Tempat Wisata Kuliner di Jogja : Gudeg Pawon Umbulharjo

By | March 2016
Tempat Wisata Kuliner di Jogja Gudeg Pawon Umbulharjo

Jogja tak pernah tidur. Bahkan ketika malam beranjak mendekati dini hari, aktivitas kuliner malam di Jogja justru semakin semarak. Banyak keunikan tempat wisata kuliner di Jogja begitu pula dengan sajian kulinernya, begitu menggoda selera bagi siapa saja yang mencicipinya. Karena biar bagaimanapun, wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner adalah rangkaian kesempurnaan Jogja yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.

Gudeg Pawon Umbulharjo adalah satu dari sekian banyak tempat wisata kuliner di Jogja yang mungkin memberi kesan lebih spesial. Disini sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi tentang Gudeg karena makanan icon Yogyakarta ini sudah sedemikian populer di seantero negeri. Bahkan menjadi makanan favorit bagi siapapun yang pernah berkunjung ke Jogja.

Kuliner Malam yang Unik

Kembali pada Gudeg Pawon Umbulharjo, tempat ini menjadi salah satu tempat makan favorit di daerah Sleman. Keunikan Gudeg Pawon sendiri yaitu disajikan dari Pawon (dapur) langsung pada pelanggan. Dengan kata lain pembeli terlebih dulu harus mengantri untuk mengambil gudeg di dapur secara langsung. Sambil mengantri pengunjung bebas melihat proses pembuatan Gudeg dalam tungku.

Tak jauh beda dengan Gudeg pada umumnya, Gudeg Pawon menyajikan lauk berupa telur bulat dan ayam kampung bagian dada atau sayap. Namun lain dengan Gudeg yang umumnya manis, rasa Gudeg Pawon cenderung lebih gurih ditambah dengan sambal krecek yang cukup pedas. Rasanya kian sempurna karena dipadukan dengan nasi pulen hangat.

Satu yang menjadi kekurangan tempat makan ini adalah ruang makan yang minim. Antuasiasnya para peminat Gudeng Pawon, tidak dibarengi dengan penambahan ruang makan sehingga selalu terjadi penumpukan antrian. Apalagi sebagian area tempat makan ini milik orang lain. Oleh sebab itu kedepannya mungkin perlu sedikit pembenahan terkait ruang makan.

Terkenal Sejak Tahun 1958

Nama Gudeg Pawon sangat familiar di telinga warga Jogja terutama mereka yang tinggal di Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Bahkan tak jarang para wisatawan dari luar daerah banyak yang merindukan rasa Gudeg Pawon ini selepas mereka meninggalkan Jogja. Bisa dibilang rasa Gudeg Pawon sudah melekat di hati siapapun yang pernah mencicipinya.

Kuliner malam ini bisa dibilang pelopor dibalik popularitas Gudeg sebagai makanan khas Jogja. Hal ini cukup beralasan karena Gudeg Pawon sendiri sudah dibuka sejak tahun 1958 silam. Waktu yang lebih dari setengah abad ini membuktikan eksistensi Gudeg Pawon sebagai makanan kuliner dengan trade mark yang unik dan rasa yang khas.

Meskipun Gudeg Pawon tempatnya cukup sederhana namun masalah rasa sulit dicari tandingannya. Bahkan secara turun-temurun banyak yang kemudian menjadi pelanggan karena rasanya yang benar-benar istimewa. Proses pembuatannya yang dlakukan dengan cara alami tentunya menghasilkan rasa gudeg yang berbeda.

Jam Buka Gudeg Pawon 

Karena terlanjur identik dengan kuliner malam, Gudeg Pawon Umbulharjo baru mulai buka jam 10 malam. Namun meski begitu sebaiknya datang jauh sebelum jam tersebut jika tidak mau ‘terjebak antrian’. Ya, tempat wisata kuliner di Jogja yang satu ini memang selalu dipenuhi pelanggan juga pada wisatawan yang ingin menikmati kuliner malam di Jogja.

Untuk harga satu porsi Gudeg Pawon lengkap dengan teh manis tak lebih dari Rp. 30 ribu. Harga yang cukup bersahabat terutama bagi mereka yang penasaran dengan rasa Gudeg Pawon Umbulharjo yang istimewa.

Ingin mencicipi sajian kuliner khas Jogja lainnya? Silakan meluncur ke Angkringan Lik Man atau House of Raminten yang menyajikan menu-menu tradisional asli Yogyakarta.

 

Alamat Gudeg Pawon Umbulharjo :

Jalan Janturan No. 36 – Warungboto – Umbulharjo – Yogyakarta 55164

 

Peta Lokasi Gudeg Pawon Umbulharjo

 

(rif)

Incoming search terms:

2 thoughts on “Tempat Wisata Kuliner di Jogja : Gudeg Pawon Umbulharjo

  1. Pingback: 4 Tempat Wisata Kuliner di Jogja - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  2. Pingback: Tempat Wisata Kuliner di Jogja : Legenda Kuliner Kerajaan di Manggar Manding - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *