Tempat Wisata Kuliner di Jogja : Angkringan Lik Man

By | March 2016
Tempat Wisata Kuliner di Jogja Angkringan lik man

Sejauh ini istilah angkringan identik dengan makanan yang merakyat, enak namun murah meriah. Tapi ada yang beda dengan Angkringan Lik Man yang ada diseputaran Stasiun Tugu Jogja. Disini bukan hanya tempat berkumpul warga sekitar, namun banyak kalangan wartawan, budayawan, dan berbagai komunitas  menjadikan salah satu tempat wisata kuliner di Jogja ini sebagai tempat favorit untuk bersantai.

Angkringan Lik Man dikelola oleh Siswo Raharjo atau lebih terkenal dengan panggilan Lik Man. Beliau adalah putera Mbah Pairo yaitu pedagang angkringan yang berjualan pertama kali di Jogja pada tahun 1950 silam. Sejak diwariskan kepada Lik Man tahun 1969, angkringan ini semakin melegenda. Bahkan munculnya angkringan-angkringan lain di Jogja umumnya terinspirasi dari Angkringan Lik Man ini.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja Angkringan lik man

img : sunrisehoteljogja.com

Sajian Kuliner Istimewa

Angkringan Lik Man menawarkan minuman panas maupun dingin. Salah satu minuman favorit pelanggan disini yaitu Kopi Joos. Sekilas minuman ini seperti kopi hitam pada umumnya, namun saat disajikan kopi panas ini ditambahkan arang. Selain memberi sensasi rasa berbeda, konon arang tersebut juga mampu menurunkan kadar kafein yang terkandung dalam kopi.

Ini tentu saja bukan mitos sebab beberapa mahasiswa yang nongkrong di Angkringan Lik Man pernah melakukan penelitian terkait Kopi Joos ini. Dan benar saja, ternyata arang cukup efektif untuk menetralisir kandungan kafein pada kopi sehingga aman dikonsumsi.

Selain beragam minuman, Angkringan Lik Man juga menyediakan aneka makanan wajib seperti sego kucing, sambel teri, oseng tempe, jadah bakar, dan berbagai jenis gorengan. Beda dengan nasi kucing di tempat lain, sego kucing khas Angkringan Lik Man ini terkenal istimewa. Nasinya pulen, takaran bumbu oseng tempe dan sambel terinya sangat pas sehingga rasanya lebih lezat.

Jika kita tidak suka makanan yang sudah dingin, disini kita bisa meminta kepada penjualnya untuk menghangatkan kembali. Caranya sangat unik yaitu dengan cara dibakar. Lauk yang terasa lebih enak setelah dibakar yaitu tempe bacem, tahu susur, jadah (ketan yang dipadatkan), dan mendoan (tempe digoreng tepung).

Nasi kucing memang porsinya tidak begitu banyak. Mungkin untuk 1 bungkus nasi kucing belum bisa membuat kita kenyang. Namun jangan khawatir, disini juga disediakan piring untuk memindahkan 2 atau 3 bungkus nasi kucing. Tentunya ini juga solusi yang tepat bagi kita yang kurang nyaman makan langsung dari bungkusnya.

kopi joss kawasan wisata angkringan Tugu Jogjakarta

Fasilitas Angkringan Lik Man

Di Angkringan Lik Man ada dua tempat duduk yang disediakan. Kita bisa memilih salah satunya. Jika ingin duduk lebih dekat dengan penjual sekaligus memudahkan jika ingin menambah makanan, bisa memilih tempat duduk dekat bakul atau anglo. Namun jika ingin berkumpul dengan banyak teman, kita bisa memilih tempat duduk alas tikar yang digelar memanjang di trotoar.

Angkringan Lik Man adalah tempat wisata kuliner di Jogja yang memberi kita kebebasan dalam hal apapun, termasuk kebebasan dalam berbicara. Kita bebas membahas apa saja mulai dari situasi politik, demonstrasi, liburan, pekerjaan, atau sekedar bercanda atau hal-hal tidak penting sekalipun. Intinya kita bebas berekspresi dan tak ada larangan formal terkait hal ini.

Namun satu hal yang harus diketahui, baik di Angkringan Lik Man atau di angkringan manapun, kita wajib menjaga budaya angkringan itu sendiri. Budaya tersebut adalah “Tepo Sliro” atau toleransi, saling berbagi, dan “biso rumongso” atau menghargai perasaan orang lain. Jadi kita harus menjaga perasaan dan hak-hak orang lain tanpa harus berebut tempat, meski duduk saling berdekatan dengan pengunjung yang tidak kita kenal.

 

Alamat Angkringan Lik Man :

Jalan Wongsodirjan – Yogyakarta 55271

 

Peta Lokasi Angkringan Lik Man

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *