Tempat Wisata Malam di Jogja : Menyusuri Lorong Waktu di Titik Nol Kilometer

By | April 2016
Tempat Wisata Malam di Jogja - Menyusuri Lorong Waktu di Titik Nol Kilometer

Bukan hanya pesona alam yang dapat kita nikmati disejumlah tempat wisata malam di Jogja. Namun menyusuri bangunan-bangunan bersejarah di Titik Nol Kilometer di pusat kota, adalah pilihan terbaik untuk menghabiskan malam saat berlibur di Jogja.

Ya, Titik Nol Kilometer bukan hanya area nongkrong anak muda, namun disana terdapat fakta sejarah yang tersirat dari sejumlah bangunan yang tetap berdiri kokoh hingga saat ini.
Berada di Titik Nol Kilometer Jogja kita seperti merasakan denyut Yogyakarta tepat di jantungnya. Disekitar kawasan ini merupakan kawasan wisata sejarah dimana terdapat bangunan peninggalan zaman Belanda yang disebut Loji.

Bisa dibilang kawasan Nol Kilometer adalah sentra perekonomian masyarakat Yogyakarta, karena sangat dekat dengan kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, Jalan Kyai Ahmad Dahlan, dan Jalan Wijilan yang selalu ramai oleh aktivitas wisatawan.

Ruang Publik Sarat Sejarah
Titik Nol Kilometer Jogja terletak diujung Jalan Malioboro, atau tepat ditengah-tengah Perempatan Kantor Pos Besar (terkenal dengan sebutan Prapatan Kantor Pos Gede). Jika berjalan dari arah Malioboro, berikutnya kita akan sampai didepan Gerbang Keraton bagian dari Alun-alun Lor.

Dapat dikatakan Titik Nol Kilometer Jogja merupakan ruang publik yang sarat unsur sejarah. Hampir semua bangunan di kawasan ini mempunyai karakter arsitektur kolonial Belanda yang khas, indah, dan megah. Begitu menginjakkan kaki disini suasana terasa berbeda. Kita seolah berada di lorong waktu, menelusuri fakta sejarah dimasa-masa penjajahan.

Beralih ke bagian Utara Perempatan Kantor Pos Besar, berdiri Gedung BNI dan Benteng Vredeburg. Ya, bangunan-bangunan tersebut hingga saat ini masih dengan bentuk aslinya yaitu bergaya arsitektur kuno, terlihat klasik namun indah. Tepat di sudut Utara kita dapat menemukan Monumen Serangan Umum 1 Maret. Sebuah monumen yang melambangkan kisah perlawanan rakyat Yogyakarta melawan penjajahan Belanda.

Aktivitas di Titik Nol Kilometer
Kini kawasan Titik Nol Kilometer menjadi tempat wisata malam di Jogja yang sangat populer. Setiap malam selalu dipenuhi berbagai aktivitas anak-anak muda, mulai dari event musik, kegiatan sosial, atau sekedar nongkrong bersama teman-teman. Tak hanya menyusuri sejumlah bangunan bersejarah namun banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di tempat ini.

Tempat Wisata Malam di Jogja - titik nol kilometer jogja
Hampir setiap minggu digelar berbagai event yang bertempat di Monumen Serangan Oemoem Satoe Maret. Event ini gratis dan terbuka untuk umum mulai dari acara musik, pertunjukan seni budaya, pameran, hingga berbagai macam lomba.

Yogyakarta sangat terkenal dengan keindahan kreativitas seninya. Di kawasan Titik Nol Kilometer ini terdapat galeri outdoor yang berisi instalasi seni karya seniman-seniman hebat Yogyakarta. Karya seni ini selalu update, artinya pada periode tertentu selalu diganti dengan karya seni yang baru.

Ada satu karya seni yuang paling populer di Titik Nol Kilometer Jogja yaitu Digital Heart atau wisatawan sering menyebutnya Gembok Cinta. Ada lagi tiga buah patung gajah berukuran besar yang bebas dicorat-coret oleh pengunjung. Ada juga patung bekicot serta kotak telepon berwarna merah menyala yang sering dijadikan background foto selfie para pengunjung.
Hal-hal ‘gila’ mungkin bisa kita lakukan di Titik Nol Kilometer ini, misalnya berfoto bersama beberapa orang yang mengenakan atribut unik. Kita bisa berfoto bareng tokoh-tokoh super seram seperti Pocong, Kuntilanak, atau bahkan korban pembunuhan berlumuran darah. Tentu saja ini ide dari anak-anak muda Jogja yang cukup kreatif.
Tempat wisata malam di Jogja Titik Nol Kilometer ini juga tempat berkumpulnya berbagai komunitas di Jogja. Ada komunitas fotografi, motor, sepeda onthel, hingga komunitas nyentrik seperti komunitas pecinta hewan-hewan langka.

 

Lokasi Titik Nol Kilometer Jogja

Perempatan Kantor Pos Besar Jogja (Selatan Jalan Malioboro) Yogyakarta

 

(rif)

Incoming search terms:

2 thoughts on “Tempat Wisata Malam di Jogja : Menyusuri Lorong Waktu di Titik Nol Kilometer

  1. Pingback: Tempat Wisata Malam di Jogja : Semalam di Tugu Jogja - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  2. Pingback: Kebun Binatang Gembira Loka Sebagai Tempat Wisata Edukasi Di Jogjakarta - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *