Wisata Malam Di Alun-alun Kidul Jogjakarta Yang Bikin Penasaran

By | October 2015
Tradisi masangin di alun alun kidul Jogjakarta

Salah satu tempat wisata malam yang menarik di Jogjakarta adalah Alun-alun kidul (Alun alun selatan) atau sering disingkat menjadi Alkid. Selain lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota atau sekitar 0,5 kilometer dari Malioboro, tepatnya berada di sebelah selatan Keraton Yogyakarta. Di alun  alun kidul ini ada sebuah kegiatan unik yang disebut dengan “Masangin”.

Menurut mitos kegiatan masangin ini berawal dari tradisi para prajurit keraton yang sering mengadakan latihan konsentrasi dengan cara berjalan dengan mata tertutup melewati antara 2 pohon beringin (ringin kembar) yang berada di tengah alun alun.

Kegiatan masangin ini menjadi menarik dan membuat banyak orang yang penasaran untuk mencoba, karena walaupun terlihat mudah, ternyata orang yang mencoba berjalan melewati ringin kembar yang jaraknya terpisah sekitar 25 meter dengan mata tertutup ini seringkali mengalami kegagalan.

Kesulitan yang dialami orang untuk melewati ringin kembar tersebut Menurut mitos Alun alun kidul yang lain, terkait dengan kisah Putri Sultan Hamengkubowono pertama yang menolak secara halus lamaran seorang pemuda yang ingin menikahinya, dengan memberi syarat  pelamarnya harus bisa berjalan dari pendopo yang berada di sebelah utara Alun alun Kidul melewati dua beringin kembar yang berada di tengah alun alun dengan mata tertutup.

Ternyata pelamar tersebut gagal untuk melakukannya dan kemudian Sultan Hamengkubowono bersabda bahwa hanya pemuda yang tulus dan bersih hatinya yang akan bisa memenuhi syarat sang putri tersebut.

Banyak orang yang gagal untuk melewati 2 pohon beringin penasaran hingga mencoba berkali-kali dan itupun belum tentu berhasil. Dan anda pasti akan tertarik bahkan ikut penasaran ketika melihat seorang dengan mata tertutup, yang awalnya berjalan lurus ke selatan bisa berbelok melenceng jauh atau bahkan berputar kembali ke tempat dia mulai berjalan.

Jika ingin mencoba tradisi masangin ini, anda bisa menggunakan penutup mata sendiri atau menyewa dari persewaan tutup mata yang ada disana.

Pada waktu tertentu terutama ketika musim liburan, seringkali diadakan kegiatan lomba masangin yang membuat suasana alun alun kidul Jogja ini menjadi semakin meriah dengan gelak tawa penonton yang menyaksikan polah beberapa peserta lomba yang berjalan melenceng, berbalik arah bahkan berputar putar.

Kalau sudah berkali-kali mencoba masangin namun masih gagal, mungkin anda bisa mencobanya lagi dengan melepas alas kaki yang anda pakai dan jika cukup peka serta berkonsentrasi, anda pasti akan berhasil melakukannya. Tapi kami sarankan anda tidak langsung menggunakan cara ini ketika pertama kali melakukan masangin, karena mungkin anda akan kehilangan sensasi tradisi ini.

Deretan becak hias di alun alun kidul Keraton Yogyakarta

Becak hias dengan berbagai model di alun alun kidul Jogjakarta | img : kratonpedia.com

Selain melihat atau melakukan kegiatan unik masangin, Anda juga bisa menikmati suasana malam alun alun kidul dengan mengayuh sepeda tandem atau becak hias/ odong odong  bersama keluarga.

Berbagai macam bentuk sepeda tandem dan becak hias yang unik, dilengkapi lampu asesoris warna warni, bahkan beberapa diantaranya dilengkapi dengan player beserta sound sistemnya untuk memainkan lagu lagu populer, menjadikan suasana semakin meriah.

Becak hias bisa digunakan untuk berdua atau lebih dari 5 orang tergantung bentuk dan modelnya.

Jika anda hanya ingin menikmati suasana sambil menikmati kuliner, anda bisa duduk santai di tikar yang disediakan para pedagang untuk lesehan pembelinya.

Seperti halnya di alun alun utara di tempat itu banyak pedagang wedang ronde serta jagung bakar. Namun anda bisa juga menemui banyak pedagang makanan lain seperti mie ayam, bakso, somay, sate, angkringan dan lain-lain.

Pada waktu siang suasana alun alun selatan cukup sepi, walaupun ada beberapa orang yang duduk santai di kursi yang tersedia di sekitar alun alun tersebut. Kebanyakan hanya kendaraan yang melintas. Suasana akan mulai ramai menjelang sore hingga sekitar pukul 10 malam. Namun terkadang di pagi hari sebelum jam 12 ada rombongan yang datang mencoba permainan masangin.

Ada cukup banyak penginapan dan hotel di dekat alun-alun kidul Jogjakarta ini, seperti Simply Homy Guest House, Pondok 71, penginapan Pugeran, hotel nDalem Gamelan, hotel Puspita, hotel Ananda, Pose in Hotel dan lain lain.

Peta Lokasi Alun-Alun Kidul Jogjakarta

2 thoughts on “Wisata Malam Di Alun-alun Kidul Jogjakarta Yang Bikin Penasaran

  1. Pingback: 4 Tempat Wisata Malam di Jogja Terfavorit - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

  2. Pingback: Tempat Wisata Malam Sindu Kusuma Edupark Jogja - Seputar Jogjakarta | Seputar Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *