Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

By | March 2016
Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi 2

Hingga saat ini Yogyakarta masih yang terbaik untuk urusan tempat wisata. Ratusan bahkan ribuan tempat wisata tersebar di semua wilayah yang terkenal dengan budayanya yang kental ini. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner siap memanjakan siapa saja yang berkunjung ke kota Jogja. Diantara sekian banyak tempat wisata populer di Jogja, ada beberapa tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Wajib dikunjungi dalam arti tempat wisata tersebut menyimpan banyak hal menarik yang bisa dinikmati pengunjung.

Bagi yang sudah terlalu sering mengunjungi Jalan Malioboro, Keraton Jogja, Monumen Jogja Kembali, dan Candi Prambanan, berikut 4 tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selain beberapa tempat wisata tersebut.

Taman Sari Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

img : www.tempatwisatadi.net

Ada yang kurang jika kita mengunjungi Keraton Jogja namun tidak sekalian berkunjung di Taman Sari Keraton Yogyakarta. Tempat wisata ini terletak tak jauh dari Jalan Malioboro dan hanya berjarak 1 km dari Keraton Jogja. Disini pengunjung dapat melihat keindahan bangunan dengan desain arsitektur khas Belanda, yang konon digunakan oleh raja-raja Yogyakarta untuk tempat beristirahat.

Taman Sari Keraton Yogyakarta berdiri diatas lahan seluas 10 Ha dilengkapi dengan kolam pemandian, jembatan gantung, lorong bawah air, danau buatan, pulau buatan dan kanal air. Tempat wisata bekas Taman Keraton Yogyakarta ini dibangun pada tahun 1758 – 1765 di masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I.

Kebun Binatang Gembira Loka

Jika punya waktu lebih berlibur di Yogyakarta sebaiknya menyempatkan diri mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka. Dari Jalan Malioboro atau Taman Sari Keraton Yogyakarta jaraknya sekitar 5 km ke arah Timur, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit berkendara. Tak hanya koleksi satwa yang lengkap namun disini juga tersedia fasilitas permainan seperti Banana Boat, Jet Sky, berfoto bersama Unta, dan beberapa wahana menarik lainnya.

Kebun Binatang Gembira Loka termasuk Kebun Binatang terbesar di Indonesia karena memiliki luas tak kurang dari 20 Ha. Didalamnya terdapat lebih dari 100 species satwa, juga 61 jenis flora. Saat ini dari statistik pengunjung, jumlah pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka menempati urutan ketiga setelah Malioboro dan Keraton Jogja.

Taman Wisata kaliurang

Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi 1

img : ngetrip.website

Bukan hanya Kebun Binatang Gembira Loka tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, namun Taman Wisata Kaliurang juga layak dicoba. Tempat wisata ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan pesona Gunung Merapi. Layaknya tempat wisata pegunungan, Taman wisata Kaliurang diliputi hawa sejuk karena berada di ketinggian 900 Mdpl.

Disekitar Taman Wisata Kaliurang juga banyak tersedia hotel, villa, quest house, dan penginapan dengan tarif murah. Jarak dari Malioboro menuju tempat wisata ini sekitar 29 km ke arah Utara dengan  waktu tempuh sekitar 1 jam.

Pantai Indrayanti

Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

img : jogjaphoto.com

Pantai Parangtritis boleh saja menjadi salah satu icon Yogyakarta, namun Pantai Indrayanti memiliki pesona alam yang tak kalah menarik. Bahkan panorama Pantai Indrayanti disebut-sebut sangat mirip dengan pantai-pantai di Bali. Bersama Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Drini dan beberapa pantai di Gunungkidul lainnya, Pantai Indrayanti menjadi salah satu obyek wisata paling diperhitungkan di Yogyakarta.

Untuk menikmati pesona Pantai Indrayanti tidak mudah. Butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, dengan jalan khas menuju pantai yang berkelok-kelok. Karena sudah menjelma menjadi obyek wisata modern, disekitar Pantai Indrayanti sudah tersedia hotel dan penginapan dengan tarif relatif terjangkau.

Masih banyak tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi lainnya jika kita berlibur ke Yogyakarta. Jangan lupa mencicipi Gudeg atau aneka kuliner khas Jogja saat berwisata malam di kota Yogyakarta.

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *