Tempat Wisata Malam di Jogja

By | April 2016
Tempat Wisata Malam di Jogja - taman lampion

Menikmati keajaiban tempat wisata di Jogja tak cukup hanya dilakukan siang hari. Banyak tempat wisata malam di Jogja yang harus dikunjungi agar liburan kita di kota Gudeng ini lebih sempurna. Inilah Jogja, kota budaya yang unik dimana sepertinya tak cukup waktu sehari untuk menikmati tempat-tempat wisata menarik didalamnya.

Jogja istimewa. Slogan ini mengingatkan kita bahwa Jogja memang berbeda dari daerah-daerah lain di Indonesia. Banyak hal istimewa disini terutama tempat wisata malamnya yang mengagumkan. Meski terdiri dari masyarakat multikultural, toh Jogja tetap dengan ciri khasnya, tetap dengan karakternya sebagai daerah yang menjunjung tinggi adat dan kebudayaan Jawa yang kental.

Kembali ke soal tempat wisata malam di Jogja, berikut beberapa tempat wisata yang bisa kita nikmati di malam hari saat berlibur ke Yogyakarta.

Wisata kuliner Bukit Bintang Jogjakarta

Bukit Bintang

Terasa istimewa jika kita menghabiskan malam di Bukit Bintang Jogja. Tempat wisata nan romantis ini berada di Jalan Yogyakarta – Wonosari, dimana dari tempat ini kita bisa menikmati keindahan langit Jogja di malam hari, serta suasana kota Jogja yang dihiasi gemerlap lampu malam.

Untuk menikmati Bukit Bintang harus ditebus dengan perjalanan yang melelahkan. Mungkin kita diipaksa menahan nafas ketika harus berkendara mengikuti jalan berkelok-kelok dan menanjak. Namun semua terbayar lunas begitu kita sampai di lokasi. Langit Jogja yang dipenuhi gemintang adalah obat mujarab untuk mengatasi kelelahan.

Titik Nol Kilometer

Lokasi Nol kilometer tak begitu jauh dari Jalan Malioboro. Untuk mencapai salah satu tempat wisata malam di Jogja ini kita cukup berjalan kaki menyusuri sepanjang jalan Malioboro ke arah alun-alun. Kawasan ini menjadi salah satu bukti bahwa keindahan Jogja tidak pernah meredup meski senja telah berganti malam.

Tempat Wisata Malam di Jogja - titik nol kilometer jogja

Img : jalanjogja.com

Menyambangi titik Nol kilometer kita akan menemukan banyak peninggalan bersejarah, contoh yang paling populer bangunan peninggalan Belanja yang terkenal dengan sebutan Loji. Menelusuri bangunan ini kita seperti berjalan di lorong waktu, berkelana di masa lalu. Masa dimana arus modernisasi belum menjamah nusantara seperti sekarang ini.

Kini kawasan Nol kilometer menjadi lokasi nongkrong anak-anak muda, baik warga lokal maupun wisatawan yang berlibur di Jogja. Mereka sibuk mengekspresikan diri dengan berfoto selfie, atau sekedar nongkrong untuk menghabiskan malam di kota Jogja.

Taman Pelangi – Taman Lampion

Taman Pelangi atau Taman Lampion merupakan tempat wisata yang hanya dibuka malam hari. Tempat ini masih satu area dengan tempat wisata Monjali (Monumen Jogja Kembali). Lokasinya sendiri tepat dipinggir jalan raya sehingga mudah dijangkau dari berbagai arah. Begitu masuk kita akan disambut lampion berukuran besar, bentuknya menyerupai pelangi.

Ratusan lampion yang tergantung indah mmembuat suasana Taman Pelangi kian romantis. Disini kita akan menemukan berbagai macam replika, misalnya replika Tembok Cina, Candi Borobudur, Mickey Mouse, Doraemon, dan lain-lain.

Tempat Wisata Malam di Jogja - Tugu Jogja

Tugu Jogja

Selain Malioboro mungkin Tugu Jogja terlalu mainstream. Dengan kata lain popularitas keduanya terlalu sering kita dengar sehingga menimbulkan kesan biasa-biasa saja. Meskipun begitu Tugu Jogja tetap menarik terutama untuk mereka berwisata malam hari. Tugu Jogja berada tepat diperempatan Jalan Mangkubumi, Jalan diponegoro, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan AM Sangaji.

Tugu Jogja sempat mengalami beberapa renovasi tanpa merubah nilai sakral dan sejarahnya. Tak hanya berjalan-jalan menghabiskan waktu malam hari, namun kita bisa berfoto dengan latar belakang Tugu Jogja yang dipenuhi lampu warna-warni yang indah. Tentunya sambil menikmati wisata malam di Tugu Jogja kita bisa menikmati kuliner malam di Jogja, disepanjang trotoar sekitar Tugu Jogja.

 

(rif)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *