Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi : Taman Sari Keraton Yogyakarta

By | March 2016
Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Taman Sari Keraton Yogyakarta

Jangan bilang pernah berkunjung ke Keraton Jogja jika tidak sekaligus mengunjungi Taman Sari Keraton Yogyakarta. Kedua tempat ini memang tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi mengingat keduanya memiliki hubungan erat misalnya, Taman Sari ini zaman dulu tempat favorit raja-raja Yogyakarta untuk beristirahat.

Lokasi wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta tidak jauh dari Keraton Jogja. Jaraknya tidak lebih dari 1 km karena masih disekitar kawasan Jalan Malioboro dan alun-alun Yogyakarta. Ditempat ini pengunjung dapat menyaksikan arsitektur zaman Belanda berupa bangunan-bangunan bersejarah.

Tempat wisata Taman Sari Keraton dibangun di area seluas 10 hektar. Disini tersedia berbagai fasilitas seperti kolam pemandian, jembatan gantung, danau buatan, kanal air, pulau buatan, dan lorong bawah air. Konon Taman Sari Keraton dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 – 1765 silam.

Dibagi Menjadi 4 Bagian

Cukup beralasan jika Taman Sari Keraton Yogyakarta direkomendasikan sebagi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, karena tempat ini dbagi menjadi 4 bagian dengan pemandangan berbeda.

Bagian pertama di bagian Barat, bagian ini adalah danau buatan. Bagian kedua yaitu di sisi Selatan danau buatan, merupakan Pemandian Umbul Binangan. Bagian ketiga masih di sisi Selatan terdapat Pasarean Ledok Sari dan juga Kolam Garjitawati. Yang terakhir di bagian Timur, bagian ini terletak di sisi Timur bagian pertama dan kedua yang meluas ke arah Timur hingga Tenggara, merupakan kompleks Magangan.

Akses ke Lokasi Taman Sari Keraton Yogyakarta

Seperti yang disebutkan diatas, dari Keraton Yogyakarta menuju Taman Sari Keraton Yogyakarta jaraknya hanya 1 km. Dari Jalan Malioboro kita cukup berkendara ke arah Selatan menuju Keraton Yogyakarta. Ambil jalan bagian Barat Alun-alun lalu setelah sampai perempatan pertama belok kiri dan ikuti jalan tersebut.

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi Taman Sari Keraton Yogyakarta 1

Img : telusurindonesia.com

Akan lebih mudah lagi jika kita parkir kendaraan di area Keraton Yogyakarta bagian Timur untuk kemudian meneruskan perjalanan ke Taman Sari menggunakan jasa becak. Tentunya sambil menikmati keunikan bangunan tua yang kita jumpai disepanjang jalan menuju Taman Sari Keraton Yogyakarta.

Fasilitas Taman Sari Keraton Yogyakarta

Jika kita berjalan-jalan sekaligus ingin mencari informasi mengenai sejarah Taman Sari secara rinci, disini disediakan jasa pemandu wisata (guide). Tarifnya standar antara Rp 10 ribu – Rp. 20 ribu. Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga disediakan area parkir. Sebaiknya yang membawa kendaraan pribadi masuk lewat gerbang Timur karena area parkirnya lebih luas.

Fasilitas akomodasi disekitar Taman Sari cukup banyak pilihannya. Ada penginapan murah hingga hotel berbintang di sepanjang Jalan Malioboro. Untuk hotel terdekat ada Aklid Homestay, Guest House, Griya Patehan, dan lain-lain.

Untuk tempat makan juga banyak pilihannya. Dari warung-warung pinggir jalan, lesehan, hingga restoran mahal semua tersedia disepanjang jalan menuju Taman Sari. Pada malam hari kita bisa menikmati kuliner malam di kawasan Malioboro sambil menyaksikan kelompok seniman jalanan unjuk kebolehan dengan alat musik tradisionalnya.

Kurang lengkap rasanya jika meninggalkan kota Jogja tanpa membawa oleh-oleh. Di kawasan Taman Sari, Keraton Jogja, dan Jalan Malioboro banyak kita jumpai toko oleh-oleh dan cinderamata khas Jogja. Batik, kaos, miniatur Tugu Jogja, Miniatur Becak, hingga Geplak dan Bakpia Pathok semua bisa kita dapatkan dengan mudah.

Selain Taman Sari tentunya masih banyak tempat wisata di Jogja yang wajib kita kunjungi seperti Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Tugu Jogja, Monumen Jogja Kembali, dan masih banyak lagi. Hal yang menyenangkan jika kita mengunjungi tempat-tempat tersebut jika waktu liburan kita masih cukup panjang.

Peta Lokasi Taman Sari Keraton Yogyakarta

Video Liputan Taman Sari Keraton Yogyakarta

Video Liputan Taman Sari Keraton Yogyakarta by star news (Sumber : Youtube)

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *