Tempat Wisata Kuliner di Jogja : House of Raminten

By | March 2016
Tempat Wisata Kuliner di Jogja House of Raminten

Diantara ratusan tempat wisata kuliner di Jogja, House of Raminten terlihat sangat berbeda. Dari namanya saja jelas terlihat bahwa tempat ini memiliki literatur kebarat-baratan namun tetap mengusung corak Jawa. Bagi warga Yogyakarta atau mereka yang tinggal di Jogja tempat ini pasti tidak asing lagi, bahkan mungkin masuk list salah satu tempat makan favorit di Jogja.

Ketika mengunjungi tempat ini malam hari atau weekend bisa dipastikan kita harus mengisi buku tamu terlebih dulu sebelum memasuki ruangan. Ini sudah menjadi trade mark-nya House of Raminten sebagai tempat wisata kuliner yang unik dan berbeda dari tempat lain.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja House of Raminten

img : santapjogja.com

Café Nyentrik Bernuansa Jawa

Dilihat dari desainnya, House of Raminten ini lebih tepat disebut café bernuansa Jawa. Ini dapat kita lihat dari sebuah Kereta Kencana yang dipajang dan terekspose dari luar.

Begitu masuk ke ruangan kita langsung dapat mencium aroma dupa yang khas berpadu dengan bunga-bunga yang diletakkan diberbagai tempat. Nuansa mistis mungkin agak terasa manakala suara gending-gending Jawa terus terdengar mengalun ditengah redupnya cahaya lilin.

Unsur budaya Jawa begitu kental disini. Hal itu bisa kita lihat dari deretan para waitress yang mengenakan kebaya kemben dengan alas kaki bakiak khas Jawa. Sementara para waiter menggunakan celana batik dengan keris terselip dipinggang.

Uniknya setiap pelayan disini dibekali walkie talkie, nota, dan dompet sehingga tidak membutuhkan peran kasir lagi. Untuk memanggil pelayan kita harus membunyikan kentongan yang sudah disediakan di meja.

Menu Makanan dan Minuman House of Raminten

Sajian kuliner di House of Raminten  sangat banyak namun lebih didominasi makanan tradisional Jawa terutama makanan khas Jogja. Ada Tahu Bola, Sego Kucing, Es Klamud, Wedang Sere, dan masih banyak lagi. Tak hanya tempat dan atribut pelayan yang unik, namun ada yang lebih unik lagi yaitu gelas yang cukup tinggi sekitar 40 centimeter untuk menyajikan minuman.

House of Raminten memang terkesan tempat makan high class. Namun soal menu dan harga makanan sangat bersahabat.

Dari semua jenis sajiannya baik untuk makanan, minuman, atau dessert-nya maksimal hanya Rp. 50 ribu. Misalnya untuk menu khas angkringan seperti sego kucing kita cukup mengeluarkan biaya Rp. 10 ribu saja. Menu sego kucing sendiri harganya bervariasi, tergantung jenis yang kita pesan apakah sego kucing Tanpa Telur (Tante) atau Pakai Telur (Pakte). Paketnya juga tinggal pilih ada paket single, double, dan triple.

Tempat wisata kuliner Jogja The House of Raminten

Disini ada menu istimewa bernama Sunduk Raminten. Makanan ini terbuat dari daging giling yang dicampur parutan kelapa muda dipadukan dengan berbagai jenis rempah-rempah. Rasanya gurih sedikit manis.

Ada juga menu yang tak kalah lezat seperti Soto Raminto, Brongkos, Satelit (sate lilit), Rawon, Pepes, Pacikeran, dan lain-lain.

Selain Wedang Sere dan Es Klamud juga tersedia aneka minuman seperti Es Gudir, Es Purworukmi, Es Krim Bakar, dan aneka Jus Buah. Sebagai pelengkap House of Raminten juga menyediakan berbagai jenis Jamu Tradisional Jawa. Untuk jenis dan khasiatnya sudah tertera di list menu.

Bisa dibilang House of Raminten  adalah tempat wisata kuliner di Jogja paling lengkap.

Tak hanya menyajikan makanan dan minuman, namun café bernuansa Jawa ini juga dilengkapi SPA tradisional. Kita bisa melakukan perawatan sambil menikmati aneka minuman yang disediakan. Tak hanya itu, di salah satu sudut ruangan terdapat tukang cukur yang siap melayani pengunjung dengan model-model potongan rambut yang keren.

 

Alamat House of Raminten:

Jalan FM Noto 7 – Kotabaru – Yogyakarta

Jalan Kaliurang – Yogyakarta

Lt 3 Mirota Batik – Malioboro – Yogyakarta

 

Peta Lokasi House of Raminten Kotabaru

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *