Tempat Wisata di Jogja yang wajib Dikunjungi : Kebun Binatang Gembira Loka

By | March 2016
Tempat Wisata di Jogja yang wajib Dikunjungi Kebun Binatang Gembira Loka

Berada di area lebih dari 20 hektar tentu hal yang wajar jika Kebun Binatang Gembira Loka masuk list tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Kebun Binatang Terbesar di Yogyakarta ini memiliki koleksi tak kurang dari 100 spesies satwa dan lebih dari 60 jenis fauna. Tak hanya itu, di Kebun Binatang ini juga disediakan wahana permainan yang diprioritaskan untuk anak-anak.

Kebun Binatang Gembira Loka adalah tempat wisata yang cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Tempat wisata ini berada di Jalan Kebun Raya No 2 Kota Gede Yogyakarta. Zaman dulu tempat ini merupakan lokasi untuk memelihara aneka satwa yang dimiliki petinggi Keraton Jogja. Hanya saja kemudian oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dirubah menjadi Kebun Binatang yang dibuka untuk umum.

Aktivitas di Kebun Binatang Gembira Loka

Melihat koleksi satwa dan keunikannya adalah aktivitas paling menyenangkan di Kebun Binatang Gembira Loka. Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan berbagai jenis satwa kepada anak-anak. Tentunya dengan melihat secara langsung, mereka lebih mudah menghafal dan mengingat nama-nama satwa.

Ada yang unik di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu atraksi ketrampilan binatang. Dan ini bisa kita saksikan setiap hari di jam-jam tertentu. Pertunjukan satwa yang dimaksud antara lain: Burung Kakak Tua Jambul Kuning, Burung Kerangkeng, Orang Utan, Linsang, dan Beruang Madu. Untuk menyaksikan atraksi binatang ini pengunjung tidak perlu membeli tiket lagi.

Jadwal atraksi ketrampilan satwa di Gembira Loka Zoo yaitu:

  • Senin – Jumat: Jam 11.00 & 13.00 Wib
  • Sabtu: Jam 11.00, 12.00, 13.00 & 14.00
  • Minggu & hari libur lainnya: Jam 10.00, 11.00, 12.00, 13.00, 14.00 & 15.00

Tak hanya menyaksikan atraksi satwa namun kita bisa menikmati berbagai permainan air. Adapun wahana air yang disediakan disini diantaranya Jet Sky, Perahu Kayuh, Banana Boat, Perahu Kataraman, dan masih banyak lagi.

Yang lebih menyenangkan disini pengunjung juga bisa menikmati fasilitas ATV dan berkeliling Kebun Binatang menggunakan kendaraan wisata berupa kereta mini. Dan yang lebih menantang, kita juga bisa menunggangi berbagai jenis satwa seperti gajah dan unta.

Khusus untuk anak-anak, di Kebun Binatang Gembira Loka ini juga disediakan Wahana Tangkap Ikan. Wahana ini khusus anak-anak maksimal berusia 10 tahun. Kolam Tangkap ini memiliki kedalaman 30 cm sehingga aman untuk anak-anak.

Kolam Tangkap ini berisi berbagai jenis ikan kecil-kecil, dan setiap ikan yang berhasil ditangkap boleh dibawa pulang. Bagi anak-anak yang tidak berhasil menangkap ikan, petugas sudah menyiapkan bungkusan-bungkasan dari plastik berisi ikan untuk mereka. Untuk menikmati Wahana Kolam Tangkap ini dikenakan tarif Rp. 10 ribu per-anak.

Tempat Wisata di Jogja yang wajib Dikunjungi Kebun Binatang Gembira Loka

img : gembiralokazoo.com/

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka

Fasilitas umum yang tersedia di Kebun Binatang Gembira Loka diantaranya: Tempat parkir luas, Musholla, Free Wi-Fi Zone, dan Toilet. Bagi pengunjung diharapkan memarkir kendaraan di area parkir yang sudah ditentukan, karena ada kemungkinan berlaku biaya parkir tidak relevan diluar tempat parkir resmi.

Kebun Binatang Gembira Loka dibuka setiap hari dari jam 08.00 – 17.00 Wib. Harga tiket masuk Rp. 20 ribu (Senin – Jumat), dan Rp. 25 ribu (Sabtu – Minggu). Terkait harga tiket, ada diskon khusus dengan besaran bervariasi. TK & PAUD diskon 25%, SD – SMA diskon 15%, Umum & Mahasiswa diskon 10%, SLB / Panti Asuhan diskon 50%. Diskon harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka berlaku dengan syarat jumlah peserta minimal 25 orang, atau mereka yang mendapat surat pengantar dari instansi terkait.

 

Peta Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka

(rif)

 

Incoming search terms:

One thought on “Tempat Wisata di Jogja yang wajib Dikunjungi : Kebun Binatang Gembira Loka

  1. Pingback: Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *