Tempat Wisata Menarik Di Peta Wisata Kota Jogjakarta

By | October 2015
Keraton Jogjakarta

Jika Anda ingin liburan ke Jogjakarta tentunya lebih bagus mengenal dengan baik wilayahnya apalagi jika Anda bukan orang Jogja atau orang Jawa Tengah asli, berada di kota orang tentunya membuat Anda merasa kurang nyaman, tidak senyaman berada di kampung sendiri.

Ada banyak cara untuk mengenal kota Jogjakarta, Anda bisa mencari sumber informasinya dari media cetak maupun secara online atau yang lebih mudah dengan cara mempelajari peta wisata kota Jogjakarta di peta cetak maupun di peta yang ada di smarthphone.

Dan inilah yang akan Anda temukan di peta wisata Jogjakarta:

Keraton Yogyakarta

Merupakan kediaman kerajaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Masih sampai saat ini, Keraton Yogyakarta digunakan sebagai tempat tinggal sultan serta rumah tangga istana. Kediaman ini didirikan pertama kali oleh Sultan Hamengkubuwono I.

Dalam Keraton Yogyakarta, Anda dapat melihat sekaligus mempelajari budaya Jawa dan melihat-lihat peninggalan yang ada di sana.

Anda pasti akan takjub melihat lingkungan dalam keraton yang merupakan salah satu kerjaan Nusantara yang masih berdiri dengan budaya dan aturan tersendiri di Indonesia.

Tempat ini buka setiap hari sejak pukul 08.30 hingga pukul 14.00, kecuali hari jumat, tutup 1 jam lebih cepat, harga tiket masuknya, hanya Rp. 5000.

Keraton Jogjakarta

Keraton Jogjakarta | img : en.wikipedia.org

Jalan Malioboro

Setelah puas melihat dan mempelajari kebudayaan Jawa di Keraton Yogyakarta, maka Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke jalan Malioboro, berjalan-jalan sambil berbelanja.

Sehari-hari pada waktu siang, jalan Malioboro dipenuhi oleh pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam kaos dan souvenir khas Jogja. Pada waktu malam, lokasinya akan berganti suasana dengan deretan lesehan yang menawarkan berbagai macam menu masakan terutama masakan khas Jogja serta angkringan.

Malioboro merupakan tujuan utama para wisatawan yang hobi berbelanja, di tempat ini, Anda bisa membeli kaos serta pakaian bermotif batik, produk kerajinan kulit dan masih banyak lagi.

Kebun Binatang Gembira Loka

Salah satu tempat wisata yang menarik di kota Jogjakarta ini berisi berbagai macam spesies menarik dari belahan penjuru dunia. Merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga, karena anak-anak akan sangat menyukainya. Anda bisa melihat harimau, gajah asia, simpanse, hingga orangutan di tempat ini.

Pada pertengahan tahun 2013, Gembira Loka membuka dan mempertunjukkan Bird Park untuk umum yang langsung menjadi primadona, menjadi rumah bagi 50 jenis burung yang berjumlah 300 ekor. Di Bird Park, Anda dapat melihat 9 area, seperti area flamingo, area elang, area paruh bengkok, area dome, area cenderawasih, area pecuk hitam dan masih banyak lagi.

Kota Gede

Di peta wisata Jogjakarta, Anda akan menemukan banyak sekali tempat-tempat menarik yang populer yang wajib untuk dikunjungi, termasuk kota gede. Merupakan kawasan tua bekas ibu kota dari kerajaan yang populer dengan kerajinan peraknya.

Anda bisa menemukan banyak sekali toko perak di sepanjang jalan kemasan, serta jalan mondorokan hingga pertigaan bekas bioskop istana. Dan kebanyakan toko perak ini menawarkan potongan harga yang cukup tinggi, hingga mencapai 50%.

Untuk pergi ke tempat wisata ini, Anda bisa naik andong, bis kota, taksi, transjogja atau bahkan naik becak tergantung jarak tempuhnya saja. Halte Transjogja, biasanya mengelilingi wilayah Kota Gede, seperti Halte Ngeksigondo, Halte Tegal Gendu dan Halte Gedung Kuning.

Kota gede Jogja

Gerbang kuno ke dalam masjid besar dan pemakaman kerajaan Kota gede Jogja | img : en.wikipedia.org

Kotabaru

Jika ada Kota Gede, maka ada juga Kotabaru yang berada di pusat kota Jogjakarta. Di kawasan ini, Anda bisa melihat Gereja Santo Antonius Kotabaru, Kreteg Kewek hingga bangunan bergaya art deco Gedung Bimo bahkan Kantor Asuransi Jiwasraya.

Dan jika anda ingin merasakan sensasi rumah makan yang unik tapi murah, anda bisa berkunjung ke The House of Raminten. Tapi jangan kaget jika anda datang pada waktu jam makan siang atau pada malam hari, anda terpaksa harus duduk di tempat menunggu yang disediakan sampai ada tempat yang kosong, saking ramainya.

Ada banyak tempat wisata menarik yang terdapat di peta wisata Jogjakarta yang bisa Anda kunjungi sejak Anda menginjakkan kaki pertama kali ke kota pelajar ini.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *