Tempat Wisata Kuliner di Jogja : Legenda Kuliner Kerajaan di Manggar Manding

By | May 2016
Tempat Wisata Kuliner di Jogja - Gudeg legendaris di Manggar Manding

Jika lidah kita sudah terlalu hafal dengan sajian Gudeg khas Jogja dengan bahan biasa, mungkin kita perlu mencoba sensasi rasa berbeda Gudeg versi yang lain. Ya, di Rumah Makan Manggar Manding tersedia sajian Gudeg yang terbuat dari bunga pohon kelapa yang kemudian populer dengan sebutan Gudeg Manggar. Karena sajian menu makanannya yang unik, tempat wisata kuliner di Jogja ini selalu ramai oleh pengunjung, terutama mereka yang penasaran dengan rasa Gudeg Manggar.

Terletak di Jalan Parangtritis Km 11.5 Bantul Yogyakarta, Rumah Makan Manggar Manding memiliki desain yang menonjolkan konsep arsitektur tradisional. Senada dengan itu menu-menu yang disediakan juga didominasi oleh makanan tradisional khas Jawa.

Menurut cerita Gudeg Manggar adalah sajian kuliner yang sudah populer sejak 5 abad yang lalu, atau sejak zaman Kerajaan Mataram. Konon makanan ini ditemukan oleh Sekar Pembayun yang tak lain adalah istri dari Ki Ageng Mangir Wanabaya.

Kuliner ini begitu cepat disukai penduduk untuk kemudian menjadi sajian utama diacara-acara keagamaan, pernikahan dan syukuran.

Sajian Utama Rumah Makan Manggar Manding

Memasuki area Rumah Makan Manggar Manding, tempat wisata kuliner di Jogja ini nampak cukup mewah. Desain rumah bergaya tradisional selaras dengan fasilitas didalamnya seperti meja dan kursi yang terbuat dari kayu tebal namun terlihat lux karena dikerjaan dengan teknologi modern. Begitu memasuki ruangan kita langsung disambut pelayan dengan senyumnya yang ramah.

Gudeg Manggar menjadi sajian utama Rumah Makan Manggar Manding. Kesan kuliner langka benar-benar terasa ketika porsi nasi dan Gudeg Manggar yang kita pesan disajikan dalam piring rotan dengan alas daun pisang.

Untuk 1 porsi terdiri dari kombinasi beberapa makanan seperti Gudeg Manggar, Nasi, Sambal Krecek, 1 Telur, Ayam Suwir, dan 1 Tahu Bacem. Sayangnya disini tidak menyediakan lauk tambahan yang biasanya disajikan bersama Gudeg seperti kepala Ayam, Ceker Ayam, atau Jerohan.

Sebenarnya rasa Gudeg Manggar dan Gudeg dari bahan nangka muda kurang lebih sama, karena bumbu-bumbu yang digunakan serta proses pembuatannya juga sama. Hanya saja karena menggunakan bahan berbeda mungkin sensasi rasanya juga berbeda. Hal ini yang mengundang rasa penasaran para pemburu kuliner di Jogja.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja - Gudeg legendaris di Manggar Manding

Img : manggarmanding.com

Tak hanya Gudeg Manggar, di Rumah Makan Manggar Manding juga menyediakan makanan kuliner khas Jogja lainnya seperti Brongkos, Ayam Goreng, Ikan Gurami Organik, serta aneka sambal dan sayuran.

Menu makanan semakin sempurna dengan aneka minuman tradisional seperti Wedang Ronde, Wedang Uwuh, serta berbagai macam Jus Buah.

Sebenarnya kuliner Gudeg Manggar bisa kita temui dibeberapa tempat makan di Yogyakarta. Hanya saja karena Rumah Makan Manggar Manding ini terlanjur identik dengan Gudeg Manggar, maka banyak pengunjung yang rela meluncur ke daerah Bantul untuk mencicipi sajian kuliner khas Jogja ini.

Lokasi Rumah Makan Manggar Manding

Jalan Parangtritis (Jln Tembi) KM 11.5 Manding, Bantul, Yogyakarta.

Rute ke Lokasi

Rumah Makan Manggar Manding terletak di daerah Manding Bantul. Tempat wisata kuliner di Jogja paling populer ini mudah diakses dari semua arah karena terletak di jalur utama yang menghubungkan Yogyakarta Kota dan Pantai Parangtritis.

Jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta rute yang dianjurkan melalui jalur Selatan via Jalan Parangtritis. Lokasi Rumah Makan Manggar Manding berada disebelah Selatan Perempatan lalulintas Manding, masih di kawasan Jalan Parangtritis. Bagi yang sudah sering berkunjung ke Yogyakarta tidak akan kesulitan menemukan tempat ini.

 Peta Lokasi 

Video Rumah Makan Manggar Manding

Video liputan Rumah Makan Manggar Manding,  di NET.tv (sumber : Youtube)

 

(rif)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *