – Wonosari (ibukota Gunungkidul). Sedangkan alternatif kedua lewat jalan Solo – Klaten ke arah Wedi.

Lokasi Green Village Gedangsari

Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Peta Lokasi Green Village Gedangsari

 

(rif)

Incoming search terms:

One thought on “Tempat Wisata di Jogja yang Wajib di Kunjungi : Eksotisme Alam New Zealand di Green Village Gedangsari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *