Tempat Wisata di Jogja yang wajib Dikunjungi : Pantai Indrayanti

By | March 2016
Tempat Wisata di Jogja yang wajib Dikunjungi Pantai Indrayanti 1

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi bukan hanya Pantai Parangtritis Bantul. Ini tidak berlebihan sebab dibeberapa wilayah Yogyakarta lainnya terdapat banyak wisata pantai yang tidak kalah menarik. Salah satunya Pantai Indrayanti, pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini menawarkan keindahan alam yang konon disebut-sebut mirip dengan pantai Kuta Bali.

Potensi wisata pantai di Gunungkidul memang luar biasa. Tidak hanya Pantai Indrayanti namun di kabupaten ini masih ada beberapa pantai populer lainnya seperti pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Drini, dan beberapa pantai yang masuk garis pantai Selatan lainnya. Popularitas Pantai Indrayanti dan pantai lain ini otomatis mendongkrak nama Gunungkidul sebagai destinasi wisata di Jogja yang diperhitungkan.

Aktivitas di Pantai Indrayanti

Sebenarnya Pantai Indrayanti pernah dirubah namanya menjadi Pantai Pulang Syawal oleh Pemkab Gunungkidul. Namun karena terlanjur familiar dengan sebutan Pantai Indrayanti maka nama baru tersebut tidak populer.

Nama Pantai Indrayanti sendiri diambil dari seorang wanita bernama Indrayanti, wanita yang pertama kali membuka restoran di kawasan wisata ini.

Pasir putih disepanjang Pantai Indrayanti membuat lokasi wisata ini kian eksotis. Kita bisa membawa serta keluarga dan anak-anak bermain pasir sepuasnya. Pantai Indrayanti sendiri termasuk obyek wisata yang terjaga kebersihannya sehingga hamparan pasir putihnya masih bebas dari sampah.

Pasir pantai Indrayanti sangat bersahabat. Jarak pasir dengan ombak terhalang gugusan karang panjang sehingga kecil kemungkinan pengunjung terseret ombak saat bermain pasir. Kita bisa melihat ikan-ikan kecil warna-warni serta biota laut lainnya yang berlompatan disela-sela karang.

Aktivitas paling menyenangkan di Pantai Indrayanti salah satunya berfoto diatas tebing. Untuk mecapai puncak tebing dan pucuk karang telah dipasang anak tangga yang dibuat oleh warga setempat secara swadaya. Dari atas tebing kita bisa berfoto dengan latar belakang pantai Indrayanti yang elok.

Ombak Pantai Indrayanti cukup tenang. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi pengunjung yang punya hobi memacu adrenalin dengan olahraga Jet Sky. Disini ada persewaan Jet Sky dengan biaya sewa Rp. 250 ribu per-15 menit. Selama 15 menit kita akan dibawa meluncur oleh driver berpengalaman dengan manuver-manuver yang mendebarkan. Untuk keamanan disediakan baju pelampung untuk berjaga-jaga jika terlempar dari Jet sky.

Bagi pengunjung yang ingin fokus menikmati panorama dan udara pantai bisa duduk-duduk disepanjang pantai. Disini warga setempat banyak yang menyewakan payung dan tikar sehingga kita tidak kepanasan saat cuaca terik. Harga sewa payung dan tikar Rp. 20 ribu tanpa ada batasan waktu.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Sebagai wisata pantai yang populer, tersedia fasilitas lengkap di Pantai Indrayanti. Ada tempat parkir yang sangat luas yang mampu menampung sepeda motor, mobil maupun bus.

Untuk fasilitas akomodasi tersedia hotel dan penginapan dengan tarif bervariasi, antara Rp. 200 ribu – Rp. 400 ribu. Tarif hotel kemungkinan akan naik pada hari-hari tertentu, misalnya hari-hari besar keagamaan.

Sama dengan hotel, disekitar Pantai Indrayanti juga banyak tersedia warung makan dengan menu utama khas hasil laut. Selain jenis makanan seafood juga tersedia Bakmi Jawa, Nasi Goreng, dan Es Kelapa Muda.

Jangan lupa sebelum meninggalkan tempat wisata ini, luangkan waktu sejenak untuk membeli cinderamata khas Pantai Indrayanti dengan harga terjangkau.

Pantai Indrayanti memang pantas disebut tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, sebab harga tiket masuk ke lokasi hanya Rp. 10 ribu. Itupun sudah termasuk biaya masuk ke Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, Pantai Drini, Pantai Krakal, dan Pantai Kukup.

Tarif parkir Rp. 4 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 15 ribu untuk mobil.

 

Peta Lokasi Pantai Indrayanti

 

Video Keindahan Pantai Indrayanti

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *