Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi : Sensasi Kesegaran Udara Khas Kebun Teh di Desa Wisata Nglinggo

By | May 2016
Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi - pemandangan Desa Wisata Nglinggo

Yogyakarta memang populer dengan destinasi wisata alam-nya yang beragam, mulai dari wisata pantai, pegunungan hingga desa wisata semua sangat familiar di telinga wisatawan. Kini satu lagi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi oleh wisatawan pecinta alam yaitu Desa Wisata Nglinggo yang berada di Kabupaten Kulonprogo arah Barat Yogyakarta. Tempat wisata berupa dataran tinggi pegunungan ini menawarkan panorama alam yang sejuk di tengah-tengah hamparan hijaunya kebun teh.

Selama ini di Jogja mungkin wisata kebun teh sedikit kurang terekspose. Namun keberadaan Desa Wisata Nglinggo ini membuktikan bahwa keragaman tempat wisata alam di Jogja kian sempurna, dimana kita bisa menikmati eksotisme alam pegunungan dari ketinggian sambil menyusuri kebun teh yang luas menghijau.

Perpaduan Alam Hutan Pinus, Kebun Teh dan Air Terjun

Desa Wisata Nglinggo yang terletak di Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo ini berada pada ketinggian 800 Mdpl. Dengan daya tarik utama kebun teh, tempat wisata alam ini memang menawarkan udara sejuk alami. Pengunjung dapat menyusuri petak-petak perkebunan teh ditengah kondisi alam liar yang menakjubkan.

Dari kebun teh Desa Wisata Nglinggo pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan unik bukit-bukit batu serta perkampungan penduduk di Kabupaten Magelang serta Purworejo Jawa Tengah. Dari sini nampak juga lembah hijau yang terhampar luas serta lebatnya hutan dengan pohon-pohon pinus berjajar rapat.

Desa Wisata Nglinggo memang menjadi titik pertemuan beberapa lokasi wisata. Setelah puas menyusuri petak-petak perkebunan teh, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju Curug Watu Jonggol. Curug Watu Jonggol adalah wisata air terjun yang terletak pada ketinggian 900 Mdpl, masih termasuk kawasan Desa Wisata Nglinggo.

Perjalanan dari kebun teh menuju air terjun Watu Jonggol bisa dibilang cukup ekstrim. Pengunjung harus trekking melewati jalur yang lumayan menantang karena lokasi Curug Watu Jonggol ini masih tersembunyi dalam lebatnya hutan pegunungan.

Air terjun ini masih sangat alami dimana semak-semak dan perdu tumbuh liar disekelilingnya, lengkap dengan celoteh satwa-satwa khas pegunungan.

Bisa dikatakan Desa Wisata Nglinggo adalah desa wisata paling lengkap. Selain terkenal dengan wisata alam kebun teh dan Curug Watu Jonggol, desa ini juga merupakan tempat wisata budaya. Disini pengunjung juga bisa belajar banyak hal seperti ilmu pertanian, peternakan, dan kesenian. Ya, kelestarian kesenian daerah masih terjaga disini sehingga wisatawan dapat membaur dengan masyarakat lokal untuk belajar Tari Lengger, Jathilan, hingga belajar membuat topeng dan membatik.

Fasilitas dan Akomodasi Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo pernah mendapat peringkat ke 3 lomba Desa Wisata tingkat Nasional, hal itulah yang memotivasi desa ini untuk terus berbenah. Berbagai fasilitas disediakan bagi pengunjung seperti area parkir yang luas, Kantor Pusat Informasi serta gedung pertemuan berkapasitas 100 orang.

Untuk akomodasi tersedia 23 homestay dengan kapasitas 4 orang per-rumah.

Selain wisata alam, Desa Wisata Nglinggo juga terkenal dengan wisata kulinernya. Pengunjung dapat menikmati beragam sajian kuliner seperti Geblek, Nasi Rempah, Tawonan, Keripik Singkong, dan lain-lain. Untuk oleh-oleh keluarga di rumah, pengunjung bisa singgah di pusat jajanan di desa ini untuk membeli Teh Daun, Teh Sangit, Kopi Hitam, dan Gula Aren.

Lokasi Desa Wisata Nglinggo

Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta

Peta Lokasi Desa Wisata Nglinggo

Rute ke Lokasi Desa Wisata Nglinggo

Dari pusat Kota Yogyakarta ke Desa Wisata Nglinggo kita bisa berangkat dari Tugu Jogja ke arah Barat melalui jalan Kyai Mojo. Setelah sampai di perempatan Demak Ijo di Ringroad Barat lurus saja lewat jalan Godean. Sampai di perempatan Nanggulan lalu belok kanan hingga perempatan Dekso. Dari situ ambil ke kiri arah Pasar Plono lalu belok kanan. Selanjutnya ikuti petunjuk arah ke Desa Wisata Nglinggo.

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *