Tempat Wisata Kuliner di Jogja : Nasi Goreng Beringharjo

By | March 2016
Tempat Wisata Kuliner di Jogja  Nasi Goreng Beringharjo

Di Indonesia nasi goreng merupakan makanan yang sangat populer. Hampir semua orang diberbagi daerah mengenal atau bahkan pernah mencicipi kelezatan nasi goreng. Namun ada satu tempat wisata kuliner di Jogja yang menyajikan nasi goreng dengan rasa yang khas dan cara penyajian yang unik. namanya Nasi Goreng Beringharjo.

Menikmati satu porsi Nasi Goreng Beringharjo tidak hanya bicara soal kelezatannya namun juga kisah seputar perpaduan antara budaya Jawa dan Cina. Memang benar, meskipun nasi goreng termasuk kuliner khas Indonesia namun keberadaannya tak bisa lepas dari unsur-unsur makanan Cina yang kini sangat akrab dengan lidah orang Indonesia.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja  Nasi Goreng Beringharjo

img : kanaljogja.com

Terkenal Sejak tahun 1960

Nasi Goreng Beringharjo termasuk tempat wisata kuliner di Jogja yang bisa dibilang legendaris. Keberadaannya yang sudah terkenal sejak tahun 1960 silam, membuktikan bahwa kelezatan nasi goreng ditempat ini tidak bisa dibantah lagi. Ratusan pengunjung keluar masuk tempat makan ini dalam setiap harinya. Tentunya tidak perlu mengantri sebab penjual sudah memasak nasi goreng dalam jumlah besar, dan tinggal dihangatkan sewaktu akan dihidangkan.

Seperti yang diulas diawal, menyantap Nasi Goreng Beringharjo sama seperti kita belajar mendalami akulturasi Jawa dan Cina, karena pada awalnya nasi goreng memang berasal dari daratan Cina. Hal ini terasa dari dominasi bumbu bawang putih dan kecap yang merupakan bumbu khas Cina. Seiring semakin banyaknya warga Cina yang datang dan bermukin ke Indonesia maka nasi goreng berangsur menjadi bagian dari masakan Indonesia.

Bukti akulturasi yang paling menonjol adalah munculnya variasi nasi goreng. Ada nasi goreng ayam, nasi goreng kambing, hingga nasi goreng pete yang merupakan bumbu asli Indonesia. Rasanya juga bervariasi, ada yang rasa bawang putihnya sangat kuat atau rasa manis kecap yang lebih dominan. Seperti Nasi Goreng Beringharjo yang lebih memilih nasi goreng ayam sebagai sajian utamanya.

Meskipun akulturasi membuat nasi goreng memiliki varian bumbu dan rasa berbeda, namun Nasi Goreng Beringharjo tetap memiliki karakter dan diri khas berbeda. Beda dengan tempat lainnya, disini sekali masak nasi goreng bisa langsung setengah bakul dan dimasak dalam wajan besar lalu diberi bumbu istimewa. Disebut istimewa karena racikan bumbu ini tidak dibuat langsung ditempat penjualan namun sudah diproses sebelumnya.

Pertama kali melihat satu porsi Nasi Goreng Beringharjo dijamin perut langsung keroncongan. Bagaimana tidak, dalam satu piring nasi goreng tersaji bahan-bahan yang lengkap. Tengok saja, setelah nasi goreng ditaruh dalam piring lalu ditambahkan daging ayam. Belum lagi bahan-bahan lain yang ditambahkan seperti kol, daun seledri, irisan tomat, telur dadar, tak lupa juga acar dan cabe sebagai pelengkap.

Sejak dibuka lebih dari setengah abad yang lalu, tempat wisata kuliner di Jogja ini sudah memiliki ribuan pelanggan, baik warga sekitar maupun para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Oleh karena itu tak jarang ada yang langsung memesan 1,5 porsi sampai 2 porsi untuk sekali santap.

Untuk harganya bervariasi, tergantung dari jenis nasi goreng yang dipesan. Nasi Goreng Beringharjo terkenal dengan rasanya yang khas dan pas. Artinya rasa manis atau rasa asinnya tidak terlalu menonjol. Begitu juga aroma bawang putihnya tidak terlalu menyengat namun tetap terasa di lidah.

Bagi wisatawan yang kebetulan menginap di kawasan Malioboro, Keraton Jogja, Pasar Beringharjo, Taman Sari dan sekitarnya, tak ada salahnya mencicipi kuliner malam Nasi Goreng Beringharjo ini. jangan lupa selain nasi goreng tersedia juga menu-menu lain seperti Bakmi, Cap Chai, Bihun, dan lain-lain.

 

Alamat Nasi Goreng Beringharjo :

Jalan Pabringan No. 1 – Yogyakarta 55271        

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *